Home / Social Media / Cara Mudah Download Video Facebook Tanpa Software

Cara Mudah Download Video Facebook Tanpa Software

Kita sering melihat berbagai macam video yang ada pada news feed di Facebook. Video-video tersebut kini bisa secara otomatis dimainkan ketika video itu tampil di layar monitor maupun layar mobile. Menjengkelkan memang, selain karena membuat boros kuota data jika kita menggunakan koneksi internet mobile, kita juga belum tentu tertarik pada video tersebut sehingga lebih baik kita mematikan auto-play video di Facebook.

Facebook adalah salah satu media sosial terlaris di dunia, hingga hampir semua elemen masyarakat memiliki akun facebook. Mulai dari buruh harian lepas, pegawai kantoran, karyawan supermarket, pelajar, mahasiswa hingga pejabat semacam Walikota hingga Presiden pun memiliki akun Facebook untuk media berkomunikasi. Akhir-akhir ini, Facebook memang sedang ramai dengan postingan video, baik dari dalam maupun luar negeri. Terkadang, kita pun tertarik untuk menonton video tersebut, terutama jika yang membagikan video itu adalah pejabat atau orang terdekat kita. Rasa penasaran itu pasti ada.

Memang, tidak semua video di Facebook layak tonton tetapi ketika ada satu atau dua video yang menarik seperti video lucu, video yang berhubungan dengan kamu atau bahkan ada kamu dalam video tersebut, mungkin kita juga menginginkan menyimpannya sehingga bisa ditonton sewaktu-waktu ataupun dibagikan ke teman-teman melalui media sosial lain, seperti instagram atau bahkan melalui Grup WhatsApp. Berbeda dengan foto, Facebook tidak menyediakan secara khusus link untuk mendownload video. Namun ada satu celah yang bisa kita gunakan untuk mendownload video dari Facebook tanpa menggunakan software apapun, termasuk aplikasi pihak ketiga seperti extension atau plugin browser.

Cara Download Video Facebook Dengan Mudah Tanpa Software

Kini kamu bisa menyimpan video Facebook dengan trik yang sangat mudah. Berbeda dengan trik yang sudah ada sebelumnya yaitu menggunakan layanan video download atau menggunakan aplikasi di luar Facebook, trik ini memungkinkan kamu mendownload langsung video dari Facebook. Berikut adalah cara download video Facebook tanpa software.

Baca juga:  Cara Menggunakan Reaksi Like Facebook pada Artikel Blog

1. Sebelum mendownload video, pastikan kamu telah login ke akun Facebookmu.

2. Scroll News Feed atau buka langsung video yang ingin kamu simpan kemudian tekan tombol Play untuk memainkan video.

Cara download video facebook tanpa software
Klik tombol play pada video

3. Kamu tidak perlu menunggu buffering lama atau menonton video secara full, cukup 1-2 detik kemudian lakukan klik kanan pada video.

klik show video url
Klik Show Video URL

4. Akan muncul 3 pilihan yaitu, Pause, Mute dan Show Video URL. Pilih Show Video URL untuk menampilkan alamat video.

5. Di layar video akan tampil text box berisi alamat URL Video. Select All dan Copy link tersebut.

copy url
Copy link URL yang ada

6. Buka tab baru pada browser lalu paste link di atas pada address bar. Ubah alamat URL tersebut pada bagian www menjadi m. Ini dilakukan untuk mengakses video dengan mode tampilan Facebook Mobile.

Ubah alamat www menjadi m
Ubah alamat www menjadi m

7. Tekan Go atau enter dan kamu bisa melihat video itu dimainkan di layar. Klik kanan pada video kemudian pilih Save Video as.

Tampilan video mobile. Klik Play
Tampilan video mobile. Klik Play
Klik kanan pada video, kemudian pilih Save Video as
Klik kanan pada video, kemudian pilih Save Video as

8. Video akan mulai di download oleh browser. Setelah selesai, kamu bisa mencarinya pada folder Download di laptop atau PC kamu.

Sekarang kamu bisa memainkan video tersebut kapanpun dan dimanapun serta mengirim video itu pada teman-temanmu. Bagaimana, mudah bukan cara download video facebook tanpa software?

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

cara-blokir-komentar-spam-instagram

Cara Menggunakan ‘Face Filters’ Instagram, Bikin Stories Jadi Lebih Keren

Cara Menggunakan ‘Face Filters’ Instagram, Bikin Stories Jadi Lebih Keren – Seperti yang sudah kita …