Home / Tips n Trik / Cara Mudah Menyembunyikan Chat WhatsApp
cara menyembunyikan pesan whatsapp

Cara Mudah Menyembunyikan Chat WhatsApp

WhatsApp saat ini adalah aplikasi chat yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Dengan user interface yang sederhana, ringan serta fitur-fitur yang terus berkembang, WhatsApp menjadi aplikasi yang wajib ada pada smartphone, baik Android, iOS maupun Windows Phone.

Kini hampir setiap instansi, komunitas ataupun organisasi lain menggunakan WhatsApp dan WhatsApp sudah hampir menggantikan peran SMS. Seperti SMS atau panggilan telepon yang sering kita sembunyikan, pesan WhatsApp pun mungkin ingin kita sembunyikan untuk berbagai alasan. Pertanyaannya, bisa nggak sih pesan WhatsApp disembunyikan dan dijadikan rahasia gitu?

Tidak ada cara yang benar-benar bisa menyembunyikan pesan WhatsApp secara menyeluruh, namun ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk setidaknya tidak membiarkan pesan tersebut terbaca orang lain dengan mudah.

Menyembunyikan Pesan / Chat WhatsApp dengan Archive Chats

Fitur archive chat bisa kamu gunakan sebagai alternatif untuk menyembunyikan chat. Untuk menyimpan pesan dalam bentuk archive ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah pertama: Jalankan aplikasi WhatsApp, buka tab Chat kemudian tentukan pesan dari orang yang akan disembunyikan dalam bentuk archive.

Langkah kedua: Tekan dan tahan pesan tersebut sampai terbuka context menu.

Langkah ketiga: Dari menu tersebut tekan pilihan Archive Chats.

cara menyembunyikan whatsapp
Ilustrasi via beeboom.com

Secara otomatis pesan dari kontak tersebut akan tersimpan dalam bentuk archive. Saat ini pesan archive akan berada pada posisi paling bawah pada tab Chat WhatsApp. Artinya memang archive ini masih bisa diakses dengan sedikit usaha namun setidaknya pesan tersebut akan sedikit tersembunyi jika WhatsApp kamu memiliki puluhan atau ratusan percakapan.

Baca juga:  Menyembunyikan Status Online, Seen dan Tanda Pesan Terbaca pada WhatsApp Web

Sebagai catatan, pesan yang disimpan dalam bentuk archive ini akan secara otomatis muncul kembali ketika kamu menerima pesan dari kontak tersebut atau justru kamu yang mengirimkan pesan kepadanya.

Adapun jika kamu ingin mengembalikan pesan tersebut secara manual, kamu bisa melakukannya dengan membuka archive dari bagian paling bawah tab Chat kemudian pilih archive yang akan dikembalikan. Tekan dan tahan archive tersebut sampai muncul menu pilihan. Pilih Unarchive Chat dan pesan kamu akan dikembalikan pada posisi semula.

Menyembunyikan aplikasi WhatsApp dari App Drawer

Salah satu cara menyembunyikan pesan WhatsApp adalah dengan menyembunyikan aplikasi WhatsApp. Jika aplikasi WhatsApp saja disembunyikan sudah pasti pesan yang ada di dalamnya juga tidak terlihat.

Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan aplikasi Hide Apps guna menyembunyikan berbagai aplikasi, termasuk WhatsApp.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

cara-bbm-tetap-d-walau-sudah-dibaca

Inilah Cara Mudah Mengecilkan Font BBM Android

Inilah Cara Mudah Mengecilkan Font BBM Android – Selalu ada alasan mengapa sebuah aplikasi haruslah …

  • Estu Ria Dwi Yulianingsih

    Boleh dicoba ni 😛 main sembunyi2an

    • hayart

      Silahkan… :V
      Jangan lupa kunjungi artikel2 menarik lainnya ya