Thursday , October 19 2017

Cara Mudah Membuat Fanspage di Facebook

Strategi internet marketing sudah banyak dibahas di dunia maya. Salah satunya adalah dengan membuat Fanspage di Facebook. Facebook sebagai salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia merupakan pasar yang sangat menarik untuk dimasuki. Hingga saat ini, jutaan pengguna Facebook masih aktif menggunakannya dan beribu-ribu brand mencoba bersaing untunk menarik minat pelanggan di Facebook. Untuk itu, wajib hukumnya brand atau produk kamu memiliki yang namanya Fans Page ini.

Fanspage berbeda dengan akun personal Facebook. Fanspage merupakan sebuah halaman tentang brand atau merek perusahaan, meskipun fitur yang ada hampir sama dengan fitur pada akun personal lainnya. Fanspage Facebook dikelola oleh akun personal (lebih lanjut disebut admin fanspage) yang juga bisa memposting status, upload foto, video dan yang lainnya seperti biasa. Bedanya, jika akun personal menambah teman dengan akun personal lain, maka fanspage ini cukup di-“Like” oleh pengguna Facebook untuk bisa mendapatkan semua informasi tentang page tersebut.

Untuk membuat Fanspage Facebook sangat mudah. Ikuti saja cara membuat Fanspage Facebook berikut.

1. Perhatikan menu sebalah kiri, cari kategori Pages kemudian pilih Create Pages. Akses alamat https://web.facebook.com/pages/ .

Klik Create Page
Klik Create Page

2. Pilih Jenis Usaha dari Page yang akan dibuat. Beberapa pilihan yang ada meliputi lempat atau bisnis lokal, sekolah atau universitas, brand atau produk, artis atau band, hiburan dan atau komunitas. Pilih yang sesuai dengan Page yang akan dibuat agar Facebook dapat memberikan rekomendasi kepada publik berdasarkan kategori tersebut.

Pillih kategori yang sesuai.
Pillih kategori yang sesuai.

3. Klik kategori yang sesuai lalu akan muncul form tepat di box kategori yang kamu pilih. Pilih kembali jenis pages secara lebih spesifik dan isikan pula nama Page yang akan dibuat.

Isikan nama page
Isikan nama page

4. Selanjutnya masukkan keterangan tentang page, website dan pilih alamat url untuk Page yang kamu buat.

Masukkan about, web dan alamat pages
Masukkan about, web dan alamat pages

4. Sudah hampir selesai nih..sekarang tinggal memasukkan foto profil dan memilih target audience yang diincar. Untuk memasukkan foto profil bisa dilakukan melalui upload dari komputer atau import dari website.

Upload foto profil atau impor dari website.
Upload foto profil atau impor dari website.

5. Setelah foto tersimpan, klik next lalu pilih kategori untuk menentukan target audience. Setelah selesai, FansPage kamu sudah bisa digunakan. Promosikan Fanspage ke teman facebook dan lainnya untuk mencari like yang sebanyak-banyaknya.

Itu tadi adalah cara membuat fanspage Facebook dengan cepat. Kamu bisa mengelola fanspage dari akun pribadimu, dari tombol menu, kemudian pilih “Use Facebook as [Nama Fanspage-mu] lalu memulai posting dengan menggunakan Fanspage. Untuk kembali ke akun personal-mu, tidak ada cara lain kecuali seperti yang sudah ditulis di atas melalui menu button untuk “switch account”.

Gambar: jeffbullas.com

About Rian

SEO enthusiast.