Saturday , December 16 2017

Inilah Bahaya Akibat Penggunaan Headset VR Secara Berlebihan

Inilah Bahaya Akibat Penggunaan Headset VR Secara Berlebihan – Meskipun kurang begitu booming di 2016 lalu, teknologi Virtual Reality (VR) diharapkan dapat sukses kembali pada tahun selanjutnya. Seiring dengan semakin banyaknya perusahaan yang mengembangkan teknologi Virtual Reality (VR), semakin mudah pula kamu untuk menjangkaunya bukan?

Namun tunggu dulu, teknologi selalu membawa dampak yang positif dan dampak yang negatif tak terkecuali untuk teknologi Virtual Reality (VR) ini, maka sebelum terlambat untuk kamu yang terlalu sering dan berlebihan menggunakannya, mungkin kamu harus mulai mengurangi penggunaannya. Simak bahaya apa saja yang disebabkan pemakaian VR secara berlebihan.

Bahaya Yang Ditimbulkan Akibat Penggunaan Headset VR Secara Berlebihan

Mengenai Kesehatan Mata

Untuk kamu yang baru sekali menggunakan teknologi virtual reality, pernahkah kamu merasakan pusing dan perut yang mual-mual? Bila kamu merasakan hal tersebut maka kami sarankan kamu untuk segera beristirahat dan kurangi kegiatan kamu dengan virtual reality ini karena itu salah satu tanda jika penglihatan kamu terganggu.

Yang menyebabkan perut kamu mual-mual dan pusing karena sedang menggunakan teknologi virtual reality adalah ketika detak jantung kamu naik drastis dan tidak sesuai dengasn kondisi kamu yang sebenarnya. Setiap vendor yang memproduksi virtual reality pasti akan memberi rekomendasi jangka waktu penggunaan virtual reality. Standartnya para produsen ini memberi saran untuk pemakaian kurang dari 30 menit dan diimbangi dengan istirahat selama 15 menit.

Keamanan

Bahaya yang selanjutnya adalah dalam segi keamanan. Teknologi Virtual reality memang tak mengasikkan jika dipakai dalam posisi berbaring atau duduk saja. Ditambah dengan sensor kontroler dan sensor gerak, kamu akan bisa dengan bebas mengakses dunia berbasis virtual ini. Tapi kami sarankan kamu untuk lebih berhati-hati karena penggunaan di sembarang tempat malah akan menjadikan resiko yang berbahaya .

Salah satu cntohnya jika kamu baru berada di suatu ruangan maka akan sangat berbahaya karena di ruangan tersebut terdapat banyak perabotan rumah dan ruang gerak yang tak terlalu besar. Beda lagi kalau kamu bermain di luar, resiko yang akan kamu tanggung bukankah lebih besar? Maka saran kami jika kamu ingin menggunakan teknologi Virtual Reality ini di luar rumah maka carilah tempat yang cukup lapang dan pastinya aman.

Efek Candu

Dampak negatif selanjutnya pada saat kamu sudah excited bermain dan senang dengan virtual reality maka yang akan terjadi adalah efek kecanduan.

Baca juga:  Cara Mudah Untuk Terlepas Dari Kecanduan Smartphone

Bila kamu sudah terkena efek kecanduan maka kamu tentu akan sulit atau bahkan tidak bisa terlepas dan akan berulang-ulang lagi dalam bermain virtual reality. Tak hanya sampai disitu saja, bahkan kamu sampai bisa bermain VR hingga berjam-jam kan dan akan lupa waktu, lupa akan kewajiban belajar, lupa ibadah, lupa makan, lupa kalau punya janji sama pacar yang tentu saja semuanya tadi bisa berakibat kurang baik dalam kehidupanmu di dunia nyata.

Mabuk Digital

Pernahkan kamu mendengar efek dari mabuk digital atau yang diistilahkan dalam bahasa inggris dengan cyber sickness. Hal ini dipengaruhi dan didasari dari suatu kondisi yang tidak sesuai dan tidak seimbang yang mendasar antara input sensorik. Tidak seimbangnya antara satu indera dengan indera yang lain yang akan menjadikan kamu pusing dan mabuk.

Meskipun kamu kuat akan mabuk laut, mabuk udara, mabuk darat dan mabuk sebagainya, yang namanya mabuk digital atau cyber sickness dapat menyerang dan terjadi kepada siapa saja. Tapi kasus mabuk yang satu ini kebanyakan yang mengalami cyber sickness adalah wanita, terutama bagi mereka yang pernah mengalami dan memiliki riwayat gegar otak atau migrain sebelumnya.

Terbawa Suasana

Di dalam dunia virtual reality kamu bisa melakukan segala aktifitas semau kamu. Namun pernahkah kamu merasa terbawa suasana virtual reality? Sebut saja ketika kamu sedang menaiki sebuah wahana yang menegangkan atau malah ketika kamu sedang berada di belahan bumi yang pemandangannya sangat menakjubkan.

Pada saat kamu telah selesai menggunakan virtual reality terkadang suasananya masih terbawa di kehidupan nyata kita. Namun jangan sekali-kali kamu merasa bahwa dunia nyata ini terasa membosankan, maka sebelum semuanya terjadi kamu wajib mengontrol penggunaan VR ini.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Bahaya Akibat Penggunaan Headset VR Berlebihan, kamu bisa meminimalisir bahaya-bahaya tersebut dengan catatan menggunakan virtual reality dengan batas yang wajar, semoga ulasan di atas dapat bermanfaat dan terima kasih.

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس