Home / Gadget / Android / Cara Menghapus Cache Google Play pada Android 6.0 Marshmallow

Cara Menghapus Cache Google Play pada Android 6.0 Marshmallow

cara menghapus cache google play

Google Play store hingga saat ini masih memiliki permasalahan tersendiri dalam  menjadi pusat download berbagai aplikasi Android. Pada beberapa perangkat dan situasi tertentu, aplikasi Google Play gagal melakukan koneksi pada layanan Google Play dan pada waktu yang lain, Google Play gagal mendownload, install ataupun melakukan update sebuah aplikasi. Error atau permasalahan tersebut datang dan pergi pada beberapa pengguna dan kita hanya bisa menunggu waktu yang tepat agar Google Play bisa kembali digunakan secara normal.

Meskipun saat ini sudah banyak store aplikasi lain yang bisa kita gunakan, salah satunya adalah MoboMarket, Google Play masih menjadi tempat favorit untuk berburu aplikasi dan game terbaru. Oleh karena itu, pengguna Android pasti selalu mencari cara agar aplikasi Google Play pada perangkat mereka selalu berjalan dengan lancar tanpa permasalahan apapun. Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi error pada Google Play store adalah dengan membersihkan cache aplikasi Google Play. Cara ini sangat mudah dilakukan pada semua versi Android, termasuk pada Android 6.0 Marshmallow.

Pada versi android terdahulu, baik Kitkat ataupun Lollipop, membersihkan cache data dan cache aplikasi sangat mudah dilakukan dengan langkah yang sama yaitu masuk ke Pengaturan -> Aplikasi kemudian tap aplikasi Google Play lalu tekan tombol Clear Cache dan tombol Clear Data. Pada Android 6.0, kedua tombol tersebut tidak lagi berada pada lokasi yang sama dan proses untuk menghapus cache menjadi sedikit berbeda.

Baca juga:  Cara Logout WhatsApp Yang Mungkin Belum Anda Ketahui!

Untuk menghapus cache aplikasi pada Android 6.0 Marshmallow, kamu bisa langsung menuju ke Pengaturan atau Settings kemudian pilih Aplikasi atau Apps. Disitu akan terlihat daftar aplikasi yang terinstall pada smartphone kemudian cari dan pilih Google Play Store. Selanjutnya akan muncul informasi aplikasi Google Play Store yang berisi menu Storage, Data usage, Permissions, Notifications dan lainnya. Tekan dan tahan pada menu Storage hingga muncul tampilan baru yang berisi informasi penggunaan media penyimpanan ketika kamu melepaskannya.

cara menghapus cache aplikasi android marshmallow

Disini kamu dapat melihat jumlah besar data yang tersimpan dari aplikasi Google Play yang terbagi dalam 3 bagian yaitu, App, Data dan Cache serta dua tombol yang sebelumnya menghilang, yaitu Clear Data dan Clear Cache.
Android-6-cache
Tekan kedua tombol tersebut untuk menghapus data dan cache pada Android 6.0 Marshmallow. Cara ini juga berlaku untuk membersihkan cache pada aplikasi android lainnya. Bagaimana, mudah kan?

Baca Artikel Menarik Lainnya :

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Cara Menampilkan Kembali Kontak WhatsApp Yang Hilang (Tidak Muncul)

Cara Menampilkan Kembali Kontak WhatsApp Yang Hilang (Tidak Muncul)

Cara menampilkan dan mengembalikan kontak WhatsApp yang hilang – Dari sekian banyak aplikasi messenger gratis, …