Ciri-Ciri Aplikasi Malware Pada Smartphone Android

Ciri-Ciri Aplikasi Malware di Smartphone Android

Ciri-Ciri Aplikasi Malware di Smartphone Android – Android merupakan sistem operasi yang mendominasi pengguna smartphone di dunia didukung dengan marketplace aplikasi yang besar, yakni Google Play Store. Untuk saat ini sudah ada lebih dari 2,6 juta aplikasi yang ada di Google Play Store, namun tak semua aplikasi tersebut gratis karena ada beberapa aplikasi berbayar yang bisa kamu beli untuk menjadikan smartphone yang kamu miliki makin keren.

Ya memang benar yang namanya gratisan itu memang lebih enak karena kita tak perlu mengeluarkan sepeser pun untuk menggunakannya. Namun yang harus digarisbawahi adalah  kamu juga harus hati-hati dan harus memperhatikan ciri-ciri aplikasi yang membawa malware karena ada banyak aplikasi gratis di Google Play Store yang berpotensi untuk membawa malware yang bisa saja mencuri data-data di smartphonemu.

Ciri-ciri Aplikasi Pembawa Malware

Mungkin saja kamu merasa tak puas dengan Google Play Store dan memutuskan mencari file APK di toko aplikasi lain padahal bisa saja aplikasi itu akan mencuri data-data kamu. Untuk itu supaya lebih aman maka simak ciri-ciri aplikasi yang merupakan malware berikut ini.

Tidak Tersedia di Google Play

Tidak Ada di Google Play

Sebenarnya ada beberapa aplikasi Android terbaik yang tak masuk di Google Play Store karena dianggap menyalahi aturan Google dan kamu bisa menemukannya di tempat lain. Namun apakah benar itu benar-benar aman dari Malware? Karena aplikasi tersebut tak dikurasi Google sama sekali dan mengingat aplikasi yang ada di Google Play Store saja belum tentu aman apalagi aplikasi yang tak dikurasi atau ditolak Google.

Untuk itu selalu berhati-hatilah dalam memilih aplikasi.

Baca juga:  Wiko U Feel Fab Baterai Jumbo Update Terbaru 2017

Permintaan Akses Yang Mencurigakan

Permintaan Akses Yang Mencurigakan

Saat ingin menginstall aplikasi pasti akan ada permintaan akses ke fungsi-fungsi lain di smartphone seperti kamera, galeri, kontak, hingga lokasi. Maka bila kamu menemukan perminataan akses yang tak masuk akal segeralah batalkan instalasi tersebut dan cobalah cari aplikasi lainnya.

Perhatikan Jumlah Install

Perhatikan Jumlah Install

Semakin banyak yang melakukan install suatu aplikasi maka akan semakin banyak pengguna dan semakin baik juga reputasi aplikasi tersebut. Tapi bila angka yang menginstal tergolong sedikit maka kamu wajib waspada karena bisa saja ada virus atau hal berbahaya lain yang ada di dalamnya.

Memaksa Minta Akses Admin

Dari beberapa aplikasi Android memang banyak yang membutuhkan akses Administrator supaya bisa digunakan dengan baik, namun meski tak diberikan akses akan bisa digunakan hanya terbatas. Nah bila ada yang memaksa untuk memnita akses Admin maka kamu wajib curiga belum lagi bila aplikasi itu berasal dari sumber yang tak jelas.

Deskripsi Yang Tak Jelas

Selalu perhatikan deskripsi dan review yang jelas pada aplikasi yang akan kamu install, karena hal ini berkaitan dengan informasi siapa yang bertanggungjawab pada aplikasi tersebut. Kamu patut curiga bila informasi yang diberikan pada deskripsi tak jelas, misalnya nama perusahaan yang abal-abal atau email yang tak wajar.

Demikianlah ulasan mengenai ciri-ciri aplikasi malware yang ada di smartphone Android,semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu yang takut ketika ingin menginstal aplikasi apakah ada malwarenya atau tidak, sekian dan selamat mencoba !

About Rian

SEO enthusiast.