Sunday , December 17 2017

Cara Menggunakan Google Translate Sebagai Proxy

Kantor Perusahaan dan Sekolah biasanya memiliki kebijakan untuk memblokir akses ke beberapa website untuk meningkatkan produktifitas kerja dan menjaga agar siswa tidak terganggu konsentrasinya. Akan tetapi, terkadang kita butuh untuk mengakses website yang terblokir dan kita tidak mempunyai kewenangan apapun untuk mendapatkan solusi mengakses website tersebut.

Misalnya, kita tidak diberikan akses untuk menginstall software pada komputer kita. Untuk itu, kita memerlukan cara mengakses website yang diblokir tanpa harus mendownload dan menginstall software. Jawabannya adalah dengan memanfaatkan Google Translate sebagai proxy untuk mengakses website yang diblokir.

Sudah tahu kalau Google Translate bisa digunakan website yang terblokir? Jika belum, mari mengucapkan terima kasih kepada Google karena tanpa kita sadari Google Translate telah memberikan fitur yang sangat hebat yang bisa kita pakai untuk mengakses website yang diblokir baik di kantor maupun di sekolah.

Adapun cara menggunakan Google Translate sebagai proxy sangat mudah. Hanya 3 langkah saja kamu bisa mengakses semua website yang diblokir.

Langkah pertama: Buka Google Translate atau langsung klik URL translate.google.com

Langkah kedua: Masukkan alamat url website yang diblokir. Misalnya dalam kasus ini kita inputkan www.youtube.com lalu klik Translate. Jangan lupa untuk mengubah pilihan bahasa terjemahan. Simak gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Baca juga:  Aplikasi Android Keren Buatan Google Yang Wajib Kamu Coba
mengakses website yang diblokir
Masukkan URL yang akan diakses

Langkah ketiga: Google Translate akan memberikan terjemahan URL dalam bentuk yang sama namun memiliki link. Klik link tersebut pada kotak sebelah kanan dan kamu akan mendapatkan akses ke website tersebut namun masih berada di dalam Google Translate.

Mengakses website yang terblokir via Google Translate
Mengakses website yang terblokir via Google Translate

Google Translate akan menerjemahkan website sesuai dengan pilihan bahasa dari dan ke yang telah kita pilih. Hebatnya, tak cuma menerjemahkan halaman index website tersebut saja, tetapi kita juga diberikan akses untuk browsing website tersebut. Wow! Menarik bukan?

Google Translate bisa kita gunakan untuk mengakses website yang diblokir pada jaringan lokal, misalnya pada kantor atau sekolah saja. Namun Google Translate tidak akan bisa digunakan untuk mengakses website yang diblokir pemerintah misalnya situs porno ataupun situs download MP3. Artinya, kamu tetap dapat mengakses website yang terblokir sepanjang pemblokiran tersebut hanya dilakukan oleh pihak administrator jaringan yang kamu pakai.

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس