Fitur-Fitur Yang Sia-Sia Pada Smartphone Android

Fitur Fitur Yang Jarang Digunakan Pada Smartphone Android

Fitur Fitur Yang Jarang Digunakan Pada Smartphone Android – Banyak alasan untuk memilih Android sebagai smartphone yang kita gunakan sehari-hari. Android memang menarik perhatian karena kayanya fitur dan spesifikasi yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan dan tentu saja budget para penggunanya.

Perkembangan yang pesat pun memaksa teknologi tinggi masuk ke dalam smartphone kelas menengah. Misalnya saja fingerprint scanner yang kini sudah ada pada hampir semua smartphone kelas menengah.

Namun tak jarang juga fitur unik dan baru yang disematkan pada smartphone Android tak pernah digunakan sama sekali, padahal keunikan dari fitur smartphone Android tersebut dapat dibilang canggih lho. Sayangnya belum semua orang paham akan penggunaannya sehingga fitur-fitur ini hanya tercecer begitu saja. Penasaran dengan fitur-fitur apakah yang jarang digunakan pada smartphone android? Simak ulasan di bawah ini ya.

Fitur Android Yang Jarang Digunakan

NFC

NFC

NFC adalah metode transfer data antara dua perangkat dengan cara mendekatkan dua perangkat pada jarak dekat. Cara ini dapat digunakan sebagai metode untuk pembayaran dengan kartu debit, kartu kredit dan kartu akses lainnya. Pada smartphone NFC juga bisa digunakan untuk mentransfer file,musik, gambar, video dengan cepat. Namun karena masih sedikit smartphone yang menanamkan NFC maka fitur ini pun jarang dipakai.

Smart Lock

Smart Lock adalah fitur yang dapat menyesuaikan dimana dan kapan smartphone kita akan terkunci. Dengan mengaktifkannya kamu dapat otomatis menonaktifkan kunci smartphone saat di rumah, saat di genggaman atau saat dekat dengan smartwatch.

Smart Lock

Namun di balik kelebihan dari fitur smart Lock ini pengguna Android lebih memilih untuk menginstal aplikasi pengunci layar, seperti DroidLock atau Hi Locker. Padahal jika kamu mau meluangkan sedikit waktu untuk mengaktifkan Smart Lock, kamu akan jadi lebih mudah dan aman.

Radio FM

Radio FM

Meskipun teknologi semakin berkembang nyatanya masih ada vendor smartphone yang menyediakan fitur Radio FM. Padahal saat ini Radio FM sudah jarang digunakan karena sudah tergeser oleh layanan music streaming seperti SoundCloud, JOOX, Spootify dan masih banyak lainnya.

Enkripsi

Enkripsi data masih jarang digunakan karena masih sedikit pengguna android yang masih menganggap rawan dalam sektor keamanan. Smartphone Android sebenarnya sudah dibekali dengan berbagai metode keamanan dan salah satu fitur pendukung keamanan yang dibekalkan Android adalah Enkripsi.

Baca juga:  Mesin Penjual Follower Buatan Rusia Ini Bisa Jadikan Kamu Selebgram

Enkripsi

Namun  kelemahan dari enkripsi adalah performanya yang lemoot karena setiap proses pembacaan data mengharuskan menembus data enkripsi. Ditambah lagi enkripsi pada Android hanya satu arah menjadikan tak dapat diubah menjadi data normal, dengan kelemahan ini maka wajar saja bila fitur enkripsi di Android jarang digunakan.

Print

Sejak Android Lolipop fitur Print sudah dibekalkan oleh Google. Print memungkinkan kamu untuk dapat melihat atau mengecek kembali dokumen langsung dari smartphone ke printer saat berada di jaringan WiFi yang sama.

Print

Walaupun terbilang mudah untuk menggunakannya karena hanya harus berada di dalam jaringan yang saja, fitur Print di Android jarang digunakan karena kampanye paperless dan orang terbiasa mengirim data melalui email.

Live Wallpapaper

Live Wallpapaper

Rata-rata smartphone saat ini sudah mendukung fitur Live Wallpaper. Dengan penggunaan live wallpaper tampilan dari smartphone Androidmu akan terlihat lebih hidup dan pastinya tak membosankan. Namun karena dianggap sebagai faktor pemboros baterai maka fitur live wallpaper ini jarang digunakan.

Multi User

Sejak Android Lolipop, pengguna smartphone Android sudah dapat menggunakan mode Multi User pada smartphonenya. Fitur ini membuat para pengguna Android dapat menjadikan mode khusus untuk pribadi  dan untuk orang lain (guest mode). Nantinya semua file dan aplikasi yang ada di mode pribadi tak akan muncul pda guest mode serta begitu juga sebaliknya.

Multi User

Tapi fitur ini jarang digunakan oleh para pengguna smartphone Android karena daripada mengaktifkan Multi User tak sedikit pengguna smartphone lebih memilih untuk tidak meminjamkan smartphonenya pada orang lain.

Face Unlock

Face Unlock

Bagi pengguna Android Kitkat pasti sudah familiar dengan fitur Face Unlock. Fitur ini kemudian pada Android Lollipop lebih dikenal sebagai Trusted Face, merangkap dengan Smart Lock sehingga smartphonemu akan dapat dibuka hanya dengan mengenali wajahmu. Namun fitur ini jarang digunakan karena dianggap tak efektif saat pencahayaan kurang memadai.

Demikianlah ulasan mengenai fitur-fitur yang jarang digunakan pada smartphone android, sebenarnya fitur-fitur ini memiliki kelebihan yang hebat namun beberapa justru dirasa menyulitkan pengguna Android itu sendiri. Semoga bermanfaat

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Cara Mudah Menambah RAM di PC Atau Laptop Tanpa Software

Cara Mudah Menambah RAM di PC Atau Laptop Tanpa Biaya

Cara Mudah Menambah RAM di PC Atau Laptop Tanpa Software – Random Access Memory atau …