Cara Mudah Mengubah Website Jadi Aplikasi Android

cara membuat website menjadi aplikasi android
Pic: PCmag.com

Cara Mudah Mengubah Website Jadi Aplikasi Android – Saat ini berbagai aplikasi memang tersedia untuk kamu pengguna smartphone atau gadget Android. Walaupun begitu pengguna Android masih sering merasa tak puas dan mereka masih saja sering menemukan aplikasi yang dirasa dibutuhkan namun tak ada atau belum tersedia Google Play Store.

Memang tak sedikit pengguna Android yang geram dan seakan ingin membuat aplikasi sendiri namun tentu tak semudah itu untuk menjadi pembuat aplikasi, programmer, developer atau apapun profesi itu disebut karena membutuhkan skill khusus untuk bisa menciptakan sebuah aplikasi.

Jika kamu memang ingin membuat aplikasi secara instan maka kami punya solusinya, karena kali ini kami akan membagikan cara mudah untuk mengubah website jadi aplikasi Android. Bukan membuat aplikasi secara langsung tentunya namun kamu dapat menjadikan website atau situs yang kamu kunjungi sebagai aplikasi pada Android kamu.

Cara Mudah Mengubah Website Jadi Aplikasi Android

Cara Mudah Mengubah Website Jadi Aplikasi Android

Maka untuk dapat melakukannya kamu membutuhkan aplikasi yakni Firefox Quantum. Untuk bisa mengubah website menjadi aplikasi Android kamu perlu menggunakan Firefox for Android Beta karena di versi beta tersebut nyatanya bisa lebih banyak fitur keren dan salah satunya bisa kamu gunakan untuk mengubah website menjadi aplikasi. Penasaran dengan bagaimanakah cara melakukannya? Simak cara-caranya di bawah ini.

  • Langkah pertama download dan Install aplikasi Firefox for Android Beta dari Google Play Store.
  • Setelah terinstal, segera buka browser tersebut lalu masukkan alamat website yang ingin kamu tuju dan jadikan aplikasi Android. Sebagai catatan hanya beberapa website yang tergolong dalam Progressive Web App (PWA) yang bisa kamu ubah jadi aplikasi Android.

Cara Mudah Mengubah Website Jadi Aplikasi Android

  • Lalu masukkan alamat dan mengakses website, tekan ikon berbentuk rumah dengan tanda tambah yang terletak di sebelah kanan kolom untuk menambahkan website tersebut ke homescreen smartphonemu.
  • Lanjutkan dengan memilih “+ ADD TO HOME SCREEN“.
  • Kamu berhasil. Kamu sukses “membuat” sebuah aplikasi Android baru! Website yang kamu pilih tadi kini sudah sukses diubah jadi aplikasi Android alias bisa muncul di homescreen.
  • Selesai.

Bagaimana, caranya sangat mudah bukan? Demikianlah ulasan mengenai cara mudah untuk mengubah website menjadi aplikasi Android. Semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu yang ingin mengubah website menjadi aplikasi, sekian dan selamat mencoba !

About Rian

SEO enthusiast.