Hati-Hati Dengan Hal Ini, Jika Tidak Smartphone Kamu Bisa Meledak

Hal Yang Menyebabkan Smartphone Meledak
Hal Yang Menyebabkan Smartphone Meledak

Hati-Hati Dengan Hal Ini, Jika Tidak Smartphone Kamu Bisa Meledak – Mungkin kamu sering mendengar berita tentang smartphone yang tiba-tiba meledak pada saat digunakan, bahkan tak jarang smartphone dari vendor-vendor besar smartphone juga pernah mengalaminya. Tentu smartphone meledak tidak dengan begitu saja dan pasti ada faktor-faktor pemicu yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui hal-hal yang menjadikan smartphone dapat meledak.

Hal-Hal Yang Menyebabkan Smarpthone Meledak:

Adanya Kerusakan Fisik

Faktor pertama yang mempengaruhi smartphone meledak adalah karena adanya kerusakan fisik. Saat ini smartphone memang sudah banyak yang menggunakan baterai bertipe lithium yang memang memiliki output yang besar, lebih ringan, serta lebih cepat dan mudah dalam proses pengisian. Di dalamnya juga terdapat penghalang yang memisahkan komponen elektroda dengan bentuk sangat ringan dan tipis. Bila pada bagian sirkuitnya terjadi kesalahan atau kerusakan fisik maka akan ada hubungan arus pendek yang tidak sempurna sehingga menjadikan elektrolit menjadi panas dan memberikan tekanan pada baterai yang menjadikan casing menjadi pecah dan meledak.

Adanya kerusakan fisik

Sehingga komponen yang lainnya yang berada pada sekitarnya pun ikut terbakar. Maka dari itu pada vendor pun mengakali hal ini dengan memberi casing metal yang lebih tipis pada smarphone-nya. Hal ini tentu ditujukan kalau memang terjadi ledakan seperti maka tekanan dari ledakan tak akan terlalu besar. Selain itu casing metal juga dapat membantu dalam meredam panas yang terjadi.

Baca juga:  Cara Mudah Menggunakan Aplikasi FaceApp Android

Terlalu Panas (Overheat)

Faktor kedua adalah karena smartphone yang terlalu panas karena pengisian yang terlalu lam serta terlalu lama digunakan untuk online, nonton, atau internetan. Smartphone-smartphone sekarang memang sudah banyak yang dilengkapi dengan fitur yang dapat memutuskan jaringan listrik dari charger bila memang pengisiannya sudah penuh. Tapi jika memang smartphone tersebut ada yang tak beres pada bagian sirkuit pengisiannya maka proses pengisian pun akan terus berlanjut yang mana ini akan mendorong reaksi kimia dari baterai.

Terlalu panas (overheat)

Dalam kondisi seperti ini akan menjadikan baterai panas dan sistemnya pun tak mampu lagi untuk mendinginkannya, karena kabel charger yang terhubung dengan arus listrik masih tetap bekerja. Hal ini ini akan menciptakan uap yang berujung pada tekanan yang besar, sehingga akhirnya memecahkan casing smartphone. Panas yang dihasilkan pun akan dapat menyebar ke bagian lain dan menjadikannya mudah terbakar.

Tips Pencegahan Pada Smartphone Agar Tidak Meledak:

  • Pastikan melepas charger jika sudah full.
  • Gunakanlah charger asli.
  • Hindari pemakaian smartphone saat sedang proses pengisian baterai (charging).

Demikianlah ulasan mengenai hal-hal yang dapat menyebabkan smartphone meledak dan kami juga memberikan tips untuk mencegah smartphone agara tak meledak, semoga ulasan di atas dapat menjadi sumber informasi yang bermanfaat, sekian dan terima aksih.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Aplikasi Facebook Kini Dapat Mencari Jaringan Wi-Fi Terdekat

Aplikasi Facebook Kini Dapat Mencari Jaringan Wi-Fi Terdekat

Aplikasi Facebook Kini Dapat Mencari Jaringan Wi-Fi Terdekat – Saat ini siapa sih yang tak …