Monday , December 11 2017

Cara Mudah Mengatasi BBM Error atau Pending dan Tidak Terhubung

cara mengatasi bbm pending atau tidak terhubung

Cara Mudah Mengatasi BBM Error atau Pending dan Tidak Terhubung – BBM atau Blackberry Messenger adalah salah satu aplikasi chatting yang cukup populer. Sejak dikenalkan sebagai aplikasi khusus milik Blackberry, aplikasi ini hampir digunakan seluruh dunia entah itu remaja hingga orang dewasa. Pengiriman pesan yang cepat serta fitur-fitur yang menarik menjadikan orang banyak menggunakan aplikasi BBM sebagai alat komunikasi utama.

Pengguna BBM semakin meledak ketika mereka memutuskan untuk merilis BBM untuk platform Android dan iOS. Meskipun sudah banyak aplikasi chatting lainnya, nyatanya masih banyak pengguna Android yang masih setia menggunakan BBM. Pasti ada alasan tertentu yang membuat BBM masih digunakan, misalnya saja karena ada teman atau grup yang harus diikuti melalui BBM.

Tapi tak jarang muncul beberapa masalah BBM Android yang sangat mengganggu yakni seperti pending, ataupun koneksi tidak terhubung. Bagaimana cara mudah mengatasi masalah BBM tidak mau terhubung? Simak tips dan trik berikut ini.

Cara Mudah Mengatasi BBM Error atau Pending dan Tidak Terhubung

Pastikan Kamu Mempunyai Paket Data

BBM yang tidak terhubung dapat diartikan tidak memiliki koneksi internet ke server BBM. Apa penyebabnya? Bisa jadi karena kamu memang tidak mempunyai paket data internet.

Terkadang masalah sepele ini muncul ketika kamu baru saja membeli paket kuota internet baru dan ternyata SIM Card yang kamu beli tidak mempunyai paket internet.

Solusinya sih mudah, selalu cek kuota internet kamu meskipun kamu baru saja membelinya.

Matikan Data Seluler Dan Hidupkan Kembali

Cara Mudah Mengatasi BBM Error atau Pending dan Tidak Terhubung

Bila ternyata kuota internet kamu masih ada, cara berikutnya adalah dengan menonaktifkan data seluler dan mengaktifkanya kembali setelah beberapa saat. Cara ini bisa digunakan untuk merefresh jaringan internet yang mungkin terjadi gangguan, baik di sisi smartphone yang kamu gunakan ataupun di sisi operator.

Paksa Berhenti Dan Hapus Data Aplikasi

Bila kamu sudah matikan data seluler dan menghidupkannya kembali tapi tidak berhasil maka kamu bisa menggunakan cara kedua yakni dengan menghapus data dan paksa berhenti aplikasi, dengan cara seperti berikut ini.

  • Langkah pertama buka pengaturan atau setelan sistem .
  • Lalu pilih Aplikasi atau Manajer Aplikasi .
  • Setelah itu pilih aplikasi BBM .
  • Kemudian Paksa berhenti, Hapus cache, lalu Hapus Data.
  • Selesai.
Baca juga:  Cara Mudah Mengembalikan Pesan Whatsapp Yang Di Hapus

Setelah melakukan cara diatas maka silahkan buka aplikasi BBMnya dan Sign in kembali.

Gunakan Koneksi Lain Untuk Testing

Cara Mudah Mengatasi BBM Error atau Pending dan Tidak Terhubung

Bila cara pertama dan cara kedua gagal maka kini saatnya kamu menggunakan cara berikutnya yakni dengan mencari WiFi atau minta bantuan ke teman kamu untuk memberikan portable hotspot data selularnya. Hal ini dilakukan karena mungkin BBM Error ini disebabkan oleh adanya gangguan dari jaringan internet salah satu provider seperti yang sering terjadi pada kartu dan oleh sebab itu kamu dapat mencobanya dengan wifi atau hotspot area.

Bila semuanya sudah dicoba namun BBM kamu tetap pending, selanjutnya kamu bisa melihat izin aplikasi yang mungkin saja menutup akses BBM ke internet. Kamu bisa masuk ke Settings – Manajer Aplikasi – Pilih BBM – kemudian tap App Permission. Pastikan permissions yang dibutuhkan untuk menghubungkan aplikasi dengan internet telah diaktifkan. Kamu pun bisa mengaktifkan semua permissions yang ada sebagai percobaan agar BBM bisa terkoneksi dengan server.

Bagaimana, caranya sangat mudah kan? Demikianlah ulasan mengenai cara mudah untuk mengatasi BBM error atau pending dan tidak terhubung, semoga bermanfaat gaes!

About Rian

SEO enthusiast.