Home / Social Media / Cara Menyimpan Bookmark URL pada Akun Facebook

Cara Menyimpan Bookmark URL pada Akun Facebook

bookmark dengan facebook

Dua tahun yang lalu Facebook memperkenalkan fitur Save yang mengijinkan penggunanya untuk menyimpan atau bookmark sebuah konten yang ada pada Facebook. Konten tersebut bisa berupa link, image, buku, video, page, musik dan menyimpannya untuk digunakan kembali pada masa yang akan datang. Fitur Save ini kebetulan hanya terbatas untuk menyimpan konten yang dibagikan melalui Facebook. Jika kamu menemukan sebuah link dalam bentuk url di luar Facebook, kamu tidak bisa menambahkan link tersebut pada daftar penyimpanan. Namun, awal pekan ini aturan tersebut telah berubah. Facebook baru saja merilis bookmarklet yang memungkinkan kamu untuk menambahkan sebuah bookmark bar yang juga bisa kamu gunakan untuk menyimpan dan mengirim link website pada fitur Save pada Facebook.

Untuk menggunakan bookmarklet, kunjungi website Facebook Bookmarklet kemudian drag dan drop bookmarklet pada bookmark bar. selanjutnya kamu bisa browsing website sesuka hatimu dan ketika kamu mendapatkan sebuah link yang ingin kamu simpan pada akun Facebook, klik tombol Bookmarklet. Akan muncul sebuah tab baru yang berisi url yang akan kamu simpan tepat di bawah tombol Save to Facebook. Tekan tombol Save to Facebook dan URL tersebut secara otomatis akan tersimpan pada fitur Saves pada Facebook.

simpan url ke facebook

Sebuah notifikasi akan muncul pada pojok kanan atas yang menandakan bahwa link tersebut telah sukses disimpan dan dimasukkan ke dalam akun Facebookmu. Kamu bisa mengunjunginya dengan menekan tombol View on Facebook di bawah notifikasi.

Baca juga:  5 Aplikasi sebagai Alternatif Facebook untuk Android

lihat saved facebook

Kapan pun kamu bisa mengecek kembali link yang tersimpan. Klik opsi Saved pada bar sebelah kiri atau buka tab Saved pada aplikasi mobile. Meskipun demikian, Facebook Bookmarklet bisa dikatakan bukanlah cara paling baik untuk menyimpan semuanya jika dibandingkan dengan banyak layanan online serupa yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan bookmark di cloud service. Namun setidaknya Facebook Bookmarklet ini bisa menjadikan cara menyimpan bookmark lebih mudah karena hampir setiap orang selalu signed in pada akun Facebook. Bookmarklet hanya bisa digunakan dengan syarat sudah login Facebook.

Ilustrasi: addictivetips.com, thenextweb.com

Baca Artikel Menarik Lainnya :

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

7 Aplikasi Video Call Android Gratis Terbaik 2016

7 Aplikasi Video Call Android Gratis Terbaik 2016

7  Aplikasi Video Call Android  Gratis Terbaik 2016 – Seiring dengan perkembangan teknologi pada smartphone …