Thursday , November 23 2017

Inilah Faktor-Faktor Penyebab Baterai Smartphone Jadi Gampang Habis

Inilah Faktor-Faktor Penyebab Baterai Smartphone Jadi Gampang Habis – Kali ini kita akan mengulas tentang bagian yang sangat penting kedudukannya di sebuah smartphone, apakah itu? Yaa benar baterai, baterai merupakan kompenen inti dalam sebuah smartphone.

Seperti yang kita tahu baterai juga memiliki hukum alam yaitu dalam jangka waktu yang lama daya ketahanan baterai akan semakin menurun karena berbagai faktor yang mempengaruhinya.

Namun  fator-faktor yang menjadikan baterai menurun bisa kita perlambat prosesnya dengan mengetahui apa saja yang menjadikan sebuah baterai dalam smartphone menjadi melemah performanya. Pengen tahu faktor-faktor apa saja yang menyebabkan baterai smartphone jadi gampang habis? Simak ulasan dibawah ini.

 

Terlalu Lama Mencharge

Terlalu lama mencharge
Terlalu lama mencharge

Untuk smartphone keluaran terbaru sebenarnya sudah menerapkan system otomatis untuk memutus aliran listrik yang masuk ke smartphone kita pada saat proses charge sudah selesai atau baterai telah penuh. Namun tak berarti system seperti itu tidak bisa menurunkan sebuah performa betterai.

Jika kabel charge masih terpasang ke smartphone maka charge itu akan terus mempertahankan batteri agar selalu diposisi 100% menjadikan sebuah aliran tidak henti-hentinya masuk ke smartphone kita dan mempengaruhi kinerja baterai kita nantinya.

Disimpan Terlalu Lama

Disimpan Terlalu Lama
Disimpan Terlalu Lama

Faktor yang satu ini juga sangat mengagetkan pasalnya secara logika jika sebuah barang tidak digunakan atau disimpan lama dan tidak digunakan otomatis barang tersebut akan terlihat masih bagus dan jika dilihat maka performanya tidak akan berkurang.

Tapi hal ini juga mempengaruhi sebuah ketahanan baterai karena terlalu lama menyimpan baterai juga tidak baik, ditambah lagi jika baterai tersebuat terpasang pada sebuah smartphone maka terjadilah sebuah penurunan daya tahan baterai step by step, hingga penyusutan terjadi sangat drastis.

Jika kita menyimpan baterai yang terpasang pada smartphone di suhu ruangan yang panas, dan diperkirakan penyusutan itu berada dikisaran angka 8% dari batterai setiap bulannya jika di simpan pada suhu ruangan 21 derajat Celsius.

Bahayanya lagi jika kita tidak menggunakannya dan mendiamkannya maka batterai tersebut akan berada di fase deep discharge dimana baterai akan kosong dan tak ada isi daya di dalamnya. Dan jika kita ingin menggunakannya kita tak bisa menghidupkan smartphone kita sehingga kita harus menchargenya secara manual diluar smartphone kita.

Benturan Yang Keras

Benturan Yang Keras
Benturan Yang Keras

Faktor yang satu ini sudah umum dan masyarakat luas pasti sudah banyak yang mengetahuinya,. Baterai yang mengalami benturan keras pasti akan mempunyai resiko kerusakan yang besar. Tak hanya benturan saja tapi pasti ada saja yang memaksakan sebuah baterai agar bisa masuk ke dalam smartphone dengan membengkokkannya.

Baca juga:  Mengetahui Batas Wajar Suhu Smartphone Android

Aatau malah ukuran baterai yang kecil namun ukuran wadah baterai besar dan itu bukan sesuai tapi kamu tetap memaksakan memasukkannya dengan berbagai cara. Entah itu dengan mensoldir bagian beterai dan bagian smartphone yang mana sangat tidak dianjurkan karena itu juga mempengaruhi daya tahan sebuah baterai dan pastinya sesuatu yang tidak pas itu tak akan bertahan dengan lama.

Suhu Rendah

Ketahanan sebuah baterai smartphone pada suhu rendah tak bisa disepelakan karena jika sudah berada pada suhu rendah, baterai akan sangat mudah rusak. Hal ini disebabkan oleh faktor lingkungan yang ekstrim membuat baterai menjadi lebih mudah rusak jika ditempatkan pada suhu yang dibawah 0 derajat Celsius karena baterai tak sanggup untuk mejadi dingin seterusnya.

Hal ini karena pada saat digunakan baterai akan panas dan itu sangat bertentangan dengan suhu rendah yang menjadi pertentangan keadaan dimana baterai panas dan suhu dingin membuat baterai semakin cepat rusak saja.

Suhu Panas

Suhu Panas
Suhu Panas

Tak hanya suhu dingin yang mampu mempengaruhi kerusakan sebuah baterai smartphone namun suhu terlalu tinggi juga dapat merusak sebuah baterai. Baterai smartphone akan mulai kehilangan kapasitasnya bila disimpan pada  suhu ruangan 21 derajat Celsius atau lebih. Pada suhu panas di atas 21 derajat Celsius, dan uniknya lagi baterai akan menimbulkan reaksi kimia yang mejadikannya melepaskan daya yang ada dalamnya step by step sehingga menjadikan batterai smartphone tersebut akan habis dan terkuras bersih secara perlahan tapi pasti.

Nahh demikianlah ulasan mengenai faktor-faktor penyebab baterai smartphone jadi gampang habis beserta  penyebab terjadinya, semoga ulasan diatas bisa bermanfaat dan terima kasih.

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس