Sunday , December 17 2017

Cara Recovery Notifikasi yang Hilang/Terhapus pada Android

Notifikasi pada smartphone android seringkali terisi dengan sangat cepat, dan kita biasa dengan mudah menghapus daftar notifikasi tanpa benar-benar mengecek apa isi dari notifikasi tersebut. Jika kamu sering melakukan hal tersebut dan kamu berpikir tidak sengaja menghapus notifikasi dari sesuatu yang sangat penting, ternyata kamu masih bisa mendapatkannya kembali.

Berikut ini adalah cara untuk mendapatkan kembali notifikasi Android dengan cara recovery notifikasi. Sebenarnya bukan recovery notifikasi yang kita lakukan, akan tetapi lebih tepatnya kita mengakses history dari notifikasi pada Android.

Notifikasi pada Android ternyata tersimpan pada sebuah log yang disebut notification log. Disini kamu bisa melihat daftar notifikasi yang telah terhapus. Notification log ini hanya tersedia pada Android 4.3 Jellybean dan setelahnya. Berikut ini adalah cara untuk mengakses notification log pada Android 5.0 Lollipop yang kami nukilkan dari androidPIT.com dan juga pada Android 4.4 Kitkat.

Untuk mendapatkan daftar notifikasi lengkap pada Android, berikut ini adalah langkah langkah untuk melakukannya.

Cara Melihat Notifikasi yang Terhapus Android

Langkah pertama: Tap dan tahan area kosong pada home screen smartphone Androidmu, kemudian pilih Widget.

Langkah kedua: Geser atau swipe daftar widget yang ada sampai kamu menemukan Settings shortcut widget.

Baca juga:  Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pengguna Android

Langkah ketiga: Tekan dan tahan widget Settings shortcut kemudian tarik ke home screen Androidmu.

Langkah keempat: Kemudian akan muncul pengaturan Settings shortcut, geser ke bawah cari Notification log atau notification saja. Tap pada pilihan tersebut.

notification log
Melihat log notifikasi pada Android

Langkah kelima: Pada home screen akan muncul sebuah shortcut baru untuk mengakses Notification log. Tap shortcut tersebut untuk melihat history dari notifikasi yang ada pada ponsel Android yang kamu pakai.

Disini kamu dapat melihat notifikasi aktif yang berwarna putih dan notifikasi yang sudah terhapus diberi warna abu-abu. Kamu dapat melihat notifikasi apa saja yang ada pada ponsel kamu seperti biasanya dalam daftar yang cukup panjang.

Notification log ini cukup membantu apabila kamu merasa ada sebuah notifikasi penting dan ternyata kamu belum sempat membaca notifikasi tersebut.

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس