Tuesday , December 19 2017

Cara Mudah Mengatasi Masalah Kamera Android yang Bermasalah

Cara Mudah Mengatasi Masalah Kamera Android yang Bermasalah
Cara Mudah Mengatasi Masalah Kamera Android yang Bermasalah

Cara Mudah Mengatasi Masalah Kamera Android yang Bermasalah – Sebelum muncul smartphone yang dilengkapi dengan kamera yang memiliki kemampuan bagus, sebagian besar dari kita gemar hunting foto-foto unik dengan menggunakan kamera DSLR atau minimal kamera pocket. Namun seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, kini smartphone hadir dengan kamera yang beresolusi yang hampir setara dengan DSLR atau kamera digital dan memiliki kemampuan fotografi yang mumpuni.

Bayangkan saja, smartphone kini sudah ada yang memiliki kamera di atas 20 MP, sebut saja Samsung Galaxy S7 dengan kamera utama 12 MP lengkap dengan sensor Sony IMX260, iPhone S7 Plus dengan kamera 12 MP, LG V20 yang memiliki kamera utama sebesar 16 MP, dan Sony Xperia Z5 yang memiliki resolusi kamera belakang sebesar 23 MP. Dari semua yang disebutkan di atas hampir semuanya memiliki kamera berkualitas tinggi dan akan memanjakan kamu dalam pengambilan gambar.

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak lagi smartphone yang mempunyai kamera yang boleh dibilang sangat istimewa. Sebut saja Vivo ataupun Oppo yang memiliki slogan selfie expert.

Kehadiran aplikasi-aplikasi pihak ketiga yang akan mempercantik hasil jepretan kamera di smartphone juga menjadi alternatif lain, di samping memiliki kamera smartphne sebagai media pengambilan gambar. Hanya saja kendala yang sering terjadi pada fotografi dengan smartphone adalah terjadi kesalahan atau error pada aplikasi kamera.

Kejadian error atau gagal membuka aplikasi kamera, kamera tidak tersedia, atau mungkin masalah lain adalah beberapa masalah yang mungkin menjadikan kamu bingung ketika sedang menggunakan aplikasi kamera, baik aplikasi kamera bawaan smartphone ataupun aplikasi dari pihak ketiga.

Contoh Error pada aplikasi kamera

JIka begitu yang terjadi maka sudah bisa kami pastikan bahwa masalah yang terjadi bukan terletak pada kameranya, melainkan terletak pada sistem atau aplikasi pada smartphone tersebut. Maka cara untuk mengatasi yang paling cepat adalah dengan melakukan factory reset baik dengan cara hard reset atau cara soft reset.

Namun yang perlu kamu ketahui kedua cara ini akan menghapus semua data yang ada di dalam smartphonemu. Jadi sebelum kamu melakukan Factory Reset, cobalah cara-cara berikut ini untuk mengatasi masalah kamera smartphonemu.

Baca juga:  Vivo Xshot Desain Slim Berbalut Metal Update Terbaru Terbaru 2017

Cara Mudah Mengatasi Masalah Kamera Android

Langkah A:

  • Langkah pertama, buka Pengaturan, lalu pilih menu Aplikasi / APL (manajemen aplikasi).
  • Kemudian pilih semua aplikasi kamera yang ada di smartphone kamu (lakukan satu persatu)
  • Selanjutnya pilih tombol Clear Cache, kemudian Reboot smartphone kamu.

Langkah B:

  • Bila masalah masih belum hilang, maka backuplah semua data hasil kamera (foto dan video) ke komputer atau media penyimpanan lain.
  • Kemudian buka lagi menu Pengaturan (langkah A)
  • Pilih  semua aplikasi kamera yang ada di smartphone kamu (lakukan satu persatu) kemudian pilih menu/tombol Hapus Data, kemudian Reboot smartphone anda.
  • Bila dengan cara yang B juga tidak juga mengatasi masalah kamu.
  • Maka uninstal atau hapuslah semua aplikasi kamera yang ada kemudian reboot dan install lagi aplikasi tersebut.
  • Dan jika cara ini tidak juga menjadi solusi masalah kamera smarpthone anda, maka tidak ada cara lain kecuali melakukan Wipe Data (Reset Factory).

NB : Factory Reset akan menghapus semua data di smartphone yang ada pada smartphonemu, sangat disarankan  melakukan backup semua data yang kamu miliki.

Untuk menghindari kesalahan pada aplikasi kamera, kamu sebaiknya selalu mengontrol kondisi memori internal smartphone kamu. Karena, error sering terjadi akibat memori yang terlalu penuh sehingga aplikasi tidak memiliki space yang cukup untuk berjalan. Sekian, semoga bermanfaat!

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس