Monday , December 18 2017

Cara Print Dokumen dari Android dengan Google Cloud Print

cara print dokumen dari android
Print dokumen dari Android via greenbot.com

Terkadang kita membutuhkan data dalam bentuk hard copy dalam berbagai urusan. Meskipun kita sedang berada di dunia yang sedang mencoba menjadi paperless, namun kenyataanya kita tidak bisa lepas dari urusan print. Dan jika kamu terbiasa menyimpan data di smartphone, kamu mungkin memerlukan trik yang satu ini untuk mencetak data menggunakan Google Cloud Print.

Sekarang kamu bisa mencetak data atau file dari smartphone atau tablet Android dengan sangat mudah. Mengkoneksikan printer dengan Android pun kini bukanlah pekerjaan sulit. Kamu bisa menghubungkan printer dengan Google Cloud Print sebagai alternatif untuk melakukan print dokumen langsung dari Android.

Apa sih Google Cloud Print itu?

Google Cloud Print adalah cara yang paling mudah untuk mencetak dokumen dari Android. Caranya, hubungkan printer kamu dengan Google Cloud Print. Hal ini dilakukan agar kamu tetap bisa mengakses printer dimanapun kamu berada selama kamu login ke akun Google kamu. Dengan cara ini tentu saja kamu bisa melakukan perintah print dari manapun lokasimu.

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menghubungkan printer dengan Google Cloud Print dapat dilakukan dari komputer yang berada satu jaringan dengan printer yang akan dikoneksikan. Buka Google Chrome pada komputer kemudian masuk ke Settings -> Show Advanced Settings -> Google Cloud Print kemudian klik Manage.

menambahkan printer pada google cloud print dari android`

Pada bagian New Devices carilah printer yang ada pada jaringan yang sama dengan komputermu. Klik tombol Add Printer untuk menghubungkan printer dengan akun Google.

Baca juga:  Game Tekken Mobile Sudah Mulai Diluncurkan Untuk Android dan iOS

Jika printer yang kamu gunakan belum memiliki kemampuan untuk bekerja dengan Google Cloud Print, kamu tetap masih bisa menambahkannya pada Google Cloud Print. Kamu bisa melihat keterangan pada Google Help Page untuk mengetahui trik ekstra yang harus dilakukan.

Mencetak Dokumen dengan Google Cloud Print

Setelah printer kamu sudah dihubungkan dengan Google Cloud Print, sekarang saatnya kamu mencobanya untuk mencetak dokumen dari smartphone atau tablet Android. Sebagai contoh kamu dapat menggunakan aplikasi Gmail. Klik tombol option (tiga titik) pada sebelah kanan kemudian klik Print.

cara print langsung dari android

Tap pada pilihan Save as PDF dan pilihan yang terdiri dari printer yang kamu hubungkan dengan Google Cloud Print akan muncul. Pilih salah satu printer yang akan digunakan untuk mencetak dokumen.

Klik tombol Print yang berupa ikon printer dan printer yang kamu pilih akan mulai mencetak dokumen. Cara mencetak dokumen dari Android dengan Google Cloud Print ini sangatlah mudah. Jika kamu mempunyai cara lain untuk mencetak dokumen dari ponsel atau tablet android, kamu bisa menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat 😉

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس