Inilah Alasan Kenapa iPhone Memiliki RAM Lebih Kecil Dari Android

Inilah Alasan Kenapa iPhone Memiliki RAM Lebih Kecil Dari Android
Inilah Alasan Kenapa iPhone Memiliki RAM Lebih Kecil Dari Android

Inilah Alasan Kenapa iPhone Memiliki RAM Lebih Kecil Dari Android – Bukan rahasia umum lagi jika iPhone merupakan sebuah smartphone yang bisa dibilang pelit dalam segi RAM. Pasti tak sedikit dari kamu yang bertanya-tanya mengapa iPhone pelit dalam memberika RAM yang sebenarnya jika dilogika harga iPhone sendiri jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan smartphone flagship Android.

Jika kamu mengamati dari tahun ke tahun maka kamu akan mengetahui perbandingan antara iPhone dan Android berdasarkan tahun pembuatannya. Jika dilihat dari segi pandang tersebut maka kamu akan maka kamu akan mendapati iPhone yang selalu pelit dalam masalah RAM. Ulasan di bawah ini akan memberi penjelasan mengapa iPhone selalu pelit RAM.

Proses Latar Belakangnya

Proses Latar Belakangnya

Perbedaan mengapa smartphone Android dapat mempunyai kapasitas RAM yang besar adalah karena proses latar belakangnya. Sedangkan pada iPhone sudah terdapat penanganan untuk proses pemindahan aplikasi yang berbeda. Contohnya kamu dapat membuka Edge di iPhone dengan tab aktif yang banyak, dan ketika tab melakukan loading dan kamu dapat pindah ke aplikasi lainnya, pada saat itu Edge akan mengalami proses jeda.

Sangat berbeda dengan Android yang tetap membiarkan aplikasi tetap berjalan walaupun tak kamu gunakan. Maka dari itu Android sangat memerlukan RAM yang besar jika dibandingkan dengan iPhone untuk membiarkan aplikasi tetap berjalan dengan baik walaupun itu di latar belakang.

Baca juga:  Spesifikasi dan Harga Blackberry Neon Desember 2016

Aplikasi iOS Tak Butuhkan Banyak Memori

Seperti banyak yang belum paham tentang hal ini, tapi ketika kamu bertanya mengapa iPhone tak pernah menamkan ukuran RAM yang besar adalah karena aplikasi iOS tak perlu menggunakan banyak memori dan kamu dapat melihat faktanya pada gambar dibawah ini.

Aplikasi iOS Tak Butuhkan Banyak Memori
Sumber : ANDROID AUTHORITY

Bisa dilihat dari gambar diatas sebagian besar aplikasi memang lebih berat pada sistem operasi android. Jadi bisa disimpulkan bahwa aplikasi Android memang menggunakan memori lebih banyak sekitar 6% lebih tinggi daripada iOS dan itulah alasan mengapa iOS tak terlalu membutuhkan RAM besar.

Untuk itu kamu tak perlu khawatir dengan ukuran RAM pada iPhone yang selalu terlihat lebih kecil jika dibandingkan dengan ukuran RAM pada smartphone Android, karena jika diadu performanya pun tentu iPhone tak akan mudah kalah dibandingkan dengan Android.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Daftar Perusahaan Smartphone Terbesar di Dunia

Daftar Perusahaan Smartphone Terbesar di Dunia Tahun 2017

Daftar Perusahaan Smartphone Terbesar di Dunia Tahun 2017 – Market smartphone di dunia memang masih …