Monday , December 18 2017

Cara Menghapus Search History / Riwayat Pencarian Facebook

Banyak orang tidak menyadari bahwa Facebook juga merupakan mesin pencarian atau search engine yang handal. Dengan memiliki jutaan pengguna dan ribuan post dan update setiap menitnya, kita dapat dengan mudah melakukan pencarian pada Facebook untuk mengikuti perkembangan di lingkungan sekitar kita dan juga di seluruh dunia.

Seperti halnya Google yang menyimpan history pencarian kita, Facebook pun ternyata juga menyimpan apa yang pernah kita cari pada kolom pencarian. Facebook memanfaatkan data-data tersebut dan menyimpan database pencarian lalu menggunakannya untuk menyesuaikan iklan yang akan kamu lihat pada News Feed. Kita sering menjumpai iklan yang muncul pada News Feed yang cocok dengan apa yang pernah kita cari pada pencarian di Facebook.

Database itu pula yang menyebabkan nama orang atau pages yang pernah kita cari akan muncul sebagai rekomendasi ketika kita melakukan pencarian baru dengan awalan huruf yang sama. Maka dari itu, mungkin kita perlu menghapus history searching Facebook agar kita lebih nyaman bersosial media.

Cara untuk menghapus history Facebook sangat mudah, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghapus riwayat pencarian yang pernah kamu lakukan.

Langkah pertama: Login ke akun Facebook kemudian klik tanda panah untuk menampilkan menu pada pojok kanan atas kemudian pilih Activity Log.

Klik Activity Log
Klik Activity Log

Langkah kedua: Pada bagian sebelah kiri akan terlihat banyak pilihan aktivitas yang kita lakukan. Klik More untuk menampilkan menu-menu lainnya.

Baca juga:  Giphy, Search Engine Khusus Untuk Mencari GIF

Langkah ketiga: Pada menu tambahan perhatikan menu Search dan klik link tersebut. Untuk lebih jelas perhatikan gambar di bawah ini.

Menghapus riwayat pencarian facebook
Klik More kemudian Klik Search yang ada di bawahnya

Langkah keempat: Semua pencarian yang pernah kamu lakukan akan muncul dalam daftar pada halaman ini. Untuk menghapus item tertentu, klik icon stop pada sisi kanan kemudian pilih Delete.

Cara menghapus search history facebook
Menghapus search history facebook

Ketika muncul konfirmasi untuk menghapus pencarian tersebut, klik Remove Search untuk melanjutkan proses penghapusan.

Jika kamu ingin menghapus semua item pencarian yang ada, kamu bisa melakukannya dengan klik tombol Clear Searches yang ada pada sisi atas halaman. Klik Clear Searches lagi pada saat muncul konfirmasi penghapusan semua data pencarian.

Facebook hanya memberikan penjelasan bahwa riwayat pencarian ini akan membantu untuk mendapatkan hasil pencarian yang terbaik pada saat kita melakukan searching, namun mereka tidak menyebutkan bahwa data tersebut disimpan dan digunakan untuk menyesuaikan iklan yang akan kita lihat pada halaman facebook.

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس