Cara Mengubah Geotag (Lokasi) Foto pada iPhone

mengubah lokasi geotag foto iphone

Apakah kamu adalah pengguna iPhone? Kalau ya, tahukah kamu bahwa foto yang kamu ambil dengan iPhone tidak hanya memiliki data gambar akan tetapi juga memiliki kekayaan data lain yang tersimpan?? Yap, data tersebut adalah data EXIF yang jika kamu melihat data ini, kamu bisa mengetahui data apa saja yang ada pada saat foto tersebut diambil misalnya, ponsel apa yang digunakan, seri apa, panjang focus, exposure, dan bahkan lokasi foto tersebut diambil.

Lokasi foto tersimpan dalam bentuk koordinat lintang dang bujur yang bisa digunakan untuk menunjukkan dimana foto tersebut diambil menggunakan Google Maps, Apple Maps atau layanan pemetaan lainnya. Kamera iPhone secara otomatis akan menyimpan data tersebut dan kita tidak bisa dengan mudah melihat maupun mengganti data-data tersebut. Namun ada satu aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mengolah data termasuk mengganti data lokasi foto tersebut yaitu dengan menggunakan Mappr.

Apakah itu Mappr? Mappr adalah sebuah aplikasi gratis yang mengijinkan kamu untuk mengedit data lokasi foto yang sudah diambil atau bisa juga digunakan untuk mengambil foto baru dan memilih sendiri lokasi untuk foto itu. Tentu lokasi yang dipilih bukanlah lokasi asli tempat kita mengambil gambar. Kamu bisa mendownload Mappr langsung dari App Store.

Baca juga:  Rahasia-Rahasia Menarik Instagram Yang Wajib Kamu Coba

Mengubah Lokasi Geotag Foto pada iPhone

Caranya, pilih sebuah foto dari galeri kemudian akan terbuka sebuah map dengan pin yang ditancapkan pada lokasi foto yang saat ini tersimpan. Arahkan peta pada lokasi di sekitarnya sampai kamu menemukan lokasi alternatif yang bisa kamu pilih sebagai lokasi baru. Tekan dan tahan lokasi tersebut sampai pin awal tadi berpindah lokasi. Tap tombol share dan kamu bisa memposting foto tersebut pada Instagram atau juga bisa menyimpannya sebagai duplikat dari foto aslinya.

mappr mengubah lokasi foto iphone

Sementara jika kamu menggunakan aplikasi ini untuk mengambil foto, kamu akan mendapatkan pilihan untuk menentukan terlebih dahulu lokasi yang kamu inginkan. Setelah lokasi terpilih baru kemudian kamu bisa mengambil foto baru.

Mappr juga memberikan kemudahan dengan fitur pencarian sehingga kamu bisa menentukan lokasi foto baru dengan lebih cepat.

Ilustrasi: pocket-lint.com

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Cara Mudah Cek Nomor Kartu 3 Three di Sendiri Smartphone Android

Cara Mudah Cek Nomor Kartu 3 Three di Sendiri Smartphone Android

Cara Mudah Cek Nomor Kartu 3 Three di Sendiri Smartphone Android – Saat ini berbagai …