Cara Mudah Memasang Disqus pada Blogger dan WordPress

Logo Disqus via thehdtimes.com

Disqus.com adalah sebuah website yang menyediakan aplikasi sistem komentar untuk blog atau website kamu. Disqus memiliki jumlah pengguna yang cukup besar karena dinilai lebih handal dibanding sistem komentar bawaan blogger ataupun wordpress. Oleh karena itu, banyak web populer di luar negeri yang menggunakan Disqus sebagai sistem komentar mereka. Contohnya CNN, The Next Web, Bloomberg dan masih banyak lagi.

Disqus atau diucapkan discuss yang berarti diskusi. Disqus memang memiliki fitur yang memungkinkan pembaca artikel melakukan diskusi pada kolom komentar. User dapat membalas komentar user lain dan user lain dapat membalas kembali komentar tersebut. Lalu, apa yang membuat Disqus sangat populer?

Disqus mempunyai beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan sistem komentar bawaan platform blog. Kelebihan tersebut diantaranya adalah:

1. Disqus Menyaring Komentar Spam
Bagi kamu pengguna WordPress, mungkin sudah hafal bahwa sistem kamu mengundang banyak komentar spam. Beberapa mampu kita saring dengan menggunakan plugin Akismet, namun tidak semuanya bisa disaring.

Dengan demikian, jika Akismet mengalami gangguan beberapa detik saja, dipastikan ribuan komentar spam akan masuk ke database komentar kita. Hal ini pasti membuat lelah admin website karena harus menghapus ribuan komentar.

Disqus memiliki kemampuan memfilter spam lebih baik sehingga kita dapat dengan mudah mengatur moderasi komentar.

2. Menjaga Performa Server Website
Komentar merupakan resources yang tidak terbatas dan mungkin terus bertambah. Semakin banyak komentar, tentu waktu loading website semakin lama.

Dengan menggunakan Disqus, komentar akan disimpan pada sister Disqus sehingga mengurangi beban server kita.

3. Mengindarkan dari Redudancy
Disqus tidak mengunci semua komentar yang ada. Ini dikarenakan disqus melakukan sinkronisasi dengan database pada blogger atau wordpress sehingga tidak ada redudancy data atau data double. Kamu juga bisa sewaktu-waktu mengembalikan sistem komentar disqus ke sistem komentar default platform.

4. Mudah dikontrol
Disqus menyediakan interface untuk mengelola komentar yang sangat user friendly untuk memudahkan admin blog mengontrol semua komentar yang ada. Selain itu, user pun dapat memilih untuk terus mengikuti komentar yang dibuatnya atau tidak dengan pilihan subscribe dan unsubscribe.

Berikut ini adalah cara untuk memasang Disqus Comment Sistem pada Blog kamu.

Cara Memasang Disqus pada Blogger

1. Buka alamat url www.disqus.com, pilih Add Disqus to your site kemudian pilih start Using Engage untuk memulai.

Cara memasang Disqus pada Blogger dan WordPress
Engage, mulai menggunakan Disqus

2. Daftarkan dirimu pada Disqus. Isi username, email dan password.

Cara instal diqus pada blogger
Mendaftar Disqus

3. Disqus memerlukan alamat url profil kamu di website Disqus untuk digunakan sebagai alamat forum. Pilih alamat URL Disqus yang masih bisa digunakan, isi nama situs dan pilih kategori. Lalu klik Finish.

Baca juga:  Cara Mudah Membuat Desain Website Responsive dengan Wordpress
cara memasang disqus pilih nama forum
Isi nama dan URL

4. Setelah selesai kamu akan dibawa ke halaman dashboard Disqus. Pilih Platform yang akan kamu pakai. Karena kamu akan memasang pada Blogger maka klik ikon Blogger.

pilih platform
Pilih ikon Blogger

5. Akan muncul halaman yang berisi langkah-langkah memasang Disqus pada Blogger. Namun sebelum memulai, alangkah lebih baik kamu sudah login ke akun blogger kamu.

6. Klik langkah nomor 1, kemudian akan keluar jendela untuk menambahkan Element baru pada Blogger. Pilih blog yang akan kamu pasang sistem komentar Disqus dan jangan lupa beri judul.

langkah pemasangan disqus
Langkah pemasangan Disqus

7. Klik Add Widget lalu tunggu proses pemasangan komentar Disqus. Setelah selesai, kamu dapat melihat widget baru yang berisi kode untuk sistem komentar Disqus pada layout blog. Dan jika kamu mengakses blogmu, Disqus Comment System sudah berjalan pada blogmu.

Disqus sudah terpasang
Disqus sudah terpasang

Selanjutnya kamu bisa mengimport komentar dari blogger ke Disqus.

Cara Memasang Disqus pada WordPress

1. Untuk memasang Disqus pada WordPress pastikan kamu sudah mendaftar Disqus. Dari menu, pilih Add Disqus to your Site. Beri nama dan url forum baru yang kamu buat.

2. Dari Dashboard Disqus, pilih platform WordPress.

3. Disqus akan memberikan petunjuk untuk mengaktifkan Disqus pada Wordpess.

langkah pemasangan disqus pada wordpress
Langkah pemasangan disqus pada wordpress

4. Masuk ke Dashboard WordPress dengan akun admin, kemudian tambahkan plugin baru dengan nama Disqus Comment System by Disqus.

5. Install plugin Disqus, kemudian klik Activate Plugin.

6. Ikuti langkah yang ada pada layar kamu sampai kamu diminta memasukkan akun Disqus. Login dengan akun Disqus kamu, lalu pilih nama forum yang akan kamu instal pada wordpress. Nama forum ini sama dengan nama site yang kamu masukkan pada langkah nomor 1.

7. Disqus kamu secara otomatis akan menggantikan kolom komentar pada WordPress.

Demikian tadi adalah langkah-langkah untuk memasang sistem komentar Disqus pada Blogger dan WordPress. Dengan sistem yang handal, Disqus sangat layak kamu gunakan sebagai sistem komentar di website kamu. Namun di sisi lain masih menjadi misteri sampai saat ini yaitu, kenapa orang cenderung malas berkomentar pada sistem Disqus?

Banyak pengamat mengatakan jumlah komentar menurun setelah website menggunakan sistem komentar Disqus, dan jumlah komentar naik drastis ketika Disqus dinonaktifkan. Lalu bagaimana solusi dari permasalahan ini? Kamu dapat menelaah sendiri sistem mana yang cocok untuk kamu gunakan.

About Rian

SEO enthusiast.