Tuesday , October 17 2017

Cara Menonaktifkan Autocorrect pada iPhone

Autocorrect adalah fitur yang secara otomatis akan membenarkan tulisan kita yang typo sehingga menjadi sebuah kata yang benar menurut aturan. Fitur Autocorrect sendiri memiliki dua kubu yang pro maupun kontra. Beberapa pengguna menyukai fitur ini agar terhindar dari typo namun tidak sedikit pula pengguna iPhone yang membenci fitur ini. Khususnya di Indonesia, autocorrect dalam bahasa inggris sering menyebabkan berubahnya tulisan dan maksud dari suatu kata. Misalnya, kita menulis es teh namun akan diubah menjadi es the.

Masih banyak sekali kata-kata dalam bahasa Indonesia yang akan menjadi rancu atau berubah arti setelah dikoreksi fitur Autocorrect. Sudah banyak kasus typo maupun autocorrect dijadikan meme dan menjadi viral di media sosial. Jika kita yang mengalami hal tersebut, tidak bisa dibayangkan bagaimana perasaan kita. Malu? Atau mungkin biasa saja?

Fitur autocorrect didesain untuk membantu orang mendapatkan kemudahan dan menghindari kesalahan pada saat mengetik, namun bagi kita kebanyakan mungkin sebaliknya. Kadang-kadang autocorrect menjadikan kalimat yang lucu dan bahkan memalukan. Untuk menghindari kejadian di atas, ada baiknya kita mematikan fitur autocorrect agar apa yang kita ingin tulis sesuai dengan tulisan yang dihasilkan.

Berikut ini adalah cara untuk menonaktifkan autocorrect pada iPhone dan beberapa tips untuk menggunakan autocorrect dengan benar dan terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.

Baca juga:  Ini Dia Cara Factory Reset iPhone Tanpa Password

Cara Menonaktifkan Autocorrect pada iPhone

Untuk mematikan autocorrect dibutuhkan beberapa langkah yang sangat mudah. Ikuti petunjuk di bawah ini.

1. Buka Settings atau Pengaturan iPhone.

2. Pilih General

cara menonaktifkan autocorrection iphone
Pilih General

3. Scroll ke bawah lalu pilih Keyboard.

4. Terdapat beberapa pilihan diantaranya Auto-Capitalization, Auto-Correction dan Check Spelling.

Auto Capitalization digunakan untuk membuat huruf kapital otomatis setelah tanda bata titik.

Auto-Correction digunakan untuk membenarkan tulisan atau ketikan yang salah secara otomatis.

Jika ingin mematikan fitur Auto-Correction ini, ubah slider menjadi pilihan OFF.

Cara mematikan Autocorrection 2
Pilih OFF pada auto-correction

Selesai, empat langkah di atas digunakan untuk menonaktifkan fitur auto-correct pada iPhone.

Namun, iPhone merupakan salah satu smartphone yang artinya memang ‘smart’. Autocorrect mempelajari kata-kata yang sering kamu tulis sehingga terkadang autocorrect justru memudahkan kamu untuk menulis kata yang biasa kamu gunakan. Akan tetapi jika kamu memang menghendaki menonaktifkan autocorrect serta menghapus daftar kata yang biasa kamu pakai, kamu bisa me-reset keyboard dengan mengakses Settings -> General -> Reset kemudian pilih Reset Keyboard.

About Rian

SEO enthusiast.