Home / Gadget / Android / Cara Mengubah Pengaturan Auto-Rotate pada Android
cara mengubah rotasi otomatis android marshmallow

Cara Mengubah Pengaturan Auto-Rotate pada Android

Mayoritas smartphone android terbaru kini menggunakan layar yang semakin besar sehingga seringkali ada efek yang sangat terasa ketika terjadi rotasi layar ke mode landscape. Artinya, ada bentuk kenyamanan tersendiri ketika tampilan layar maupun menu yang ada pada smartphone android selalu berdiri tegak sesuai dengan posisi ponsel Android. Dalam kasus ini, biasanya kita menginginkan layar untuk berubah mode sesuai dengan posisi smartphone sehingga hal tersebut terasa natural dan cocok dengan bagaimana cara kita memegang ponsel atau tablet.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatur rotasi layar pada Android Marshmallow. Jika kamu menggunakan Google Now Launcher, swipe ke kanan pada Google Now dan jalankan menu Settings.

mengubah rotasi otomatis marshmallow

Selanjutnya geser pilihan Allow rotation untuk memastikan bahwa fitur tersebut menjadi Aktif. Ingat, opsi pengaturan ini hanya berlaku untuk rotasi pada layar home dan hanya jika kamu menggunakan Google Now Launcher. Beberapa aplikasi launcher lain bisa memiliki pengaturan yang sama namun ada juga yang menggunakan pengaturan dan fungsi yang berbeda.

Agar semua aplikasi bisa melakukan rotasi layar sesuai dengan orientasi ponsel atau mungkin kamu ingin menonaktifkan rotasi pada saat-saat tertentu, kamu bisa melakukannya dari Settings -> Accessibility kemudian pilih aktifkan atau non-aktifkan opsi Auto-rotate screen. Pengaturan ini hampir sama persis pada semua jenis smartphone Android.

Baca juga:  Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 3, Monster Elegan dengan Harga Murah

Cara lain untuk mengubah pengaturan rotasi otomatis adalah dari menu Quick Settings yang ada pada panel notifikasi. Beberapa jenis ROM memberikan fungsi saklar on / off untuk mengaktifkan auto-rotate dan sebaliknya.

Menggunakan fitur rotasi otomatis mungkin akan memberikan sedikit pengaruh pada konsumsi daya baterai yang lebih banyak, akan tetapi fitur ini bisa juga memberikan kenyamanan yang lebih dari pengguna smartphone Android karena posisi layar akan terus menyesuaikan dengan cara kita memegang smartphone atau tablet. Fitur rotasi otomatis ini sangat cocok bagi pengguna Android yang lebih banyak bermain dengan file-file multimedia seperti foto dan video karena tampilan foto atau video landscape secara otomatis akan berubah menjadi lebih besar menyesuaikan dengan ukuran layar ketika kita mengubah orientasi ponsel.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

whatsapp-invite-via-link-how-to

Cara Menggunakan Video Call WhatsApp

Cara Menggunakan Video Call WhatsApp – Setelah lama muncul pada versi beta Whatsapp, akhirnya fitur …