Friday , September 22 2017

Fakta-Fakta Mengejutkan dari Xiaomi yang Pasti Belum Kamu Ketahui

Xiaomi Mi 5s Plus
Xiaomi Mi 5s Plus

Fakta-Fakta Mengejutkan dari Xiaomi yang Pasti Belum Kamu Ketahui – Nama Xiaomi mungkin saat ini sudah familiar di telinga kita namun tahukah kamu bahwa perusahaan yang bergerak di bidang teknlogi khususnya dalam memproduksi barang elektronik dan perangkat smartphone ini berasal dari negeri tirai bambu dan tergolong belum berumur panjang? Pasalnya pabrikan elektronik ini baru didirikan pada 2010 ini dan hingga sekarang Xiaomi telah dikenal di seluruh penjuru dunia.

Namun tahukah kamu bahwa Xiaomi memiliki fakta-fakta yang mencengangkan, maka untuk kali ini kita akan membahas mengenai fakta-fakta menarik yang belum kamu ketahui pastinya. Penasaran dengan fakta-fakta menarik dari Xiaomi ini? Simak fakta-faktanya di bawah ini.

Fakta-Fakta Mengejutkan dari Xiaomi yang Pasti Belum Kamu Ketahui

Dibalik Nama yang Masih Misterius

Nama dari Xiaomi sendiri dibuat dengan menggunakan bahasa China, namun apakah kamu tahu bahwa orang China sendiri pun kesusahan dalam mengartikan atau menerjemahkan nama Xiaomi tersebut. Beberapa orang China yang ditanya mengenai nama Xiaomi dan mereka menjawab bahawa dua karakter 小 米 (Xiao dan Mi) secara harfiah mempunyai arti nasi sedikit. Mungkin vendor Xiaomi ini memiliki tujuan lain di balik penggunaan nama tersebut yang belum banyak diketahui oleh kebanyakan orang.

Memiliki Pegawai Yang Berpengalaman

Mempunyai rekan bisnis atau memiliki jaringan memang sangat berguna dan penting untuk membangun perusahaan yang baik. Tak terkecuali untuk perusahaan yang satu ini. Pada tahun 2013 lalu Hugo Barra berhasil merekrut mantan manajer produk Google dan manager pengembang Andoid untuk menjadi wakil presiden Xiaomi. Dan pada tahun berikutnya 2014 Xiaomi berhasil merekrut 1 dari 3 pendiri Aplle yaitu Steve Wozniak. Kira-kira itulah beberapa deretan nama dengan pengalaman yang tidak diragukan lagi yang berhasil direkrut oleh Xiaomi.

Perusahaan yang Memiliki “Banyak Produk”

Tak heran jika kita mendengar kata LG, Samsung dan Sony dengan berbagai jenis produk ciptaan mereka. Namun kamu pasti bertanya-tanya untuk perusahaan elektronik yang belum lama berdiri ini. Dan perusahaan Xiaomi ini telah memilki beberapa jenis produk. Sejauh ini Xiaomi telah memproduksi smartphone, smartwatch, tablet, drone, smart TV, laptop, headset, mouse dan masih banyak lagi. Bahkan beredar kabar bahwa belum lama ini Xiaomi telah menciptakan Masker Canggih Ramah lingkungan (Anti polusi).

Xiaomi Pernah Dituduh Menjadi Mata-Mata

Mungkin kamu pernah mendengar bahwa sebagian besar smartphone yang dibuat oleh China mempunyai semacam software mata-mata yang tertanam di ponsel. Pada tahun 2014 telah terdeteksi spyware yang dianggap sebagai alat mata-mata pada perangkat Xiaomi Redmi Note dan Xiaomi Redmi 1S.

Baca juga:  Cara Meningkatkan Kembali Kapasitas Baterai Android yang Mulai Drop

Tapi pada tahun 2015 sebuah perusahaan dinegara Jerman bernama G Data, mengumumkan bahwa hal tersebut umum terjadi, dan Xiaomi pun berhasil mendapatkan reputasinya lagi.

Sejarah Perusahan Yang Fenomenal

Perusahaan yang berawal dari usaha startup kecil dan hanya memiliki anggota sekitan 30an orang saja. Tapi untuk saat ini Xiaomi telah menjelma menjadi perusahaan yang bisa dibilang sangat sukses. Bahkan saat ini Xiaomi memiliki omset sekitar US$20 milyar.

Pendapatan tersebut cukup banyak untuk suatu perusahaan baru sehingga Xiaomi terus tumbuh dan berkembang dengan cepat. Untuk saat ini perusahaan ini sudah memiliki karyawan berjumlah 8000 orang.

Perusahaan Yang Fokus pada Sektor Pasar Menengah Ke Bawah

Seperti yang sudah diketahui secara leluasa bahwa Xiaomi selalu memasarkan produk-produknya dengan harga yang tergolong murah. Perlu diketahui juga bahwa Xiaomi juga menjual perangkatnya dengan harga yang mendekati biaya produksi. Xiaomi juga fokus dalam penjualan berbasis online dan sangat jarang mendirikan sebuah toko.

Perbedaan Antara Keuntungan dan Pendapatan

Meski bisa dikatakan bahwa pendapatan dari Xiaomi tergolong besar, Namun hal tersebut tak sebanding dalam segi keuntungan yang didapatkan. Hal ini terjadi mungkin karena Xiaomi menggunakan semboyan “menciptakan produk premium tetapi memiliki harga yang murah”. Salah satu contohnya pada tahun 2013 Xiaomi hanya mendapatkan untuk sebesar US$56 Juta dari jumlah pendapatan hingga US$4,3 miliar. Memang sangat kecil keuntungannya jika dihitung dalam hal keuntungan. Itulah salah satu sebab mengapa smartphone China memiliki harga yang dibandrol murah.

Contohnya saja, Xiaomi Redmi 4 dibandrol sangat murah jika dibandingkan dengan smartphone di level yang sama dari vendor lain.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai fakta-fakta dari Xiaomi yang pasti belum kamu ketahui, semoga ulasan mengenai fakta-fakta menarik Xiaomi ini dapat bermanfaat bagi kita semua, sekian ulasan ini semoga bermanfaat dan terima kasih.

About Rian

SEO enthusiast.