Monday , December 11 2017

Cara Mudah Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka di Android

Beberapa pengguna WhatsApp sering bertanya mengapa WhatsApp tak dapat dibuka ataupun pesan yang selalu pending masuk ke WhatsApp.

Cara Mudah Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka di Android – Saat ini WhatsApp memang menjadi salah satu aplikasi messenger paling terkenal di dunia. Terbukti WhatsApp saat ini sudah berhasil mengalahkan popularitas dari BBM yang dulu sempat berjaya.Kini banyak pengguna BBM yang beralih menggunakan WhatsApp karena memang WhatsApp mempunyai tampilan serta cara penggunaan yang lebih simple dan tentunya tak menguras banyak kuota.

Sebagai aplikasi messenger tentu WhatsApp terus mengembangkan dan mengupdate fitur-fitur baru yang dimilikinya, salah satunya adalah fitur status yang semakin bervariasi. Kenyamanan menggunakan WhatsApp semakin bertambah karena WhatsApp tidak berisi iklan sama sekali dan pengguna tak membayar sama sekali alias gratis. Buktinya pengguna WhatsApp tak berpaling ke aplikasi lain meskipun WhatsApp sempat mengalami down beberapa waktu yang lalu.

Namun sayangnya ada beberapa pengguna Android yang mengalami masalah pada aplikasi WhatsApp. Beberapa pengguna WhatsApp  sering bertanya mengapa WhatsApp tak dapat dibuka ataupun pesan yang selalu pending masuk ke WhatsApp. Tentu jawabannya macam-macam karena setiap pengguna Android mempunyai masalah yang berbeda-beda dan pada umumnya aplikasi WhatsApp yang error serta tak dapat dibuka biasanya muncul pesan bertuliskan “Unfortunately, WhatsApp Has Stopped” atau “Sayangnya WhatsApp Telah Berhenti”.

Sebenarnya penyebab mengenai masalah WhatsApp yang tak dapat dibuka atau muncul pesan error mugkin karena ada banyak cache yang menumpuk dan tak pernah kamu hapus. Penyebab lain juga bisa disebabkan memori RAM penuh akibat banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Cara mudah untuk mengatasinya kamu bisa praktikkan beberapa tips di bawah ini.

Hapus File Cache WhatsApp

clear cache aplikasi whatsapp

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghapus Cache splikasi WhatsApp. Cara ini memang bisa mempercepat waktu kamu dalam membuka aplikasi tertentu pada OS Android ataupun Windows.  Hal yang biasa terjadi adalah file cache dan history yang terlalu banyak dan menumpuk pada memori internal sehingga membuat smartphone menjadi lambat dan aplikasi terasa berat hingga terjadi error.

Maka dari itu ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghapus cache untuk mengatasi WhatsApp yang tak bisa dibuka.

  • Langkah pertama buka menu Pengaturan/Settings.
  • Arahkan ke menu Manajer Aplikasi /Apps atau sejenis.
  • Kemudian cari aplikasi “WhatsApp” .
  • Tekan tombol “Hapus Cache” lalu tunggu proses penghapusan cache berjalan.
  • Selesai.
Baca juga:  Harga LG Leon Update Terbaru 2017

Setelah kamu menghapus cache, bandingkan performa smartphone kamu ketika membuka atau menjalankan WhatsApp.

Paksa Berhenti Dan Hapus Data Whatsapp

Umumnya menghentikan dan menghapus data aplikasi akan membuat aplikasi tersebut kembali ke pengaturan default dan itu artinya semua file sementara WhatsApp akan hilang secara permanen seperti basis data, data login, history, cache, setelan, dan lainnya.

Setelah itu kamu akan diminta login kembali kamu bisa masukkan lagi nomor telepon yang kamu gunakan untuk mendaftar WhatsApp. Simak cara menghapus data WhatsApp berikut ini.

clear data aplikasi whatsapp

  • Langkah pertama buka menu Pengaturan .
  • Buka menu Manajer Aplikasi /Apps atau sejenis.
  • Lalu cari aplikasi “WhatsApp” .
  • Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data“.
  • Selesai.

Update Aplikasi WhatsApp ke Versi Terbaru

Jika WhatsApp Android kamu muncul pesan bertuliskan bahwa aplikasi WhatsApp telah kadaluarsa pada tanggal tertentu, maka kamu wajib melakukan update aplikasi WhatsApp Google Play Store.

Aplikasi WhatsApp yang kadaluarsa ini juga menjadi salah satu penyebab aplikasi WhatsApp tidak bisa dibuka.

  • Langkah pertama buka Google Play Store.
  • Lalu cari aplikasi WhatsApp di Google Play Store dan lakukan update pada aplikasi tersebut.
  • Tap tombol “Update” dan “Terima” pada pop-up yang muncul. Tunggu proses download selesai.
  • Selesai.

Install Ulang Aplikasi WhatsApp

Jika WhatsApp kamu masih error maka segeralah install ulang dengan aplikasi WhatsApp yang baru langsung dari Google Play Store.

Langsung saja menuju ke Manajer Aplikasi kemudian Uninstall WhatsApp. Selanjutnya kamu bisa mendownload ulang WhatsApp dari Google Play Store. Mudah kan? Bagaimana kalau tetap tidak bisa?

Bila ternyata kamu tidak bisa menginstall lagi aplikasi WhatsApp ada kemungkinan memori smartphone kamu penuh. Hapus beberapa aplikasi lain lalu kamu bisa mendoenload kembali aplikasi WhatsApp.

Bagaimana, sangat mudah bukan cara mengatasi WhatsApp yang tak bisa dibuka?

About Rian

SEO enthusiast.