Wednesday , June 28 2017

Fitur-Fitur Berguna Dari Smartphone Yang Semakin Hari Semakin Menghilang

Fitur-Fitur Berguna Dari Smartphone Yang Semakin Hari Semakin Menghilang – Dengan semakin berkembangnya smartphone saat ini menjadikan berbagai inovasi dan kreatifitas dari setiap produsen bermunculan. Namun semua hal-hal tersebut tidak selalu disambut baik oleh setiap konsumen. Salah satu contohnya adalah ketika Apple berinovasi pada iPhone 7-nya yang menghapus atau menghilangkan port 3,5mm Headphone Jack.

Mungkin inovasi tersebut adalah awal dari yang lama kelamaan akan hilang sepenuhnya. Inovasi smartphone memang membutuhkan ruang tambahan dan yang akan menjadi korban dari inovasi tersebut adalah fitur-fitur yang dianggap sudah jadul. Di bawah ini kami akan mengulas fitur-fitur dalam smartphone yang dalam proses menghilang dan bahkan yang sudah hilang. Penasaran? Simak ulasan di bawah ini.

Fitur-Fitur Berguna Dari Smartphone Yang Makin Hari Makin Menghilang

Hilangnya IR Blaster Pada Smartphone Flagship

Inframerah bukanlah merupakan teknologi yang baru, tercatat banyak ponsel yang menggunakan teknologi ini di era tahun 2000 an. Dulunya inframerah berguna sebagai fitur untuk mengirim file dari ponsel ke ponsel lainnya. Tapi itu sebelum adanya teknologi yang lebih cepat dari inframerah yaitu Bluetooth dan Wifi, yang kini orang lebih suka menggunakan SHAREit.

Saat ini inframerah telah hadir kembali namun dalam bentuk IR Blaster, yang bisa kamu ubah menjadi remote universal. Setiap peralatan elektronik yang menggunakan remote IP seperti TV, AC, Kipas angin, Set Top Box, dan lainnya dapat kamu kontrol dengan menggunakan IR Blaster pada smartphone kamu.

Namun apakah yang terjadi ketika smartphone flagship canggih saat ini seperti Samsung Galaxy Note 7, Samsung S7 dan HTC 10? Kebanyakan dari smartphone tersebut telah menghilangkan atau menghapus teknologi yang satu ini, meskipun kamu masih bisa menemukannya pada smartphone kelas menengah dan kelas menengah bawah.

3.5mm Headphone Jack

Fitur-Fitur Berguna Dari Smartphone Yang Semakin Hari Semakin Menghilang

3.5mm Headphone Jack ini sudah dihilangkan pada peluncuran iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Mengambil keputusan untuk menghilangkan port 3.5mm Headphone Jack bukanlah pilihan yang tanpa alasan. Karena Apple meyakini dengan menghilngkan jack audio adalah hal yang terbaik untuk menjadikan ruang lebih banyak pada smartphone untuk lebih meningkatkan kapasitas kamera dan baterai.

Sebagai gantinya, kita harus menggunakan perangkat audio berbasis bluetooth atau Wi-Fi.

FM Transmitter

Jika kamu merupakan penggemar dari N-series milik Nokia seperti Nokia N86, mungkin fitur yang satu ini tidaklah hal yang asing bagi kamu. FM Transmitter bukanlah suatu radio namun melainkan sejenis pemancar gelombang radio. Contoh simplenya adalah ketika kamu set FM Transmitter ke gelombang yang tidak digunakan atau gelombang kosong oleh stasiun radio lain, maka kamu bisa berkomunikasi satu sama lain. Teknlogi ini hampir mirip dengan alat Walkie Talkie atau HT. Namun, teknologi ini sudah sangat sulit dan jarang kamu temukan dalam smartphone. Salah satu penyebabnya adalah larangan untuuk mengoperasikan gelombang radio secara sembarangan oleh pemerintah.

Baca juga:  Spesifikasi Dan Harga LG Stylus 3 Terbaru Desember 2016

Flash Xenon

Fitur yang satu ini juga sempat populer pada ponsel kamera jaman dulu seperti Nokia N82 atau Sony Ericsson K800. Namun semakin kesini Flash Xenon sudah tak jadi prioritas utama dalam kamera ponsel. Hal ini disebabkan oleh kemunculan teknologi baru yaitu LED Flash yang membutuhkan daya lebih sedikit dan menghasilkan cahaya yang lebih terang. Perkembangan yang luar biasa sudah merambah pada teknologi kamera, contohnya seperti Aperture Besar dan Fitur OIS (Optical Image Stabilization). Dengan demikian teknologi Flash Xenon sudah tak dibutuhkan lagi dalam dunia fotografi ponsel.

Thermometer

Pada tahun 2002 Nokia meluncurkan Nokia 5210 dengan fitur menarik dalam ponsel ini yaitu fitur sensor Termometer. Dengan sensor tersebut kamu bisa menunjukan suhu ruangan di sekitar kamu. Setelah lewat satu dekade berselang tepatnya ditahun 2013 fitur ini hadir kembali pada smartphone Samsung Galaxy S4 yang dikolaborasikan dengan aplikasi S-Health.

Namun fitur ini sudah tak ada lagi pada smartphone keluaraan saat ini. Mungkin sebab utamanya adalah smartphone telah mengeluarkan suhu mereka sendiri, sehingga akan sulit untuk mendeteksi suhu yang berada di luar smartphone.

Sebagai gantinya kamu bisa memanfaatkan aplikasi cuaca Android yang memang sudah jauh lebih valid.

Demikianlah ulasan mengenai fitur-fitur ponsel yang makin hari makin menghilang. Memang fitur yang disebutkan di atas sudah jarang kita temui sekarang. Semoga ulasan tersebut dapat menjadi pengetahuan dan tambahan ilmu bagi kamu yang belum mengetahui fitur-fitur yang berharga dari smartphone yang makin hari makin menghilang. Semoga bermanfaat sekian dan terima kasih.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Meizu E

Harga Meizu E Update Terbaru 2017

Harga Meizu E Update Terbaru 2017 – Meizu sudah menyiapkan perangkat terbarunya untuk smartphone kelas …