Home / Gadget / Android / Cara Mengunci Aplikasi Android Dengan Hexlock

Cara Mengunci Aplikasi Android Dengan Hexlock

Cara Mengunci Aplikasi Android – Smartphone saat ini telah menjadi gudang informasi pribadi bagi kita. Smartphone Android memegang banyak informasi pribadi penting yang berpotensi diakses oleh orang lain tanpa seijin kita. Contohnya saja chatting pribadi entah dari BBM, whatsapp, Line, Facebook dll. Atau mungkin kamu mempunyai data pribadi pada aplikasi tertentu seperti Note, Galeri Foto, Galeri Video dll. Oleh karena itu, sangatlah penting mengunci telepon kita untuk mencegah di akses oleh orang lain.

Jika kamu menggunakan ponsel Android, kamu dapat set Screen Lock untuk mengunci seluruh ponsel. Ini adalah cara termudah untuk melindungi dan mengamankan ponsel Android kita. Akan tetapi pada banyak kasus, cara ini tidak ada gunanya jika kamu menyerahkan Smartphone mu kepada seseorang untuk membuat panggilan atau mencari sesuatu di Internet. Untuk alasan apapun, jika kamu membuka telepon sekali saja, akses ke setiap aplikasi dan informasi terbuka lebar. Itu artinya data pribadi kamu beresiko untuk dapat di akses.

Jika kamu berada dalam situasi seperti itu dan ingin memastikan bahwa file-file penting pada perangkat Android mu aman, maka kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang disebut Hexlock untuk mengunci setiap aplikasi atau folder yang tidak ingin di buka orang lain.

Hexlock adalah aplikasi keamanan yang mengelola untuk melindungi dan mengamankan data pribadi kamu dengan mengunci aplikasi individu, bukan seluruh ponsel. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengunci setiap aplikasi yang diinstal dan pra-instal pada perangkat melalui PIN atau Pattern lock. Hexlock dilengkapi dengan 6 profil yang berbeda yang memungkinkan kamu untuk mengunci aplikasi yang dipilih dalam setiap profil. Selain itu juga bisa mengganti profil tergantung pada lokasi saat ini dan situasi dimana kamu berada. Keenam profil standar yaitu Work, Home, Parental, School, Party and Cafe. Kamu juga dapat mengubah nama dan warna setiap profil yang kamu inginkan.

 

Cara Menggunakan Hexlock | Cara Mengunci Aplikasi Android

Untuk memulai, download dan instal Hexlock yang tersedia secara gratis di Google Play Store. Setelah terinstal, kemudian mulailah aplikasi ini. Ketika kamu pertama kali memulai aplikasi Hexlock, kamu akan diminta untuk memilih antara kode PIN atau pattern (pola). Pilih salah satu yang kamu rasa nyaman atau suka. Masukkan dan konfirmasikan PIN atau Pattern.

 

hexlock

 

Setelah mengkonfigurasi, kamu akan dibawa ke halaman profil dimana kamu dapat memilih aplikasi yang ingin di kunci. Untuk mengunci aplikasi, tekan ‘Start Locking Apps’ di bagian bawah profil yang dipilih dan kamu akan melihat semua daftar Aplikasi yang di instal di Smartphone mu. Kemudian, kamu cukup mengaktifkan switch pada Aplikasi Smartphone yang ingin kamu protect atau lindungi.

Baca juga:  Harga Dan Spesifikasi Vivo XPlay 6 Triple Kamera Terbaru Desember 2016

 

profil hexlock

 

Untuk mengaktifkan profil, kamu hanya perlu menekan ikon profil sekali dan kunci akan diaktifkan. Sekarang setiap kali seseorang membuka salah satu aplikasi yang terprotect, maka mereka harus memasukkan PIN / Pattern yang telah kamu buat di awal tadi. Panel notifikasi juga akan menunjukkan profil aktif dengan jumlah aplikasi yang terkunci di panel.

 

notifikasi hexlock

 

Jika kamu ingin membuat semua aplikasi dapat diakses, kamu tinggal menggesek ke kiri sampai kamu melihat icon profil ‘Off’, dan tekan di atasnya. Ini akan menonaktifkan kunci aplikasi, membuat semua aplikasi dapat diakses untuk semua orang.

 

hexlock OFF

 

Mungkin dari kamu ada yang bertanya, bagaimana jika orang lain meng-uninstall aplikasi Hexlock agar mereka bisa membuka aplikasi yang telah kita kunci? Tenang saja tidak perlu khawatir, karena kamu juga dapat mencegah orang lain untuk menghapus aplikasi ini. Untuk melakukannya, pergi ke menu pengaturan default aplikasi dan mengaktifkan pilihan ‘ Uninstall prevention ‘ . Setelah ini diaktifkan, jika ada yang mencoba untuk meng-uninstall aplikasi Hexlock, mereka harus memasukkan PIN / pola yang telah kamu buat.

 

mencegah unistall hexlock

 

Fitur menarik dari aplikasi ini adalah bahwa Hexlock dapat secara otomatis beralih profil ketika mengetahui koneksi Wi-Fi terdeteksi. Sebagai contoh, ketika kamu terhubung ke jaringan WiFi di rumah, akan akan berubah ke  Home profile, dan ketika kamu berada di tempat kerja, akan beralih ke Work profile. Fitur ini dapat ditemukan dalam menu pengaturan aplikasi.

 

hexlock auto active

 

Jika kebetulan kamu lupa PIN atau Pattern, maka cara mengatasinya adalah cukup tekan tiga titik di kanan atas dan tekan ‘ Forgot your password? ‘  Untuk mengambil akses.

 

Lupa Pin Hecklock

 

 

Kesimpulan
Hexlock adalah aplikasi pengunci yang sangat berguna dan mudah digunakan untuk Android yang memungkinkan pengguna untuk membuat profil kunci yang berbeda untuk lokasi yang berbeda atau keadaan. Jadi jika kamu sedang mencari cara cerdas untuk melindungi aplikasi pada perangkat Android, maka Hexlock adalah pilihan terbaik.

gambar : Google Play Store

Baca Artikel Menarik Lainnya :

About Hayart

Adsense Fans.

Check Also

Cara Mengatasi Memori RAM Android Yang Cepat Penuh

Cara Mengatasi Memori RAM Android Yang Cepat Penuh

Tips Cara Mengatasi Memori RAM Android Yang Cepat Penuh – Seperti halnya Komputer, smartphone Android juga …

  • Ferdi Jazira

    Klo buat iphone ada gak?

    • Hayart

      Saat ini Hexlock belum tersedia gan untuk iphone, mungkin agan bisa pakai aplikasi sejenis yang lainnya…

    • hayart

      Saat ini Hexlock belum tersedia di iphone gan, mungkin agan bisa coba pake aplikasi sejenis yang lainnya…