Saturday , November 25 2017

Cara Mudah Supaya Google Chrome Tak Boros Baterai

Cara Mudah Supaya Google Chrome Tak Boros Baterai
Cara Mudah Supaya Google Chrome Tak Boros Baterai

Cara Mudah Supaya Google Chrome Tak Boros Baterai – Google Chrome memang menjadi salah satu browser yang paling banyak serta paling populer yang ada di dunia. Dalam beberapa tahun terakhir Chrome sudah menguasai sebagian besar pangsa pasar dengan meninggalkan pesaingnya seperti Mozilla Firefox, Safari dan lainya. Dengan adanya fitur-fitur yang sederhana dan menawarkan kemudahan para penggunaanya.

Tapi ada sisi negatif yang dimiliki Chrome ini yakni browser yang satu ini dikenal sering menghabiskan baterai. Tak sedikit tes benchmark yang sudah membuktikan bahwa Chrome memang membuat baterai boros. Dalam beberapa tahun terakhir Microsoft melakukan riset untuk membuktikan hal tersebut yakni dengan melakukan tes baterai pada browser yang beda dan hasilnya memang Chrome terbukti boros baterai ketika diujicobakan pada Windows 10.

Sebenarnya hal tersebut bisa diatasi, untuk kamu yang penasaran dengan cara mencegah supaya Chrome tak membuat daya baterai laptop cepat habis maka simak cara-caranya di bawah ini.

Lakukan Secara Rutin Update

Google sudah mengambil langkah serius dalam meningkatkan browser menjadi lebih banyak power serta sumber daya yang efisien lewat update terbaru. Jadi usahakan browser selalu diperbarui sesegera mungkin setelah update tersedia. Buka “chrome:/help/” pada address bar untuk menemukan versi yang Chrome terbaru dan dari sana kamu bisa memeriksa serta melakukan pembaruan.

Disable Flash

Disable Flash

Di internet semua iklan pop-up serta elemen yang mengganggu atau mencolok lainnya membutuhkan Adobe Flash plugin untuk running. Ini juga berarti bahwa dengan menjalankan atau mengakses konten berbasis Flash kamu bisa mengatur kinerja sistem. Untuk meminimalisir hal ini dilakukan dengan memblokir plugin di Chrome dan menggunakan fitur fitur “Click to Play”’. Buka “chrome:/settings/”, lalu “Show Advanced Settings”. Klik ‘Content Settings‘ di bawah tab Privacy, scroll bawah dan pilih ‘Block sites running from Flash‘ untuk menonaktifkan Flash.

Baca juga:  Tips Mudah Agar Laptop Kamu Awet, Hindari Hal-Hal Ini!

Berhenti Running Chrome di Background

Berhenti Running Chrome di Background

Google Chrome akan terus running pada background walaupun kamu sudah menutup semua jendela Chrome. Hal ini tentu akan menjadikan RAM laptop terus bekerja yang menjadikan baterai cepat habis. Untuk menghentikan Google Chrome dari running di background kamu tinggal klik kanan pada ikon Chrome kecil di system tray atau task bar dan hapus centang pada opsi yang mengatakan “‘Let Google Chrome Run in Background” lalu klik “Exit” di bawahnya.

Hapus Ekstensi dan Apps yang Tak Digunakan

Hapus Ekstensi dan Apps yang Tak Digunakan

Menggunakan ekstensi mungkin bisa membuat kita menghemat waktu serta usaha. Beberapa dari ekstensi tersebut memang memiliki kegunaan tertentu namun ekstensi ini juga perlambat sistem serta menguras baterai dan untuk menghapus ekstensi yang tak digunakan cukup dengan buka “chrome://extensions” untuk melihat semua ekstensi yang sudah di-install dan berjalan. Dari sana kamu bisa menghapus atau menonaktifkan ekstensi-ekstensi tersebut.

Tutup Tab Yang Tak Digunakan

Tutup Tab Yang Tak Digunakan

Usahakan juga untuk segera menutup tab yang sudah tak digunakan, selain mengehemat batterai cara ini juga akan meminimalisir kamu dari crash antara satu tab dan tab lainnya.

Demikianlah ulasan mengenai cara mudah supaya Google Chrome tak boros baterai, semoga ulasan di atas bisa membantu kamu yang sering mengeluhkan mengenai Google Crome yang membuat boros baterai, sekian dan selamat mencoba !

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس