Wednesday , July 18 2018

Cara Mudah Membuat Peta Sendiri di Google Maps

cara membuat peta sendiri

Cara Mudah Membuat Peta Sendiri di Google Maps – Tak bisa dipungkiri bila memang aplikasi Google Maps sangat membantu dalam mencari suatu lokasi ataupun petujuk jalan. Karena selain memiliki fitur unggulan layanan ini juga selalu memperoleh update tempat dan jalan terbaru dari Google.

Meskipun selalu memperoleh updae dari Google tak berarti lokasi yang disediakan Google selalu lengkap di layanan Maps. Pasti ada masanya kamu tidak menemukan sebuah jalan ataupun tempat yang ingin kamu tuju pada aplikasi Google Maps.

Namun walaupun lengkap pasti kamu pernahkan mendapati keadaan lokasi dan jalan yang sedang kamu cari tapi tidak kamu temukan di Google Maps? Tenang kamu tak perlu khawatir karena kamu bisa menambahkan nama jalan dan lokasi lho dengan cara membuat lokasi di Google Maps.

Cara Mudah Membuat Peta Sendiri di Google Maps

Sebenarnya untuk menambahkan peta sendiri di Google Maps sangat mudah lho karena kamu hanya perlu menginstal aplikasi My Maps di smartphone Android kamu, Aplikasi ini dikembangkan oleh Google untuk kamu yang menginginkan membuat peta sendiri dan bisa digunakan pada aplikasi Google Maps, Penasaran dengan bagaimanakah cara melakuakannya? Simak cara-caranya berikut ini.

  • Langkah pertama kamu harus mendownload aplikasi Google My Maps.
  • Kemudian Install aplikasi Google My Maps.

Cara Mudah Membuat Peta Sendiri di Google Maps

  • Setelah kamu instal aplikasi Google My Maps, buka aplikasi tersebut dan tap Accept & Continue, lalu skip saja page berikutnya.
  • Lalu kamu akan dihadapkan dengan halaman utama aplikasi ini dan untuk menambahkan peta baru, tap ikon plus di pojok kanan bawah.
  • Selanjutnya berikan judul dan deskripsi dari peta yang ingin kamu buat.
  • Lalu tap ikon plus lagi di pojok kanan bawah dan kamu akan dihadapkan dengan dua pilihan. Pilih Add a new line untuk menambahkan jalan, dan pilih Add a new point untuk menambahkan lokasi, seperti rumah, fasilitas umum, warung, dan lainnya.
Baca juga:  Cara Mudah Sembunyikan Foto Memalukanmu Pada Google Photos

Cara Mudah Membuat Peta Sendiri di Google Maps

  • Kemudian bila kamu pilih menambah jalan, kamu hanya perlu menyambungkan garis untuk menandakan nama jalannya, dengan cara menentukan titik awal jalan yang ingin kamu tambahkan dengan mengarahkan kursor X, lalu untuk memulainya tekan ikon tambah dan tarik kursornya sesuai dengan arah yang kamu inginkan. Lakukan berulang kali hingga jalan yang kamu inginkan selesai.
  • Setelah itu jika kamu ingin menambahkan tempat, maka kamu hanya perlu meletakkan titik dengan tempat yang kamu inginkan, lalu tekan Select this location.
  • Selajutnya kamu akan masuk ke halaman untuk memberikan identitas dari item yang telah kamu buat tadi. Berikan nama dan deskripsi dari dua item tersebut.

Cara Mudah Membuat Peta Sendiri di Google Maps

  • Kemudian jika kamu sudah memberikan informasi dari item tersebut, peta akan secara otomatis tersimpan di akun Google kamu. Kamu bisa mengaksesnya lewat opsi Created by Me atau lewat aplikasi Google Maps -> My Place -> Maps.
  • Selesai.

Bagaimana, caranya cukup mudah bukan? Demikianlah ulasan mengenai cara mudah untuk membuat peta sendiri di Google Maps, semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu yang ingin membuat peta sendiri di Google Maps, sekian dan selamat mencoba !

About Rian

SEO enthusiast.