Cara Ubah Video Menjadi GIF Dengan WhatsApp

Cara Ubah Video menjadi GIF Dengan WhatsApp

Cara Ubah Video menjadi GIF Dengan WhatsApp – Aplikasi perpesanan WhatsApp memang saat ini sangat banyak sekali digunakan mengingat kemudahan dan kinerjanya yang memuaskan banyak orang. WhatsApp memang dibekali user interface yang sederhana dan performanya pun cukup stabil di luar beberapa kejadian ketika server WhatsApp down. Selebihnya, fitur-fitur yang diberikan WhatsApp terbukti mampu menjadi daya tarik tersendiri sehingga pengguna WhatsApp pun meningkat.

WhatsApp menjadi pilihan banyak orang terlebih sejak dihadirkannya fitur WhatsApp Group yang memaksa orang yang berada dalam sebuah kelompok atau organisasi harus mempunyai WhatsApp. Di luar itu, WhatsApp memang menawarkan berbagai fitur yang membuatnya semakin menarik. Fitur yang tergolong baru adalah WhatsApp Status, yang merupakan Instagram Stories ala WhatsApp.

Membuat status WhatsApp memang menyenangkan, terlebih jika banyak teman kamu yang merespon status yang kamu buat. Status memang bisa kita buat baik foto ataupun video. Permasalahannya video yang ingin kita buat memiliki kapasitas yang cukup besar sehingga membutuhkan kuota yang lebih besar serta waktu unggah yang lebih lama pula.

Solusinya adalah dengan mengubah video menjadi GIF pada saat membuat status ataupun mengirimkan video kepada kawan dengan WhatsApp. Bagaimana caranya?

Cara Mengubah Video menjadi GIF Dengan WhatsApp

Menggunakan format GIF untuk upload video pendek pada status pastinya akan membuat kita berhemat kuota dan juga waktu upload video. GIF memang cocok untuk menggantikan video pendek dan GIF bisa kamu gunakan untuk langsung dikirimkan pada percakapan ataupun untuk membuat status.

  • Langkah pertama adalah jalankan aplikasi WhatsApp kemudian pilih salah satu kontak untuk memulai percakapan.
  • Lalu pilih opsi Attach yang berbentuk ikon paperclip lalu selanjutnya pilih Gallery.
  • Kemudian tentukan file video yang ingin diubah ke dalam GIF.
  • Setelah memilih video, kamu secara otomatis akan dibawa ke halaman Video Editor WhatsApp.
  • Selajutnya tekan ikon GIF yang ada di bagian kanan atas di sebelah icon camcorder hingga tombol GIF aktif.
Baca juga:  Cara Gunakan WhatsApp Web di Smartphone Android

cara membuat GIF pada video whatsapp

  • Dengan demikian kamu sudah bisa membuat sebuah GIF dari video yang kamu pilih tadi.
  • Potong video tepat pada momen yang ingin dijadikan GIF dan yang perlu dicatat bahwa durasi GIF yang bisa digunakan hanya mencapai 6 detik.
  • Setelah selesai, GIF tersebut dapat langsung kamu kirimkan pada teman-mu. Langkah serupa bisa kamu praktekkan pada saat pembuatan status WhatsApp.

Format GIF memang dapat membuat kita berhemat dalam hal kapasitas media penyimpanan karena pastinya lebih kecil dari format video. GIF juga bisa kamu gunakan untuk membuat potongan kecil momen-momen dari video yang kamu punya serta bisa digunakan berulang kali.

Bagaimana, caranya sangat mudah bukan? Semoga dapat membantu kamu yang ingin menggunakan GIF pada percakapan ataupun status WhatsApp ya, gaes!

About Rian

SEO enthusiast.