Hal-Hal Yang Wajib Dilakukan Saat Memiliki Smartphone Baru

Hal Hal Yang Wajib Dilakukan Setelah Memiliki Smartphone Baru
Hal Hal Yang Wajib Dilakukan Setelah Memiliki Smartphone Baru

Hal-Hal Yang Wajib Dilakukan Saat Memiliki Smartphone Baru – Memiliki atau membeli smartphone tak seperti membeli makanan yang dilakukan setiap hari. Ketika kamu sudah mendapatkan perangkat yang kamu inginkan, sudah sepatutnya kamu juga menjaganya dengan sebaik-baiknya. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan perangkat yang baru saja kamu miliki atau kamu beli.

Menurut kami ada hal-hal penting yang wajib kamu lakukan setelah membeli atau memiliki smartphone baru. Penasaran dengan hal-hal penting tersebut? Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya.

Hal-Hal Yang Wajib Dilakukan Saat Memiliki Smartphone Baru

Mengisi Baterai Hingga Penuh

Ketika sudah membeli atau memiliki smartphone baru sering kali kita tak sabar untuk mengotak-atik berbagai fitur di dalamnya. Namun hal tersebut sebenarnya tidak kami sarankan karena biasanya baterai yang tersimpan pada perangkat baru tersebut hanya terisi sekitar sepertiga bagian saja, sedangkan dua pertiga bagian lainnya kosong dalam keadaan yang lama.

Maka dengan demikian lebih baik kamu hanya menyalakan smartphone untuk menguji fungi-fungsinya apakah berfungsi dengan baik, jika sudah berfungsi dengan baik kamu bisa kembali mematikannya dan kemudian melakukan charging dalam keadaan mati sehingga seluruh sel dalam baterai tersebut terisi dengan penuh. Biasanya proses pengisisan pertama kali akan memakan waktu lima hingga delapan jam untuk mencapai full, tapi tergantung jenis perangkat dan alat yang digunakan.

Aktifkan Fitur Keamanan

Tak ada salahnya untuk selalu siap dan sigap dalam mengantisipasi musibah. Misalnya waktu kehilangan smartphone. Kamu bisa mengaktifkan fitur keamanan sehingga jika terjadi kehilangan kamu masih memiliki peluang untuk mencari smartphone kamu tersebut atau setidaknya data-data penting yang kamu miliki didalam smartphone tersebut bisa kamu hapus dari jarak jauh.

Salah satu contohnya adalah perangkat iOS, terdapat fitur iCloud dan Find My iPhone. iCloud dapat kamu gunakan untuk mengunci perangkat yang hilang, sedangkan Find My iPhone bisa kamu gunakan untuk mencari perangkat sekaligus mengapus data-data penting didalamnya.

Bagi kamu para pengguan Android, ada baiknya mengisi informasi kepemilikan dengan email atau nama yang aktif yang akan tampil pada halaman lockscreen. Untuk  menampilkannya kamu cukup dengan masuk ke Settings > Security > Owner info. Selain itu jangan lupa juga untuk menginstal aplikasi Android Device Manager yang bisa kamu download sendiri. Aplikasi ini dapat memberikan informasi posisi perangkat yang hilang serta dapat juga menghapus data-data yang berada di dalamnya jika akhirnya smartphone kamu yang hilang tidak ditemukan.

Baca juga:  5 Smartphone Lokal Indonesia Berkualitas Internasional

Pasang Pelindung layar

Banyak pengguna smartphone atau tablet yang mengabaikan layar perangkatnya tidak dilindungi dengan pelindung layar. Walaupun memang sudah banyak smartphone yang sudah dilindungi dengan pelindung layar seperti Dragontrail, Gorilla Glass, dan lain sebagainya, namun percayalah jika kamu tak melapisinya dengan pelindung layar tambahan, baik mahal ataupun murah kamu hanya perlu menunngu waktu saja untuk melihat goresan pada layar smartphone atau tablet kesayanganmu.


Pelindung layar Dragontrail atau bahkan sekelas Gorilla Glass sekalipun yang memang memiliki ketahanan yang kuat terhadap benda tajam dan berat. Bila menggores menggunakan pisau atau obeng dengan tekanan yang terlalu berat, layar perangkat tidak akan tergores. Tapi yang perlu kamu ketahui adalah pelindung layar sekelas Gorilla Glass tersebut sangat rentan dengan benda-benda yang sebenarnya tak kita bayangkan sebelumnya atau yang biasa kita anggap sepele seperi kunci, koin, atau bahkan pasir sekalipun.

Kunci, koin, pasir atau benda-benda kecil sejenisnya bisa saja menggores lapisan Gorilla Glass dengan sangat halus, maka tak heran jika kamu sering menyatukan smartphone tanpa pelindung layar tambahan dan koin atau kunci ke dalam saku celana, kamu akan menemukan baret-baret halus pada layar smartphne kamu. Bila kamu beranggapan bahwa pelindung layar dapat mengurangi kualitas layar, maka sebaiknya belilah pelindung layar yang memang berkualitas walaupun harganya sedikit lebih mahal.

Demikianlah ulasan mengenai hal-hal yang wajib kamu lakukan setelah memiliki atau membeli smartphone baru, langkah-langkah di atas terlihat sepele dan sangat mudah, kan? Semoga ulasan di atas dapat menjadi sumber informasi bagi kamu yang memiliki smartphone baru namun tak tahu langkah apa saja yang dilakukan dengan smartphone terbarumu itu maka hal-hal di atas bisa menjadi salah satu alternatifnya. Sekian dan semoga bermanfaat.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Cara Ampuh Mengatasi Sinyal Kartu 3 Yang Hilang

Cara Ampuh Mengatasi Sinyal Kartu 3 Yang Hilang

Cara Ampuh Mengatasi Sinyal Kartu 3 Yang Hilang – Salah satu provider terbaik di Indonesia …