Home / Tips n Trik / Cara Selalu Menjalankan Powershell sebagai Administrator Windows 10

Cara Selalu Menjalankan Powershell sebagai Administrator Windows 10

Powershell adalah fitur baru yang diperkenalkan oleh Windows 10. Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan Powershell. Kita tidak hanya bisa mengatur package yang ada pada Windows 10 akan tetapi kita juga bisa menggunakan Powershell untuk menggantikan Command Prompt. Sama halnya dengan Command Prompt, kamu bisa menjalankan Powershell sebagai user biasa atau dengan hak akses administrator.

Ada sedikit perbedaan yang kita dapatkan ketika menjalankan Powershell dengan Administrator atau sebagai user biasa. Beberapa perintah bahkan hanya bisa dijalankan ketika kita menggunakan kewenangan Administrator. Untuk itu, ada trik yang bisa kita lakukan agar Powershell selalu dijalankan sebagai Administrator. Caranya adalah dengan mengubah shortcut yang ada pada taskbar.

Cara Membuat Powershell Selalu Dijalankan Sebagai Administrator

Untuk membuat powershell selalu dengan akses administrator ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah pertama: Pin Powershell pada taskbar. Caranya, cari Powershell melalui Windows search kemudian cari pada daftar Apps yang ada pada Start Menu. Klik kanan pada Powershell kemudian pilih Pin to Taskbar.

Pin to taskbar Powershell
Pin Powershell pada taskbar

Langkah kedua: Setelah Powershell telah berada pada taskbar, klik kanan pada ikon Powershell untuk membuka daftar list shorcut untuk Powershell. Klik kanan pada Windows Powershell lagi kemudian pilih Properties.

powershell properties
Powershell Properties

Langkah ketiga: Jendela properties akan terbuka pada tab shortcut. Klik tombol Advanced pada bagian bawah untuk membuka jendela Advanced Properties. Aktifkan opsi Run as Administrator kemudian klik OK.

Baca juga:  Cara Mengatur Prioritas Notifikasi Windows 10
Taskbar Shortcut Properties
Taskbar Shortcut Properties

Langkah keepat: Jangan lupa klik Apply pada jendela Properties untuk memastikan apa yang telah kita ubah telah diaktifkan pada system.

Selanjutnya, ketika kita menjalankan Powershell langsung dari shortcut yang ada pada taskbar, maka secara otomatis kita akan menjalankan Powershell dengan kewenangan Administrator.

Cukup mudah untuk menjalankan powershell dengan Administrator secara terus-menerus. Hanya dengan beberapa langkah di atas untuk mengubah pengaturan taskbar, maka semua perintah pada powershell dapat kita jalankan. Hal ini berbeda jika kita menjalankan Powershell sebagai Administrator terlebih dahulu baru kemudian meletakkannya pada taskbar.

Punya cara lain untuk melakukan trik ini? Berikan komentarmu pada kolom di bawah ini!

Baca Artikel Menarik Lainnya :

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Cara Mengatasi Memori RAM Android Yang Cepat Penuh

Cara Mengatasi Memori RAM Android Yang Cepat Penuh

Tips Cara Mengatasi Memori RAM Android Yang Cepat Penuh –¬†Seperti halnya Komputer, smartphone Android juga …

  • Halla Abin

    Terima kasih banyak …..