Home / Tips n Trik / Cara Mudah Membuat Daftar Isi atau Table of Contents dengan Microsoft Word
microsoft word table of content

Cara Mudah Membuat Daftar Isi atau Table of Contents dengan Microsoft Word

Sebuah dokumen sudah wajib mempunyai daftar isi, mulai dari proposal, makalah, laporan kerja praktek sampai dengan laporan skripsi. Namun tahukah kamu bahwa Microsoft Word mempunyai fitur untuk membuat daftar isi dengan cepat? Microsoft Word bahkan akan menambahkan link ke halaman yang dimaksud pada setiap item yang ada pada daftar isi. Fitur daftar isi atau istilah kerennya “Table of Content” bawaan Microsoft Word ini bahkan mempunyai kemampuan jauh dari ekspektasi kita dan kita tak perlu memiliki banyak pengetahuan khusus untuk mulai menggunakan fitur ini.

Fitur Table of Content atau Daftar Isi ini telah ada pada seluruh versi Microsoft Word mulai dari Office 2003. Namun secara khusus kita akan mempelajari Cara Mudah Membuat Daftar Isi Dengan Microsoft Office Word 2010 yang menu-menunya identik dengan bersi Office sebelum dan sesudahnya.

Ketika kita membuat Daftar Isi dengan fitur dari Microsoft Word, kita akan dengan cepat memetakan setiap judul atau sub bab pada setiap bagian. Perhatikan gambar berikut untuk mengetahui pemetaan tersebut.

Contoh artikel
Contoh artikel

Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa :
Obyek Wisata : Judul
Candi : Heading 1
Candi Prambanan : Heading 2
Candi Ratu Boko: Heading 2
Taman : Heading 1
Kaliurang : Heading 2
Tlogo Putri : Heading 3
Jeep Wisata : Heading 3

Untuk membuat Daftar Isi, Klik tab References, pilih Table of Content lalu pilih Format yang akan digunakan.

Klik References -> Pilih daftar isi yang akan digunakan
Klik References -> Pilih daftar isi yang akan digunakan

Setelah selesai kamu pilih, Microsoft Word akan membuat daftar isi yang sudah include dengan link menuju judul tulisan. Wow banget bukan?

Daftar isi yang sudah jadi
Daftar isi yang sudah jadi

Selanjutnya kita akan membahas tips yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik Daftar Isi pada tulisanmu.

1. Menentukan Level
Ada 9 type heading namun secara default Table of Contents akan berisi tiga saja/ Kamu dapat mengubahnya dengan mudah untuk menambah atau mengurangi jumlah heading. Seperti pada gambar di atas yang berisi 3 level. Untuk mengubahnya klik References kemudian pilih Table of Contents. Dari daftar yang ada, pilih Insert Table of Contents.

Ubah pilihan Show Levels, bisa kamu kurangi atau kamu tambahkan. Klik OK lalu jika Microsoft Word memberikan dialog untuk mereplace Daftar Isi yang sudah ada, klik Yes.

2. Mengubah Atribut Heading
Menggunakan template Table of Contents Microsoft memang membantu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, namun ada beberapa item yang mungkin tidak sesuai dengan kemauan kita. Bisa bisa malah jadi tempat Dosen Pembimbing menggambar indah jika template ini kita gunakan dalam laporan skripsi.

Selanjutnya untuk mengubah atribut pada masing masing heading, kamu cukup klik salah satu item judul atau sub bab pada heading 1, kemudian pindahkan ke tab Home lalu sesuaikan ukuran font, warna dan sebagainya sesuai dengan kebutuhan kamu.

Setelah mengubah salah satu, klik Update Table untuk memperbarui semua item yang sama.

Itu tadi adalah cara membuat daftar isi menggunakan Microsoft Word 2010, mudah bukan? Dengan menggunakan fitur ini kamu tak perlu khawatir terhadap perubahan naskah yang kamu lakukan, karena cukup dengan klik Update Table pada Daftar Isi, semua halaman yang berubah akan dikoreksi secara otomatis.

Update table untuk memperbarui nomor halaman
Update table untuk memperbarui nomor halaman

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

facebook

Inilah Cara Mudah Membuka Facebook Yang Terkunci atau Diblokir

Inilah Cara Mudah Membuka Facebook Yang Terkunci atau Di Blokir – Dengan seiring pesatnya perkembangan …