Friday , October 20 2017

Google Search Kini Dapat Diakses Secara Offline

Google Search Kini Dapat Diakses Secara Offline
Google Search Kini Dapat Diakses Secara Offline

Google Search Kini Dapat Diakses Secara Offline – Seakan paham dan mengerti akan banyaknya area yang tidak ada sinyal (blankspot), kini Google memberikan solusi untuk pencarian mobile. Perusahaan internet ini menambahkan kemampuan baru pada aplikasi Android untuk versi terbaru. Para pengguna Android dapat melakukan pencarian di Google Search tanpa koneksi internet.

Hal ini bukan semata-mata Google mengunduh seluruh konten yang ada di internet dan membebankannya pada smartphone penggunanya. Hal ini terjadi karena Google secara otomatis mengantikan pencarian yang dimasukan oleh pengguna saat berada di area yang susah sinya ataupun tanpa sinyal jaringan seluler ataupun koneksi WiFi.

Ketika kamu berada di area yang susah sinyal atau area yang bahkan tidak terkoneksi sinyal internet, maka aplikasi Google Search akan langsung menampilkan jawaban tempat yang kamu cari tadi, ketika hasil pencarian telah didapatkan. Jadi kamu tak perlu khawatir, karena Google selalu mengingatnya.

Dalam rilis resmi mereka, Product Manager Google Shekhar Sharad menulis: “Jadi pada saat kamu kehilangan sinyal, jangan ragu untuk mengantrikan pencarian. Kemudian letakkan smartphone dan lanjut beraktivitasmu. Maka aplikasi Google Search akan bekerja di belakang layar untuk mendeteksi ketika sambungan internet kembali tersedia dan memberikan hasil pencarian tadi setelah selesai.” tulis Sharad di blog Google.

Baca juga:  Cara Membuat Offline Area Google Maps pada Android

Dengan demikian maka para pengguna dapat menyimpan sebanyak mungkin pencarian yang dilakukan secara offline, karena setiap pencarian yang tertunda secara otomatis akan disimpan di Aplikasi Google Search. Para pengguna juga dapat mematikan kemampuan baru ini di opsi yang sama, bila pengguna tidak berkenan.

Namun kamu tak perlu mengkhwatirkan mengenai baterai atau penggunaan data, karena Sharad menjamin bahwa fitur ini hanya akan mempunyai  dampak “minimal” pada penggunaan data dan  “Tidak akan menguras baterai smartphone” sehingga kamu tak pelu mengkhawatirkan hal ini lagi. Sayangnya tidak diketahui pasti apakah aplikasi Gooogle di iOS mendapatkan update serupa segera? Mari kita tunggu saja apakah fitur ini atau tidak.

Dengan demikian tentu kita kini dapat memanfaatkan Aplikasi Google Search dapat dimanfaatkan pada saat kita tidak terkoneksi internet sekalipun, karena Google Search akan segera memberitahumu kembali ketika jawaban atas pencarian yang kamu lakukan telah tersedia.

About Rian

SEO enthusiast.