Home / Tips n Trik / Cara Reset Windows 10 ke Default Factory Settings

Cara Reset Windows 10 ke Default Factory Settings

Bukan rahasia lagi jika perangkat komputer atau smartphone pasti akan mengalami penurunan performa seiring dengan pemakaian dalam jangka waktu yang lama, tidak terkecuali dengan sistem Windows 10 yang membuat kita tidak bisa lagi menggunakan potensi maksimal PC atau Laptop. Hal ini bisa terjadi karena beberapa alasan, misalnya terlalu banyak menginstall program, tidak meng-uninstall program dengan benar, infeksi virus atau malware dan lain sebagainya. Ketika sistem Windows kita mulai tidak stabil dan tidak nyaman lagi digunakan, kita pasti pertama kali berpikir untuk menginstall ulang sistem untuk menyelesaikan semua masalah.

Namun kini kita tidak perlu bersusah payah untuk menginstall ulang PC atau laptop ketika kita menemui masalah. Windows 10 kini telah memiliki fitur yang memungkinkan kamu untuk me-reset sistem ke default factory settings, mirip dengan yang sering kita temui pada ponsel. Cara ini jelas lebih cepat dan lebih baik dibandingkan dengan menginstall ulang sistem operasi.

Seperti yang sudah disebutkan pada paragraf di atas, reset factory settings Windows 10 sama persis dengan yang ada pada ponsel. Ketika kita memutuskan untuk melakukan reset factory settings, kita akan kehilangan software yang terinstall dan pengaturan maupun konfigurasi sistem yang sudah kita buat. Meskipun begitu, kita mendapatkan pilihan untuk tetap mempertahankan file yang ada pada drive C atau memilih untuk menghapus semua data pada drive C. Jadi, sebelum kita memutuskan untuk melakukan reset factory settings, kita wajib membackup pengaturan program dan personal settings jika memungkinkan.

Reset Windows 10 ke pengaturan default sangatlah mudah dan cepat. Untuk melakukannya, klik icon Notifications pada taskbar kemudian pilih “All Settings“.

Baca juga:  Cara Melihat Konsumsi Baterai oleh Aplikasi pada Windows 10

Setelah panel settings terbuka, scroll ke bawah kemudian pilih “Update and Security“.

Pada jendela Update and Security, pilih opsi “Recovery” pada panel sebelah kini dan klik tombol “Get Started” pada bagian “Reset this PC”.

Selanjutnya kamu akan dihadapkan pada layar yang berisi dua pilihan, yaitu kamu bisa menghapus semuanya termasuk file personal kamu atau kamu bisa mempertahankan file personal tetapi menghapus file lainnya termasuk program yang terinstall dan konfigurasi pengaturan sistem. Kamu wajib memilih salah satu diantara keduanya.

Agar semua datamu tetap aman, lebih baik kamu memilih Keep My Files. Selanjutnya Windows akan melakukan scanning PC kamu dan mendata program apa saja yang akan dihapus selama proses reset. Windows akan menyimpan daftar aplikasi yang terhapus dan kamu bisa mengakses daftar tersebut ketika proses reset telah selesai. Klin Next untuk melanjutkan.

Selanjutnya Windows akan menginformasikan bahwa proses selanjutnya adalah sistem akan menginstall ulang Windows 10 tanpa menghapus file dan folder personal. Klik tombol “Reset” untuk memulai proses reset Windows 10.

Windows akan menjalankan proses reset dan akan me-restore Windows 10 kamu seperti pada saat pertama kali di-install. Setelah selesai, kamu bisa mengakses daftar software yang dihapus dari desktop sehingga kamu bisa menginstall kembali program-program dalam daftar tersebut dengan mudah.

Baca Artikel Menarik Lainnya :

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Cara Mengatasi Memori RAM Android Yang Cepat Penuh

Cara Mengatasi Memori RAM Android Yang Cepat Penuh

Tips Cara Mengatasi Memori RAM Android Yang Cepat Penuh – Seperti halnya Komputer, smartphone Android juga …