Saturday , November 25 2017

Fakta Kecepatan Koneksi Internet: Perbedaan Mbps dengan MBps

Fakta Kecepatan Koneksi Internet: Perbedaan Mbps dengan MBps

Fakta Kecepatan Koneksi Internet: Perbedaan Mbps dengan MBps – Pada setiap iklan paket internet operator seluler kamu pasti sangat sering melihat mereka menyertakan juga kecepatan internetnya. Tak cuma dari segi harga yang murah saja, kamu pasti juga mengingnkan paket data internet yang menawarkan internet yang bersifat cepat dan stabil ya kan? Memang hal ini wajar terjadi karena internet murah dan cepat merupakan idaman semua orang.

Namun pasti tak sedikit dari kita yang seolah ingin protes atau merasa heran kenapa kecepatan internet yang kita dapatkan tak sesuai dengan iklan yang terpampang. Kenapa bisa begitu? Sebenarnya jawabannya simple saja sih, mungkin kamu belum mengetahui perbedaan kecepatan internet MBps dan Mbps.

Perbedaan Kecepatan Internet

Saat kamu melihat iklan paket data internet yang menuliskan kecepatan up to 3,2 Mbps jika dibandingkan dengan 389,5 KBps manakah yang akan kamu pilih? Pasti kamu akan memiliki yang 389,5 KBps kan? Padahal keduanya mempunyai kecepatan internet yang sama besar lho, kok bisa? Jadi gini penjelasannya.

Penyebab Internet Lambat Dari Perbedaan Mbps dengan MBps

Bedanya Mbps dan KBps

Bila kamu mendapatkan kecepatan internet yang kamu terima lebih lambat dari pada yang terpampang pada iklan, kamu tak perlu marah-marah atau langsung kecewa dulu, karena jika kamu melihat dari daftarnya kamu pasti akan mengerti. Simak tabel berikut ini tentang satuan arti kecepatan koneksi internet:

Satuan Arti

 MBps  Mega Byte per second
 Mbps  Mega bit per second
 KBps  Kilo Byte per second
 Kbps  Kilo bit per second
 MB  Mega Bytes untuk besaran file
 B  byte
 b  bit
 1 byte  8 bit

Jadi meskipun terlihat serupa tapi tentu saja nilainya tak sama, antara Mbps dan MBps masing-masing memiliki makna dan sifat yang berbeda. Bisa jadi kamu selama ini salah dalam mengartikan iklan yang kamu lihat tersebut, sehingga kamu ngamuk dan kecewa saat internet yang kamu gunakan lambat.

Baca juga:  Spesifikasi Dan Harga Evercoss A7V Asli Indonesia Terbaru Januari 2017

Contohnya ketika kamu berlangganan  memilih paket data internet yang menawarkan kecepatan download yang mencapai 195 Mbps, maka artinya kamu akan mendapatkan kecepatan yang sama dan sesuai. Jika diartikan 195Mbps = 195000kbps, ini sama artinya dengan 195000/8 = 24.375 KBps atau sekitar 24MBps. Jadi saat kamu mendownload file kecepatan per detik dari file yang kamu download maksimalnya adalah 24MB per detik, bukan 195MB per detik.

Penyebab Internet Lambat Dari Perbedaan Mbps dengan MBps
Mengapa para operator seluler memilih untuk menggunakan angka 195Mbps daripada angka 24MBps? Padahal keduanya memiliki kecepatan yang sama, hanya saja ketika kamu melihat angkanya jelas akan menjadikan kamu tertarik karena terlihat lebih besar dan lebih cepat, kan? Itu bukanlah hal yang menipu, sebenarnya itu adalah strategi pemasaran dari operator seluler saja.

Jadi, faktanya memang kecepatan internet dari operator seluler lebih menekankan angka yang besar ketimbang menggunakan satuan yang besar pula. Kamu tinggal memilih operator seluler yang benar-benar stabil memberikan pelayanan terbaik daripada memilih yang seolah-olah mempunyai koneksi yang cepat namun ternyata zonk. Semoga bermanfaat!

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس