Home / Gadget / iOS / Ini Dia Cara Factory Reset iPhone Tanpa Password

Ini Dia Cara Factory Reset iPhone Tanpa Password

Setiap pasti memiliki hak penuh atas smartphone pribadinya, sehingga mereka menggunakan berbagai macam cara untuk menjamin privasi pada isi smartphone mereka sendiri termasuk menggunakan password untuk melindunginya, terlebih untuk iPhone.

Tujuan utamanya adalah keamanan data pribadi untuk tidak mengijinkan orang lain mengutak-atik data atau pengaturan smartphone. Jika kamu memiliki pakem password yang mudah diingat mungkin tidak menjadi masalah, namun kalau kamu suka menggunakan password baru dan berbeda-beda, suatu saat ini akan menjadi masalah buatmu. Banyak yang sudah mengalami hal ini, ketika kamu tak mampu mengingat atau lupa password apa yang kamu gunakan.

Dalam situasi ini, tidak ada banyak hal yang bisa kamu kerjakan selain me-reset setelan pabrik atau istilah kerennya “factory reset” agar kamu dapat menggunakan kembali iPhone dengan password baru. Selain bagi kamu yang sering lupa password, tips ini juga berlaku jika kamu baru saja membeli iPhone second dari orang lain dan ternyata iPhone tersebut diproteksi password. Atau ada alasan khusus misalnya performa iPhone kamu sudah sangat buruk sehingga memerlukan factory reset tetapi kamu tidak tahu password perangkat itu.

Namun sebelum mencoba tips ini, pastikan bahwa iPhone kamu tidak menggunakan iCloud Activation akrena jika kamu menggunakan activasi ini berarti ketika kamu melakukan setelan ulang pabrik kamu tidak akan bisa kembali login karena iPhone akan bertanya password yang kamu gunakan sebelumnya.

Jika kamu yakin iPhone-mu tidak menggunakan aktivasi di atas, mari kita mulai tips cara factory reset iPhone tanpa Password. Sebelum melakukan factory reset iPhone, ada dua syarat yang harus kamu siapkan yaitu Komputer yang sudah terinstal iTunes dan kabel data USB.

Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Matikan iPhone kamu dengan menahan tombol Sleep/Wake lalu pilih Power Off.

Baca juga:  Cara Mengatasi Masalah Koneksi Internet iPhone

2. Jalankan iTunes pada komputer dan pastikan kabel USB sudah terpasang pada PC. Tekan dan tahan tombol Home lalu colokkan ujung kabel USB yang lain ke iPhone kamu.

3. Pada layar iPhone akan muncul tampilan Connect to iTunes. Lepaskan tombol Home dan tunggu iTunes mendeteksi iPhone dalam Recovery Mode.

4. iTunes akan memberikan prompt berupa perintah untuk reset software kembali ke setelan pabrik. Klik Restore kemudian pilih Restore dan Update. Selanjutnya akan terjadi proses penghapusan semua data dari iPhone. Meskipun kamu akan kehilangan semua data yang ada namun rasanya ini lebih baik karena kamu bisa menggunakan kembali iPhone-mu. Untuk menghindari kehilangan data, lebih baik kamu melakukan backup data terlebih dahulu (backup apa yang bisa di-backup).

factory-reset-tanpa-password
Pilih Restore untuk mengembalikan iPhone ke pengaturan awal.

5. Kemudian iTunes akan mengekstrak software ke iPhone. Tunggu saja proses sampai selesai. Setelah semua file ter-ekstrak, kamu akan melihat logo apple dan proses instalasi software mulai dilakukan.

6. Setelah selesai di-restore, kamu bisa menggunakan iPhone kamu seperti baru lagi. Lakukan pengaturan bahasa, negara dan yang lainnya serta melepaskan kabel USB dari PC dan iPhone.

Kamu juga bisa melakukan pengaturan password baru yang tentu harus kamu ingat lekat-lekat agar hal ini tidak perlu terjadi kembali dan (mungkin) kamu kehilangan sebagian data kamu.

Ilustrasi: digitaltrends.com

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

paperplane ipad launcher in windows

Cara Menggunakan Launcher iPad pada Windows

Microsoft bereksperimen dengan aplikasi launcher full screen yang pada Windows 8 disebut dengan Start Screen. …

  • mocep gyan

    minta bantuannya
    problem “lupa password apple id namun masih bisa masuk kemenu utama”
    apakah masih bisa untuk di reset ke tampilan dari pabriknya (factory reset) tanpa harus mengetahui password dari apple id ?
    kalo bisa jawab “ya” dan saya akan mengikuti langkah yang ada
    kalo “tidak” mohon bantun dan penjelasannya
    terima kasih sebelumnya.