Tuesday , November 21 2017

Cara Mudah Menjadikan Kartu Memori Sebagai Penyimpanan Internal Android

Cara Mudah Menjadikan Kartu Memori Sebagai Penyimpanan Internal Android

Cara Mudah Menjadikan Kartu Memori Sebagai Penyimpanan Internal Android – Menurutmu masih penting gak sih keberadaan slot microSD pada smartphone? Memang harus diakui jika kartu memori menjadi penyelamat untuk pengguna smartphone yang membutuhkan penyimpanan lebih.

Terlebih untuk kamu yang menggunakan smartphone entry-level atau smartphone tipe lama yang dibekali dengan memori yang pas-pasan. Pasti memori eksternal sangat berguna ketika kamu gunakan untuk menyimpan foto, lagu, file, ataupun video. Namun sayangnya hanya sedikit aplikasi yang dapat dipindahkan ke kartu memori. Namun kamu tak perlu khawatir karena kami akan membagikan cara untuk menjadikan kartu memori untuk penyimpanan internal smartphone kamu.

Jangan resah jika smartphone kamu sudah menjalankan OS Android 6.0 Marshmallow karena kamu dapat mengubah kartu memori sebagai penyimpanan internal kamu. Penasaran dengan bagaimana cara serta kelebihan dan kekurangannya? Simak ulasan di berikut ini.

Cara Mudah Menjadikan Kartu Memori Sebagai Penyimpanan Internal Android

Fitur Adoptable Storage

Fitur Adoptable Storage

Fitur Adoptable Storage sudah tersedia di OS Android 6.0 Marshmallow yang memungkinkan kartu microSD digunakan untuk penyimpanan internal. Sebelumnya memang sudah ada beberapa cara untuk melakukan hal serupa, tapi tak mudah untuk diimplementasikan.

Kartu MicroSD Lambat

Tak sedikit vendor smartphone yang menolak untuk menyisipkan slot microSD karena alasan kartu memori itu lambat sehingga akan menurunkan experience. Hal tersebut memang ada benarnya juga sebenarnya karena kamu juga perlu memastikan kartu microSD yang kamu gunakan berkualitas baik itu dari kapasitas, kecepatan baca dan tulisnya.

Kartu MicroSD Lambat

Kamu juga harus memastikan microSD asli, bila kamu menggunakan microSD yang abal-abal bisa dipastikan performa smartphone kamu akan menurun dari waktu ke waktu. Tak hanya itu saja menjadikan kartu microSD sebagai memori internal juga berarti kamu tak dapat asal-asalan mencopotnya lagi karena harus melewati prosedur yang ada bila tidak maka media penyimpanan kamu bisa saja rusak.

Baca juga:  Spesifikasi dan Harga Blackberry Neon Desember 2016

Cara Menjadikan MicroSD Sebagai Memori Internal

Siapkan dulu kartu SD yang berkualitas dan pastikan kamu sudah back up data-data kamu di dalamnya karena prosesnya akan memformat kartu SD. Walaupun Adoptable Storage merupakan fitur bawaan Android 6.0 Marshmallow, produsen bisa saja menonaktifkan fitur tersebut, begini cara kerjanya :

  • Langkah pertama masukkan kartu microSD ke dalam smartphone Android kamu.
  • Setelah terdeteksi, buka “Settings“.
  • Scroll bawah dan klik “Storage“.
  • Lalu pilih kartu microSD kamu dan klik tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar.
  • Kemudian klik “Storage settings“.
  • Berikutnya pilih “Format as internal“.
  • Kamu akan diberi peringatan dan konfirmasi dengan klik “Erase & Format” dan klik OK untuk melanjutkan.

Demikianlah cara menjadikan kartu memori sebagai penyimpanan memori internal di smartphone Android kamu, semoga ulasan di atas dapat bermanfaat untuk kamu yang mencari cara ini atau yang menginginkan memori penyimpananmu bertambah, sekian dan selamat mencoba !

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس