Tuesday , August 22 2017

Cara Mudah Membedakan Charger Asli Atau Palsu

Cara Mudah Membedakan Charger Asli Atau Palsu
Cara Mudah Membedakan Charger Asli Atau Palsu

Cara Mudah Membedakan Charger Asli Atau Palsu – Baterai adalah bagian yang sangat sakral pada smartphone. Baterai juga bisa disebut sebagai nyawa dari smartphone karena jika tak ada baterai maka smartphone tak akan hidup. Baterai sering kali memerlukan perhatian khusus dan salah satu point yang penting diperhatikan supaya baterai tetap berumur panjang adalah dari kualitas chargernya.

Namun sadarkah kamu bila charger itu ada yang asli dan ada yang palsu? Bila ternyata charger bawaan dari smartphone rusak dan kamu berniat untuk hendak membeli yang baru maka berhati-hatilah membeli charger palsu yang dipatok dengan harga murah.

Cara Membedakan Charger Asli dan Palsu :

Walaupun dampak dari penggunaan charger palsu jarang dirasakan secara langsung, namun dalam beberapa kasus ada yang langsung terasa dampaknya. Contohnya jika charger bawaan sudah dibekali teknologi fast charging maka saat menggunakan charger palsu maka proses pengisiannya akan menjadi lebih lambat dari sebelumnya dan karena pengisiannya lambat maka berakibat pada suhu smartphone yang panas dan memicu baterai menjadi melembung serta rusak.

Jangan Tergiur Harga Murah

Jangan Tergiur Harga Murah

Tak hanya masalah chargernya secara langsung, hal pertama adalah jangan tertipu dengan harga yang menggiurkan. Jadilah pengguna smartphone yang cerdas dengan tidak tergiur oleh harga charger yang lebih murah serta memiliki fitur yang wah. Wajib disadari bahwa banyak komponen di dalam charger yang seharusnya untuk kestabilan, daya tahan serta safety dihilangkan untuk menekan biaya produksi dan kemudian dijual dengan murah.

Perhatikan Kabel USB

Ternyata kabel USB juga berpengaruh karena kabel USB bawaan pabrik selain digunakan untuk pengisian juga dapat untuk transfer file dari smartphone ke komputer. Bila kabel USB yang kamu beli palsu maka akan menjadi tidak maksimal dalam pengisian ulang baterai dan bahkan tidak bisa kamu gunakan untuk transfer file dari smartphone ke PC.

Kualitas kabel yang tidak baik ini terkadang jufa bisa mengakibatkan baterai menjadi tidak mendapatkan daya yang maksimal sehingga bisa berakibat kerusakan.

Baca juga:  Himax X Plus Next Beauty In Coming Update Terbaru 2017

Perhatikan Kabel USB

Untuk dapat membedakan kabel USB asli dan palsu, kamu dapat memperhatikan panjang dan ketebalan dari colokan USBnya. Charger palsu biasanya memiliki colokan USB yang lebih tebal dan panjang serta warnanya lebih gelap.

Bawa Adapter Charger Asli Saat Membeli Charger Baru

Pada saat kamu hendak membeli charger baru maka bawalah adapter charger asli smartphonemu. Hal ini bertujuan untuk menyamakan desain serta semua angka yang tertera pada adapternya. Selain itu kamu juga jangan lupa untuk menyamakan bentuk dari port USB yang ada pada adapternya.

Bawa Adapter Charger Asli Saat Membeli Charger Baru

Banyak perbedaan yang dapat dilihat dari adapter charger asli dan charger palsu, mulai dari bentuk colokan, desain, dan warna tulisannya.

Memakai Bantuan Aplikasi

Untuk memastikan keaslian charger yang kamu beli, terutama pada smartphone iPhone, Samsung, Nokia yang kini makin marak dipalsukan, kini terdapat aplikasi Ampere yang dapat menghitung besarnya daya yang masuk ke Smartphone pada saat di-charge. Untuk mengetahui apakah charge kamu asli atau palsu segera download Ampere dari Google Play Store.

Memakai Bantuan Aplikasi

Setelah aplikasi Ampere terinstall kamu hanya perlu mulai melakukan pengisian ulang smartphone. Kemudian lihat berapa tegangan dan arus yang masuk ke smartphonemu. Begitu hasilnya keluar segeralah cocokan dengan tulisan pada kepala adapter charge. Bila hasilnya angka voltasenya beda jauh (di bawah setengah dari nilai voltase yang tertulis) maka kamu wajib curiga bahwa itu palsu, apalagi jika ternyata arus yang dihasilkan juga lemah.

Demikianlah ulasan mengenai cara mudah untuk membedakan charger asli dan charger palsu, semoga ulasan di atas dapat infomasi yang bermanfaat buat kamu yang sedang mencari cara untuk membedakan charger palsu dan asli maka cara di atas dapat menjadi referensi caranya, sekian dan terima kasih.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Cara Mudah Menambah RAM di PC Atau Laptop Tanpa Software

Cara Mudah Menambah RAM di PC Atau Laptop Tanpa Biaya

Cara Mudah Menambah RAM di PC Atau Laptop Tanpa Software – Random Access Memory atau …