Cara Mengubah Default Folder Download Google Chrome

Kamu pasti sudah tau kan yang namanya Google Chrome? Chrome adalah salah satu produk Google berupa browser atau aplikasi yang digunakan untuk menjelajah internet. Google Chrome merupakan salah satu broswer tercepat menurut beberapa sumber.

Sebagai salah satu browser yang paling banyak digunakan, Chrome juga memiliki banyak sekali opsi pengaturan mulai dari level basic sampai expert yang bisa digunakan untuk meningkatkan performa maupun kenyamanan kita dalam berselancar di dunia maya. Untuk fitur basic, Chrome memiliki downloader yang bisa diadu kecepatannya dalam mengunduh file dari internet. Downloader Google Chrome dapat pula di-pause dan resume apabila kamu ingin menghentikan download sementara dan melanjutkannya di lain waktu. Namun fitur ini tetap tergantung pada server dimana file tersebut berada. 

Secara default alias bawaan pabrik, semua file download Google Chrome akan tersimpan pada folder Download, pada masing-masing folder user yang digunakan. Sebenarnya tidak menjadi masalah karena pengaturan ini juga dapat berjalan dengan baik, namun jika kamu ingin mengubah letak dimana file hasil download dengan Chrome disimpan, kamu bisa melakukan pengaturan letak download dengan mudah.

Ada beberapa alasan mengapa kita sebaiknya memindah letak default folder download. Yang pertama adalah mengantisipasi jika nanti terjadi masalah pada sistem Windows. Secara default letak folder download berada satu drive dengan instalasi sistem Windows, artinya jika suatu saat terjadi kerusakan sistem yang mengakibatkan sistem tidak bisa booting dan harus dilakukan format drive, kamu berpotensi kehilangan seluruh file hasil download kamu.

Baca juga:  Harga Dan Spesifikasi Google Pixel Pengganti Dari Google Nexus

Yang kedua, mempermudah manajemen file dan folder hasil download. Sebagian orang terlalu sibuk untuk membereskan file hasil download mereka. Orang-orang cenderung tak punya waktu untuk mengelola file download sehingga yang terjadi adalah penumpukan ratusan bahkan ribuan file dalam folder download. Kamu mungkin bisa dengan mudah menemukan file hasil download kamu di masa lampau dengan fitur search, namun akan lebih indah dipandang jika file tersebut diletakkan dalam folder-folder yang rapi kan?

Berikut ini adalah cara untuk mengganti letak default folder download pada Google Chrome:

Klik icon Options pada pojok kanan atas (berbentuk tiga garis) untuk menampilkan menu, kemudian klik Settings. Scroll ke bawah halaman Settings kemudian klik Show Advanced Settings…

Scroll lagi ke bawah, cari pada item Downloads. Disitu dapat dilihat lokasi file download disimpan.

letak default directory download chrome
Letak Default Directory Download

Klik Browse untuk menentukan folder tempat menyimpan file downloads dengan Chrome. Apabila kamu ingin mengelola file download lebih rapi, kamu bisa memberikan centang pada “Ask where to save each file before downloading” sehingga setiap file yang didownload akan memberikan prompt untuk menentukan lokasi penyimpanan sebelum download dimulai.

Klik Browse untuk menentukan lokasi baru
Klik Browse untuk menentukan lokasi baru

Itu tadi adalah tips untuk memindahkan default folder downloads pada Google Chrome beserta alasan kenapa kamu harus mengubah letak penyimpanan file download, sehingga kamu dapat lebih mudah mengelola hasil download kamu, bro!

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Abandonware Dos

Daftar Situs Download Game PC Legal Dan Gratis

Daftar Situs Download Game PC Legal Dan Gratis – Bermain game merupakan salah satu kegiatan …