Wednesday , December 13 2017

Cara Mudah Mengatasi Aplikasi Tak Terpasang Atau Tak Terinstall di Android

Cara Mudah Mengatasi Aplikasi Tak Terpasang Atau Tak Terinstall di Android

Cara Mudah Mengatasi Aplikasi Tak Terpasang Atau Tak Terinstall di Android – Android merupakan salah satu basis dari smartphone yang cukup banyak diminati para pengguna smartphone. Adanya fasilitas-fasilitas yang mumpuni dan akses yang mudah ditawarkan Android juga cukup menarik, salah satu fitur dan fasilitas yang banyak digunakan adalah aplikasi Google Play Store.

Google Play Store memang menyediakan banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan pada smartphone kamu. Permasalahannya kamu tak bisa selalu sukses memasang aplikasi dari Google Play Store. Terkadang ada masalah yang muncul dan menyebabkan aplikasi tak bisa diinstall.

Cara Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Bisa Terpasang di Smartphone Android

Para pengguna smartphone Android pasti juga sering menggunakan aplikasi Play Store ini karena aplikasi Play Store mempunyai fungsi untuk mendowload aplikasi yang diperlukan para pengguna Android, namun tak jarang juga para pengguna Android mengunduh aplikasi dari marketplace lain.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan gagal atau tak dapat diinstal aplikasi di smartphone Android adalah:

  • Ternyata terlalu sering melakukan install dan menghapus aplikasi, maka tak menutup kemungkinan Android kamu gagal saat menginstall aplikasi baru. Hal ini karena setiap aplikasi yang terpasang dan terhapus akan meninggalkan folder kosong/residual file yang mungkin tak pernah kamu bersihkan.
  • Memori smartphone Android yang penuh karena terlalu banyak menginstall aplikasi tentu akan mengurangi banyak ruang memori di perangkat dan tentunya hal ini juga bisa menyebabkan kegagalan dalam menginstall aplikasi di Android.
  • Android OS atau hardware tidak mendukung atau tidak kompatibel bisa jadi penyebab tak bisa install game atau aplikasi karena kamu mencoba memasang dengan menggunakan file APK.
  • Adanya aplikasi lain yang sedang berjalan di background, yang membuat terjadi konflik antar aplikasi. Untuk itu kamu sebaiknya menghapus aplikasi semacam ini, selain dapat menyebabkan gagal dalam proses penginstalan aplikasi baru, hal ini juga akan menjadikan kinerja Android kamu menjadi lemoot dan baterai akan cepat berkurang.
Baca juga:  Cara Mengatur Default Tipe Koneksi USB pada Android 6.0 Marshmallow

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Terpasang / Tidak bisa di Install

Pastikan Aplikasi Tak Error

Pastikan Aplikasi Tak Error

Ketika kamu mengunduh aplikasi dalam format APK, maka pastikan file yang kamu unduh dapat berjalan dengan baik. File APK yang corrupt dapat menyebabkan aplikasi gagal diinstall pada smartphone android.

 

Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan

Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan

Jika masalah memori penuh menyebabkan aplikasi baru tak dapat diinstall maka solusi yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan uninstall aplikasi yang tak kamu gunakan atau menghapusnya. Dampaknya akan sangat besar karena akan menjadikan memori smartphone maupun microSD kamu mempunyai ruang yang lebih longgar dan dapat kamu gunakan untuk menginstall aplikasi yang lebih berguna.

Reboot Smartphone

Reboot Smartphone

Melakukan reboot smartphone ternyata juga merupakan cara untuk mengatasi aplikasi yang tak terpasang dengan cara restart smartphonemu. Bila memungkinkan maka coba lepaskan baterai smartphonemu lalu nyalakan kembali smartphone Androidmu. Tujuannya adalah untuk menghapus cache yang tersimpan pada RAM yang kemungkinan bisa menghambat instalasi aplikasi baru.

Demikianlah ulasan mengenai cara mudah untuk mengatasi aplikasi yang tak terpasang atau tak terinstall pada smartphone androidmu, semoga ulasan di atas dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi kamu yang sedang mengalami masalah aplikasi yang tak dapat terpasang, sekian dan selamat mencoba !

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس