Monday , December 18 2017

Cara Mudah Edit File PDF pada Linux

Mengubah File PDF terkadang merupakan pekerjaan yang harus kita lakukan. Sejak PDF editor bukanlah hal yang mudah kita dapatkan, kita sering mencari cara bagaimana kita bisa mengubah atau mengedit dokumen PDF dengan mudah. Jika kamu adalah Linux user, maka kamu dapat menggunakan beberapa cara berikut untuk mengubah dokumen PDF pada sistem operasi Linux. Kamu bisa membeli aplikasi berbayar atau kamu juga bisa memilih alternatif lain yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Berikut ini adalah beberapa cara atau aplikasi yang bisa kamu pakai untuk mengubah isi dokumen PDF dengan operating system Linux tentunya.

PDF Studio

PDF Studio adalah aplikasi unik dan salah satu aplikasi berbayar pada daftar ini. Aplikasi ini berseberangan dengan filosofi linux yaitu FREE akan tetapi dapat juga diartikan bahwa aplikasi ini pasti akan memberikan produk yang berkualitas tinggi karena harus ditebus dengan biaya yang cukup besar.

PDF Studio terdiri dari 2 versi yaitu versi Standar dan Versi Pro. Versi Standar dihargai hingga $89 dan kamu akan mendapatkan fitur-fitur dasar yang terdiri dari:

1. Membuat file PDF dari file teks, gambar maupun dokumen Microsoft Word.
2. Memberikan anotasi dan komentar pada dokumen PDF.
3. Memberikan tanda dan highlight pada teks.
4. Mengisi form pada PDF akan tetapi tidak mengedit teks yang ada.
5. Split dan Merge dokumen.

PDF-Studio-10 download

Di sisi lain, versi pro yang dihargai $129 mempunyai banyak kelebihan pada fitur yang diberikan, diantaranya:
1. Mengubah atau mengedit teks, image dan shape.
2. Extract teks dari image melalui OCR.
3. Membuat form PDF dengan form designer.
4. Optimasi ukuran dokumen.
5. Membuat tanda tangan digital pada dokumen.

Sebenarnya ada yang sedikit mengejutkan dalam hal ini fitur editor hanya tersedia pada versi Pro akan tetapi PDF Studio adalah aplikasi yang bisa memberikan solusi yang lengkap pada kebutuhan kita untuk mengedit dokumen PDF. Kedua versi baik Standar maupun Pro menyediakan kesempatan untuk trial aplikasi sehingga kamu bisa mencobanya sebelum benar-benar membeli aplikasi ini.

Master PDF Editor

Seperti PDF Studio, Master PDF Editor dapat diandalkan untuk solusi kebutuhan editing file PDF. Dengan harga yang lebih terjangkau, Master PDF Editor merupakan cara yang lebih terjangkau.

Baca juga:  Cara Mencari Teks pada File PDF Tanpa Membukanya

master pdf editor linux_compressed

Untuk beberapa orang, Master PDF Studio memiliki fitur yang bisa dikatakan jauh lebih cukup. Beberapa fitur yang tersedia adalah:
1. Editing teks, gambar dan form.
2. Proteksi dokumen.
3. Konversi dari XPS ke PDF
4. Export dokumen PDF ke format lain seperti BMP, JPG, PNG dan bahkan TIFF.
5. Split dan Merge dokumen.
6. Memberikan tanda tangan digital.

Master PDF Editor dihargai hingga $50 untuk full edition namun kamu tidak bisa mencobanya terlebih dahulu karena Master PDF Editor tidak menyediakan versi trial dari aplikasi ini.

Calibre dan Libre Office

Cara ini sebenarnya bukanlah benar-benar PDF Editor akan tetapi, mampu menghasilkan file PDF yang sudah diedit. Cara ini pasti memiliki banyak kekurangan, namun selama kamu bersedia untuk mengerjakannya, kamu akan mendapatkan PDF Editor tanpa harus mengeluarkan biaya apapun.

Adapun cara untuk melakukannya adalah sebagai berikut:
1. Tambahkan dokumen PDF ke Calibre library.
2. Klik kanan pada dokumen PSD kemudian pilih Convert Books -> Convert Individually.
3. Pada layar konversi, pastikan bahwa output yang kita pilih adalah RTF.
4. Klik Ok untuk konfirmasi konversi.

Setelah kamu mendapatkan dokumen RTF, buka file tersebut menggunakan Libre Office kemudian lakukan editing sesuai kebutuhan. Cara ini efektif untuk mengubah isi dokumen baik teks dan image. Setelah proses editing selesai, kamu bisa menyimpan kembali dokumen ini sebagai dokumen PDF.

Itu tadi adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengedit file PDF dengan menggunakan sistem operasi Linux. Jika kamu mempunyai cara yang lebih mudah dan gratis, kamu bisa menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini.

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس