Friday , October 20 2017

Fungsi Lain Tombol Volume Smartphone yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Fungsi Lain Tombol Volume yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
Fungsi Lain Tombol Volume yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Fungsi Lain Tombol Volume Smartphone yang Mungkin Belum Kamu Ketahui – Pada setiap smartphone entah itu iOS atau Android pasti memiliki tombol volume yang digunakan untuk meningkatkan atau menurunkan volume suara. Tapi tahukah kamu bahwa tombol volume dapat digunakan selain melakukan hal tersebut?

Banyak yang belum menyadari bahwa sebenarnya tombol volume dapat digunakan sebagai hal-hal yang menarik lainnya. Penasaran dengan apa saja fungsi lain dari tombol volume di smartphonemu? Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya.

Fungsi Lain Tombol Volume Pada Smartphone:

Recovery Mode

Recovery Mode

Untuk dapat masuk ke Recovery Mode kamu harus terlebih dahulu menggunakan kombinasi khusus tombol power + tombol volume pada saat menghidupkan smartphonemu. Selain dapat digunakan sebagai Recovery Mode tombol volume juga bisa kamu gunakan untuk memilih menu yang ada di dalamnya.

Membuka Lock Screen

Membuka Lock Screen
Tombol volume juga bisa kamu gunakan untuk membuka lock screen. Pengaturan untuk membuka lockscreen sendiri bisa kamu ubah dengan kombinasi tombol volume dan atau dengan tombol lainnya. Kamu dapat membuat kombinasi secara serumit mungkin dan jika sudah maka kamu dapat menekan kombinasi tombol volume untuk dapat membukanya.

Screenshot

Screenshot
Ini mungkin adalah fungsi tombol volume yang sudah diketahui banyak orang, menyimpan tangkapan layar (screenshot) dapat kamu lakukan dengan menggunakan tombol volume dan kamu hanya perlu menekan tombol power + tombol volume down maka nanti akan secara otomatis screenshot akan tersimpan di galeri smartphonemu.

Baca juga:  Spesifikasi Dan Harga Super Terjangkau LG L Fino Update Terbaru 2017

Zoom In Zoom Out

Zoom In Zoom Out

Pada aplikasi kamera saat ini sudah mendukung penggunaan tombol volume sebagai salah satu input yang bisa kamu gunakan. Kamu dapat mengubah fungsi tombol volume menjadi shortcut Zoom Out ataupun Zoom In pada saat membuka aplikasi kamera.

Mengambil foto

Mengambil foto
Fungsi dari tombol volume berikutnya adalah tombol volume bisa juga diubah menjadi tombol shutter (pengambil gambar). Dengan begitu kamu tak harus repot-repot lagi untuk menyentuh layar ketika kamu ingin mengambil foto atau video.

Menghidupkan Layar Smartphone

Menghidupkan Layar Smartphone
Tombol volume juga bisa kamu gunakan untuk menghidupkan layar pada samrtphone, hal ini bisa dilakukan dengan cara  menggunakan fitur double tap to wake atau tombol power. Tapi jika smartphone kamu tak memiliki fitur double tap to wake dan tombol powernya sudah tak dapat digunakan, kamu dapat mengubah fungsi dari tombol volume menjadi tombol power.

Demikianlah ulasan mengenai fungsi lain dari volume yang mungkin belum kamu ketahui, semoga ulasan di atas dapat menjadi referensi bagi kamu yang mencari informasi mengenai fungsi lain tombol volume, sekian dan terima kasih.

About Rian

SEO enthusiast.