Home / Gadget / Android / Cara Mudah Mempercepat Chrome untuk Android

Cara Mudah Mempercepat Chrome untuk Android

cara mempercepat chrome android

Satu hal yang pasti terjadi pada setiap pengguna smartphone Android adalah: segala sesuatunya berjalan dengan baik dan lancar pada saat awal-awal penggunaan dan selanjutnya secara ajaib smartphone akan melambat seiring dengan berjalannya waktu. Hampir semua aplikasi pun bisa membuat frustasi karena semakin berat. Ada cara maupun trik khusus untuk memompa kembali performa smartphone baik secara manual maupun dengan aplikasi. Akan tetapi kali ini kita akan secara khusus membahas cara mempercepat Google Chrome untuk smartphone Android.

Sedikit banyak performa aplikasi baik kecepatan maupun kekuatannya dibatasi oleh kemampuan hardware pada ponsel akan tetapi kita bisa melakukan beberapa trik untuk mempercepat performa browser, khususnya Chrome. Adapun beberapa cara tersebut dapat kamu simak di bawah ini.

Cara Optimasi Chrome Browser pada Android.

Untuk optimasi chrome browser pada Android, kamu bisa melakukan hal – hal berikut ini diantaranya dengan mengaktifkan fitur Data Saver, Menghapus Cache hingga menjaga Chrome agar selalu up-to-date.

Mengaktifkan Data Saver Chrome

Ketahuilah bahwa ada dua faktor utama yang bermain untuk mengukur performa browser, yaitu hardware dan kecepatan transfer data. Tidak peduli seberapa cepat smartphone yang kamu gunakan, browser hanya akan menjadi cepat ketika kecepatan transfer data juga mendukung. Lalu bagaimana caranya agar data yang dikirim bisa lebih cepat?

Itulah fungsi dari fitur Data Saver. Secara esensi, mengaktifkan Data Saver akan membuat data yang dikirim ke dan dari sercer akan dikompress dan dioptimasi untuk smartphone. Contohnya, image dengan resolusi besar akan disesuaikan dengan tampilan yang lebih kecil pada layar smartphone.

Tidak hanya membuat browsing menjadi lebih cepat, akan tetapi kamu juga bisa menghemat konsumsi data, khususnya jika kamu menggunakan paket kuota internet.

Untuk mengaktifkan Data Saver, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Langkah pertama: Jalankan Chrome browser.
Langkah kedua: Tekan tombol menu (tiga titik) pada pojok kanan atas kemudian pilih Settings.
Langkah ketiga: Scroll ke bawah lalu pilih Data Saver.
Langkah keempat: Geser pengaturan menjadi On.

Baca juga:  Cara Menonaktifkan Notifikasi Update Aplikasi Android

Data Saver telah aktif dan akan mulai bekerja untuk memperkecil konsumsi data serta mempercepat performa Chrome.

Hapus Cache Secara Rutin

Cache sebenarnya adalah sesuatu yang bagus karena menyimpan data browsing pada penyimpanan lokal. Pada saat kita mengakses website yang sama, loading akan menjadi lebih cepat karena kita hanya mengambil data dari lokal tidak langsung mendownload dari server.

Masalah baru akan terjadi pada saat data yang tersimpan terlalu banyak sehingga ada kemungkinan data terpecah atau rusak sehingga menyebabkan browsing menjadi lambat. Untuk itu, pastikan kamu menghapus cache secara rutin untuk menjaga performa Chrome.

Untuk menghapus cache pada Chrome Android lakukan dari Pengaturan -> Apps -> pilih Chrome -> Kemudian pilih Hapus Cache.

Menonaktifkan JavaScript

Cara selanjutnya adalah dengan menonaktifkan JavaScript. JavaScript memang merupakan salah satu elemen penting akan tetapi kita tetap bisa browsing dengan cukup nyaman tanpa JavaScript. Caranya sama seperti pada saat mengaktifkan Data Saver. Dari Settings kemudian pilih Site Settings -> JavaScript kemudian pasang toogle pada posisi off.

Gunakan Fitur Prefetch Page Resources

Prefetch Page Resources adalah fitur Chrome yang bisa membuat Chrome akan mulai mengambil data pada situs yang kemungkinan besar akan kamu kunjungi. Artinya akan ada pre-load sebelum kamu memutuskan mengunjungi situs tersebut. Dengan demikian, browsing akan menjadi lebih ringan dan lebih cepat.

Secara default, fitur ini akan aktif pada saat terkoneksi Wi-Fi namun kamu juga bisa mengaktifkannya pada semua koneksi dengan cara mengubah pengaturannya. Masuk ke Settings seperti pada langkah sebelumnya kemudian pilih Privacy. Tekan Prefetch Page Resources kemudian pilih Always.

Cara – cara di atas bisa kamu gunakan untuk membuat performa Chrome tetap maksimal dan browsing pun terasa lebih nyaman.Jangan lupa untuk selalu menjaga Chrome tetap up-to-date agar semua fitur-fitur baru bisa kamu nikmati.

Baca Artikel Menarik Lainnya :

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Cara Menampilkan Kembali Kontak WhatsApp Yang Hilang (Tidak Muncul)

Cara Menampilkan Kembali Kontak WhatsApp Yang Hilang (Tidak Muncul)

Cara menampilkan dan mengembalikan kontak WhatsApp yang hilang – Dari sekian banyak aplikasi messenger gratis, …