Tuesday , December 12 2017

Cara Mudah Memperkecil Ukuran Video Tanpa Merusak Kualitasnya

Cara Mudah Memperkecil Ukuran Video Tanpa Merusak Kualitasnya

Cara Mudah Memperkecil Ukuran Video Tanpa Merusak Kualitasnya – Dengan terbatasnya kapasitas hard disk merupakan masalah yang sering dialami oleh orang-orang yang mempunyai hobi menyimpan file-file penting dengan ukuran besar. File-file tersebut diantaranya  mungkin koleksi video entah itu video pribadi, film, ataupun video lainnya, jadi tak heran jika sebagian orang menggunakan hard disk dengan kapasitas besar.

Tapi tak semua orang mempunyai hard disk dengan ukuran besar karena harganya biasanya cukup mahal. Untuk itu maka solusi lain adalah kamu perlu mengubah ukuran koleksi video kamu menjadi lebih kecil daripada ukuran sebelumnya dan hal ini dikenal dengan istilah encode video. Untuk itu maka kami akan memberikan cara memperkecil ukuran video tanpa merusak kualitas video. Penasaran dengan bagaimanakah caranya? Simak cara-caranya di bawah ini.

Cara Mudah Memperkecil Ukuran Video Tanpa Merusak Kualitasnya

Cara Memperkecil Ukuran (Encode) Video Menggunakan XMedia Recode :

  • Langkah pertama kamu perlu mendownload dan menginstal software bernama XMedia Recode. Software ini merupakan software yang dapat digunakan untuk mengonversi format suatu video atau audio ke format lain. Tapi selain untuk mengonversi format, software ini juga dapat digunakan untuk memperkecil ukuran video.
  • Setelah memasang software-nya, kamu harus menentukan video yang akan kamu perkecil ukurannya.
  • Selanjutnya bukalah XMedia Recode yang tadi sudah kita pasang.

Cara Mudah Memperkecil Ukuran Video Tanpa Merusak Kualitasnya

  • Kemudian pilih video yang tadi sudah siapkan.
  • Sebelum memulai ke langkah selanjutnya, tentukan terlebih dahulu format video kamu nanti di tab format. Disini kami akan memilih format MP4.
  • Selanjutnya, di tab video kita klik ikon bergambar kalkulator di sebelah kanan layar.
  • Di langkah inilah kamu akan memulai memperkecil ukuran dari video yang sebelumnya sudah kamu siapkan. Terlebih dahulu, klik kolom tab yang sebelahnya ada durasi. Kemudian akan muncul panel video codec. Setelah itu, ubah Bitrate sesuai kebutuhan kamu. Namun, karena kamu akan memperkecil ukuran video, maka usahakan ubah nilai bitrate menjadi lebih kecil dari sebelumnya.
  • Selanjutnya langsung kita klik tab Queue. Tab ini adalah tempat mengantrekan video atau audio yang akan diproses. Cara memasukkan video kamu ke dalam antrean hanya dengan klik nama video yang ada di tabel paling atas, kemudian kita klik tombol yang bersimbol tambah. Di tab ini kamu akan dapat melihat ukuran video yang nanti akan dihasilkan dan kamu bisa menentukan letak hasil proses akan disimpan nanti.
  • Setelah menentukan folder letak video akan tersimpan nanti, sekarang kamu hanya perlu klik tombol encode. Otomatis akan muncul panel baru yang akan menunjukan status program.
  • Tunggu beberapa saat. Setelah selesai, kita bisa membuka folder tempat video tersimpan.
  • Selesai.
Baca juga:  3 Cara Download Video Facebook Dari Android Dengan Mudah

NB : Ketika proses pengecilan, hal yang harus diperhatikan supaya ukuran video semakin kecil adalah besar bitrate.  Tapi hal tersebut bisa menyebabkan kualitas video menurun. Oleh sebab itulah kita harus bisa menyesuaikan besar bitrate saat mengecilkan ukuran atau mengencode koleksi video kita.

Demikianlah ulasan mengenai cara mudah untuk memperkecil ukuran video tanpa merusak kualitas videonya, semoga ulasan di atas bisa membantu kamu yang ingin menyimpan banyak video namun ruang penyimpannya tak cukup maka kamu bisa menggunakan cara di atas untuk memangkas ukuran videonya, sekian dan selamat mencoba !

About Rian

SEO enthusiast.