Home / Tips n Trik / Cara Menghapus Folder Windows.old Yang Baik dan Benar

Cara Menghapus Folder Windows.old Yang Baik dan Benar

cara menghapuswindowsold yang benar

Jika kamu pernah mengupgrade sistem operasi Windows, entah dari Windows 7 ke Windows 8 atau yang paling populer melakukan upgrade ke Windows 10. Setiap kita mengupgrade sistem operasi Windows dari versi lama ke versi baru (bukan install baru) pasti akan muncul sebuh folder yang bernama Windows.old.

Upgrade sistem operasi tanpa metode format hard drive secara otomatis akan meninggalkan jejak berupa instalasai Windows sebelumya. Semua file yang berkaitan dengan Windows yang ada sebelumnya akan tersimpan dalam folder Windows.old.

Hal tersebut adalah wajar mengingat cara itu adalah cara bagaimana mekanisme yang diterapkan sistem agar instalasi berjalan secara aman dan tidak ada hambatan yang terjadi selama proses instalasi. Jika sesuatu yang tidak diinginkan muncul, maka kita dengan mudah bisa kembali dengan memanfaatkan backup yang masih tersedia secara otomatis. Khusus untuk Windows 10, kamu bisa kembali ke OS sebelumnya dalam waktu 1 bulan pertama jika ternyata kamu kurang suka dengan Windows 10.

Jika semua berjalan sesuai harapan dan kamu merasa nyaman dengan Windows barumu, maka tidak ada salahnya kita menghapus directory Windows.old tersebut. Hal ini mengingat besar konten directory ini yang bisa memakan 15Gb kapasitas dari hardiskmu. Lumayan bukan buat menyimpan data-data yang lebih penting lainnya.

Pertanyaannya, bagaimana cara yang benar untuk menghapus folder tersebut?

Cara Menghapus Folder Windows.old dengan Benar

Folder Windows.old akan tersimpan pada drive dimana sistem operasi Windows terinstall, umumnya pada drive C. Dalam hal ini kamu tidak bisa menghapusnya dengan langsung menekan tombol Delete. Simak langkah-langkah berikut ini untuk menghapus Windows.old secara benar dan tepat.

Baca juga:  Cara Memperbaiki WMVCORE.DLL is Missing Error di Windows 10

Langkah 1: Buka Windows Explorer atau tekan tombol Windows + E untuk membuka Windows Explorer menggunakan keyboard.

Langkah 2: Dari panel sebelah kiri, klik This PC.

Langkah 3: Pada bagian Device and drives, klik kanan drive dimana Windows terinstall kemudian pilih Properties.

Langkah 4: Klik tombol Disk Cleanup

Langkah 5: Klik tombol Clean up system files yang ada pada sebelah kiri bawah.

clean up system files
Pilih Cleanup system files

Langkah 6: Pilih opsi Previous Windows Installation(s) untuk menghapus folder Windows.old. kamu dapat melihat seberapa besar ukuran dari ‘sisa’ instalasi windows sebelumnya disini.

hapus instalasi sebelumnya
Hapus instalasi sebelumnya

Selain menghapus file windows yang ada sebelumnya, kamu juga bisa menghapus Temporary Windows Installation files dan opsi lainnya untuk menghemat kapasitas hardiskmu.

Langkah 7: Klik OK lalu klik Delete jika muncul pop-up konfirmasi penghapusan data. Klik Yes pada dialog disk Cleanup untuk menyelesaikan proses penghapusan data system.

Menyimpan system yang sudah ada sebagai backup pada saat instalasi Windows baru sebenarnya merupakan hal yang benar mengingat kita bisa mengembalikan system dengan mudah jika terjadi kesalahan. Namun jika system baru berjalan dengan baik maka tak ada alasan bagi kita untuk menghapus data system lama dan menghemat space hardisk alam jumlah yang cukup besar. Semoga bermanfaat!

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

aplikasi karaoke terbaik android

5 Aplikasi Karaoke di Android Terbaik dan Terbaru 2017

5 Aplikasi Karoke diAndroid Terbaik dan Terbaru 2017 – Semakin berkembang teknologi saat ini semakin …