Tuesday , August 22 2017

Cara Untuk Mengatasi Smartphone yang Kehujanan

mengatasi smartphone basah kehujanan

Cara Untuk Mengatasi Smartphone yang Kehujanan – Memang sangat menyebalkan jika smartphone kamu terkena air dan dengan demikian maka imbasnya smartphone kamu bisa menjadi rusak dan kamu harus membawanya ke service center yang pasti akan mengeluarkan biaya. Yang lebih fatal bahkan bisa saja smartphone kamu rusak dan kamu harus membeli smartphone baru.

Mengingat cuaca di negara kita yang mulai tak menentu, yang awalnya sangat panas tiba-tiba menjadi mendung dan hujan lebat. Hujan saat ini memang tak bisa diperkirakan dan ditambah lagi jika kamu belum persiapan maka tamatlah sudah. Tapi tenang kami disini akan memberi cara agar kamu bisa mengatasi smartphone saat kehujanan.

Pada saat smartphone kamu basah tercebur air atau basah karena kehujaan maka agar smartphone kamu bisa terselamatkan dan bisa digunakan lagi tanpa harus membeli smartphone baru adalah dengan cara-cara berikut.

Cara Mengatasi Smartphone Kehujanan:

Jauhkan Smartphone Dari Tempat Basah dan Segera Matikan

Langkah pertama yang harus kamu ambil ketika smartphone kamu tercebur dalam air atau kehujanan saat di jalan karena mungkin kamu menyimpan smartphone kamu di saku atau tas. Jika tas atau saku kamu basah maka segeralah pindahkan smartphone yang kamu miliki ke tempat lain yang lebih kering dan segeralah matikan smartphone kamu.

Jauhkan Smartphone Dari Tempat Basah dan Segera Matikan

Lalu yang perlu kamu ketahui lagi adalah meski tidak terlihat smartphone kamu terkena air hujan dengan parah, segera matikanlah smartphone kamu karena hal ini bertujuan untuk menghentikan aktifitas kelistrikan atau aliran listrik pada smartphone untuk menghindari terjadinya korsleting pada smartphone kamu.

Copot Semua Komponen Yang Terpasang Pada Smartphone

Pada saat smartphone kamu benar-benar basah karena air hujan maka langkah selanjutnya adalah segeralah melepas semua komponen yang terpasang pada smartphone kamu. Eitss yang dimaksud komponen disini bukan komponen mesin yaa namun komponen seperti baterai, kartu SIM dan microSD. Khusus untuk smartphone dengan baterai non removable kamu bisa mematikan smartphone dan mencopot hard case, dan microSD dan kartu SIM.

Copot semua Komponen Yang Terpasang Pada Smartphone

Langkah ini bertujuan untuk mengatasi smartphone yang kehujanan untuk menyelamatkan data-data pribadi microSD atau kartu SIM kamu supaya dalam hal ini bila smartphone kamu tidak bisa terselamatkan, kamu masih memiliki data yang dapat kamu gunakan ke depannya dengan smartphone lain. So sad, ya.

Baca juga:  Motorola Moto Z2 Play Kamera Selfie Dengan LED Flash Terbaru 2017

Keringkan Semua Bagian Di Smartphonemu

Nahh langkah selanjutnya adalah dengan segeralah mengeringkan smartphone kamu yang terkena air hujan tadi. Bisa semua komponen yang sudah terpasang kamu lepaskan kemudian cobalah keringkan dengan menggunakan kain halus, tissue toilet atau handuk.
Keringkan Semua Bagian Di Smartphonemu
Pada bagian mesin smartphone yang kehujanan kamu bisa menggunakan vacuum cleaner atau penghisap debu keyboard atau juga kipas komputer. Namun jangan terlalu terlalu dekat karena permukaan mesin karena bisa menyebabkan beberapa komponen di dalamnya menjadi longggar dengan cara demikian.

Simpan Smartphone Ke Dalam Tempat Berisi Beras

Langkah selanjutnya adalah dengan memasukan bagian mesin smartphone serta bagian lain yang sudah kamu pisahkan kedalam tempat yang berisikan beras. Kemudian diamkanlah selama 27-72 jam. SIM Card dan Kartu memori kamu juga dapat menggunkan cara yang sama,tapi dalam tempat yang lebih kecil serta dengan waktu yang lebih singkat tentunya.

Simpan Smartphone Ke Dalam Tempat Berisi Beras

Yang perlu diingat adalah ketika menyimpan smartphone yang kebasahan ke dalam beras hanyalah salah satu usaha untuk menjadikan smartphone kamu kering seperuhnya dan bukan cara pasti untuk menyelamatkan smartphone yang terkena air atau kehujanan.

Pastikan Kembali Smartphonemu Sudah Kering Sebelum Menyalakannya

Pastikan Kembali Smartphonemu
Sebelum kamu memasang semua komponen smartphone, pastikan kembali bahwa smartphone kamu benar-benar kering dan pasang kembali semua komponen smartphonemu. Nyalakan smartphone kamu dan lihat apakah smartphone kamu bisa nyala kembali atau tidak?

Bila memang ternyata pada saat baterai dipasangkan tidak dapat menyala maka cobalah hubungkan smartphone kamu dengan charger tapi dalam keadaan tanpa baterai. Jika ternyata smartphone kamu dapat menyala saat dicharger tanpa baterai mungkin itu tandanya kamu harus membeli baterai yang baru.

Demikianlah cara-cara untuk mengatasi secara cepat smartphone yang tercebur dalam air atau smartphone yang kehujanan, semoga ulasan diatas dapat menjadi sumber informasi yang bermanfaat bagi kamu yang sedang mengalami hal ini, sekian dan terima kasih.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Cara Mudah Menambah RAM di PC Atau Laptop Tanpa Software

Cara Mudah Menambah RAM di PC Atau Laptop Tanpa Biaya

Cara Mudah Menambah RAM di PC Atau Laptop Tanpa Software – Random Access Memory atau …