Home / Tips n Trik / Cara Menggunakan Reaksi Like Facebook pada Artikel Blog
cara menggunakan tombol reaksi pada wordpress

Cara Menggunakan Reaksi Like Facebook pada Artikel Blog

Beberapa waktu yang lalu Facebook melucurkan fitur baru yaitu menambahkan reakspada tombol like yaitu terkejut, marah, sedih maupun senang. Tombol Like sendiri tetap ada namun pada kenyataannya tombol Like saja kurang bisa mengekspresikan perasaan kita terhadap sesuatu. Misalnya untuk berita yang mengandung kesedihan, kita tentu tidak serta merta bisa menggunakan tombol Like. Dengan adanya tombol reaksi ini, kita bisa lebih bijak untuk memilih reaksi yang sesuai dengan perasaan kita.

Pernahkah terpikir untuk mengadopsi fitur reaksi like facebook ke dalam blog? Reaksi emosi tentu bisa menjadi cara lain bagi pembaca untuk memberikan feedback pada artikel. Oke kali ini kita akan membahas bagaimana cara menambahkan reaksi like Facebook ke dalam blog, khususnya WordPress.

Cara Menggunakan Reaksi Like Facebook pada WordPress

Sejatinya, fitur ini belum tersedia secara resmi dari Facebook untuk dapat digunakan pada WordPress. Facebook masih memberikan fitur like klasik untuk digunakan. Namun, terdapat sebuah plugin lain pada WordPress yang memungkinkan kita untuk membuat pembaca terlibat dengan reaksi artikel, hampir sama dengan ada yang ada pada timeline Facebook.

cara menambahkan like reaksi facebook ke blog

Reaksi like Facebook memang sangat menarik secara visual dan kita bisa meniru konsep tersebut dengan sebuah plugin. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk menggunakan Reaksi Like Facebook.

Langkah pertama: Install dan aktifkan plugin DW Reactions.

Baca juga:  Cara Mudah Membuat Desain Website Responsive dengan Wordpress

Langkah kedua: Masuk ke Settings -> Reactions untuk membuka pengaturan konfigurasi plugin,

Langkah ketiga: Pada halaman Pengaturan Reaksi, beri tanda centang pada opsi Show reactions button and Show reactions count options.

Secara default, plugin hanya mengijinkan pengguna yang sudah terdaftar dan login saja yang memberikan reaksi. Kamu dapat mengubahnya dengan menghilangkan tanda centang pada opsi Users must be registered dan logged in to add reaction option.

Langkah keempat: Klik Simpan untuk mengaktifkan DW Reactions.

Jika kamu menginginkan untuk hanya menampilkan reaksi pada halaman atau artikel tertentu saja, kamu bisa menonaktifkan dua pilihan pertama pada pengaturan plugin. Selanjutnya kamu bisa menggunakan shortcode [reactions] untuk menampilkan reaksi pada halaman atau artikel yang kamu inginkan.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

facebook

Inilah Cara Mudah Membuka Facebook Yang Terkunci atau Diblokir

Inilah Cara Mudah Membuka Facebook Yang Terkunci atau Di Blokir – Dengan seiring pesatnya perkembangan …