Friday , November 24 2017

Cara Mudah Mengembalikan Pesan Whatsapp Yang Di Hapus

Cara Mudah Mengembalikan Pesan Whatsapp Yang Di Hapus

Cara Mudah Mengembalikan Pesan Whatsapp Yang Di Hapus – Mungkin kamu pernah melakukan hal-hal diluar dugaan seperti salah klik atau salah pencet yang menyebabkan pesan pada obrolan kamu di WhatasApp terhapus secara tidak sengaja.

Atau mungkin saja kamu ingin bernostalgia dengan membaca chat yang dulu-dulu di WhatsApp, seperti ingin mengulang kenangan dengan mantan, misalnya. Pada dasarnya WhatsApp memang tak menyimpan pesan secara online namun tahukah kamu jika smartphone kamu bisa menjadi penyimpanan pesan WhatsApp sehingga kamu dapat mengembalikan pesan pada WhatsApp yang sudah dihapus?

Yang perlu kamu tahu adalah WhatsApp tak menyimpan chat history kamu karena memang WhatsApp ingin menjaga privasi pengguna namun tak berarti kamu tak dapat merecovery pesan yang pernah di-delete di WhatsApp.

Bahkan beberapa smartphone bisa melakukan backup secara regular serta mengembalikan dengan cara yang mudah, utamanya dengan memanfaatkan fitur Google Drive. Kali ini kami akan mengulas mengenai cara mengembalikan chat kamu yang sudah terhapus di WhatsApp. Penasaran dengan seperti apakah caranya? Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya.

Cara Mengembalikan Pesan Whatsapp Pada Android

Pada smartphone Android WhatsApp biasanya sering melakukan backup serta menyimpan data backup di dalam folder WhatsApp pada smartphone Androidmu, bisa saja di memori internal ataupun eksternal tergantung pengaturan smartphone kamu. Ikuti cara-cara di bawah ini untuk mengembalikan pesan WhatsApp yang terhapus.

Dengan Menggunakan Recent Backup

Menggunakan Fitur Recent Backup

Recent Backup artinya adalah backup terbaru yang dibuat oleh WhatsApp. Langkah-langkah berikut ini biasanya akan membantu kamu untuk mendapatkan kembali pesan atau chat WhatsApp yang sudah terhapus.

  • Langkah pertama uninstall WhatsApp kamu
  • Setelah itu install kembali aplikasi whatsapp
  • Lalu ketika instalasi kamu akan di minta untuk restore your chat history, pilih saja Restore.
  • Tunggu beberapa saat
  • Dan chat yang kamu hapus telah kembali. Silakan cek!

Cara ini sangat mudah, namun ada beberapa catatan untuk melakukan cara ini seperti nomor telfon harus sama dari pertama backup chat, yang kedua chat yang di restore adalah chat yang belum terlalu lama dan yang ketiga jika kita tidak pernah melakukan backup maka kita tidak akan bisa melakukan cara ini.

Baca juga:  Fitur baru Android M yang wajib kamu tahu!

Restore Menggunakan  Google Drive

Dengan Menggunakan Google DriveDengan Menggunakan Google Drive

Bila kamu membackup pesan kamu pada Google Drive tentu kamu dapat menggunakan akun google untuk membackup dan merestore pesan pada WhatsApp.

Cara Restore Dengan Menggunakan  Google Drive :

  • Pertama-tama uninstall aplikasi WhatsApp.
  • Kemudian reinstall Aplikasi WhatsApp.
  • Selanjutnya pilih restore dari Google Drive.
  • Tunggu sebentar agar proses restore berjalan. Lama waktu yang dibutuhkan akan sangat bergantung pada kecepatan internet yang kamu gunakan.
  • Selesai.

Jika cara-cara di atas tidak berhasil maka kamu bisa menggunakan cara seperti di bawah ini :

Cara Restore Manual dengan File db

  • Langkah pertama uninstall aplikasi WhatsApp
  • Lalu pilih file backup yang biasanya terletak pada /sdcard/WhatsApp/Databases
  • Rename dari msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt8 menjadi msgstore.db.crypt8
  • Kemudian Reinstall WhatsApp
  • Pilih Restore ketika diminta.
  • Selesai. Biasanya restore manual ini lebih mudah karena kamu akan mendapati beberapa file yang memiliki tanggal backup yang berbeda. Kamu tinggal restore saja tanggal dimana pesan yang sudah terhapus ingin dibaca.

Demikan ulasan mengenai cara mengembalikan pesan WhatsApp yang sudah dihapus, semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu yang ingin melihat pesan yang sudah terhapus di aplikasi WhatsApp, sekian dan selamat mencoba !

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس