Cara Menghapus Profil Google Plus Secara Permanen

Google Plus merupakan salah satu media sosial yang cukup terkenal saat ini. Google Plus memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan media sosial lain seperti Facebook ataupun Twitter. Google Plus memiliki keuntungan yaitu pada integrasi dengan kontak pada gmail, komunitas dan lain sebagainya.

Meskipun Google Plus memiliki sejumlah keuntungan, namun seperti halnya pada media sosial lain pasti akan ada pengguna yang ingin menghapus akun mereka baik karena akun tersebut tidak digunakan lagi, akun tersebut hanya akun sekunder atau mungkin dengan alasan lainnya. 

Mengingat Google Plus merupakan satu kesatuan dengan akun Gmail dan layanan Google lainnya, maka untuk menghapus secara permanen profil Google Plus tidak semudah ketika kita men-deactivate profil facebook. Menghapus profil Google Plus secara otomatis akan menghapus data atau layanan yang berhubungan dengan profil Gplus namun tidak akan berefek pada akun Google secara keseluruhan sehingga kamu masih bisa menggunakan layanan seperti Gmail, Google Books, Google Play Store, Blogger dan sebagainya yang menggunakan akun Google, bukan Google Plus.

Untuk lebih detailnya, berikut ini adalah daftar data dan layanan yang akan dihapus ketika kamu menghapus profil G+:
1. Halaman Google Plus
2. Youtube channel
3. Kontak pada Google Plus (yang berada dalam circle)
4. Google Public Profile

Baca juga:  Cara Mudah Menghapus Akun Gmail Pada Smartphone Android

Dengan demikian ketika kamu menghapus profil Google Plus, kamu akan kehilangan channel yang kamu buat pada Youtube. Berikut ini adalah cara untuk menghapus profil Google Plus secara permanen.

Langkah pertama: Login ke akun G+ pada URL plus.google.com

Langkah kedua: Buka halaman pengaturan account. Dari menu slide sebelah kiri cari menu Settings atau Pengaturan.

Klik menu Settings
Klik menu Settings

Langkah ketiga: Scroll ke paling bawah pengaturan. Cari pada bagian Disable Google+ kemudian klik Delete Your Google+ Profile Here.

disable google+
Klik Delete Your Google+ profile here

Langkah keempat: Google akan memberikan konfirmasi apakah kamu yakin akan menghapus profil Google Plus-mu. Ingat, sekali kamu menghapusnya maka semua data tidak akan kembali lagi. Baca ketentuan yang diberikan Google ketika kamu menghapus akun Google Plus.

Langkah kelima: Pilih layanan yang akan ikut dihapus kemudian klik Remove Selected Services. Jika Google meminta otentifikasi lagi, masukkan password akun Google yang kamu gunakan.

Dengan menghapus profil Google Plus, sekali lagi semua layanan yang disebutkan pada halaman warning akan hilang seketika meskipun kamu bisa membuat profil Google+ lagi dan memulai semuanya dari nol.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Tak Butuh Sewa Admin Ini Caranya Punya Asisten di Akun Instagrammu

Tak Butuh Sewa Admin! Ini Caranya Punya “Asisten” di Akun Instagrammu

Tak Butuh Sewa Admin! Ini Caranya Punya “Asisten” di Akun Instagrammu – Saat ini Instagram …