Saturday , November 25 2017

Inilah Jenis-Jenis Memori Pada Smartphone

MicroSD

Inilah Jenis-Jenis Memori Pada Smartphone – Saat ini berbagai pilihan smartphone memang semakin bermacam-macam dan mudah untuk didapatkan. Bahkan smartphone dengan spesifikasi tinggi kini tak lagi dibandrol dengan harga yang mahal dan oleh sebab itu pula semua orang kini dapat menggunakan smartphone.

Namun tak sedikit pula orang yang masih menggunakan smartphone tanpa mengetahui fungsi dari komponennya dan efeknya adalah banyaknya penggunaan smartphone yang malah dibingungkan oleh spesifikasi smartphonenya. Salah satu spesifikasi yang banyak membingungkan para pengguna smartphone adalah memori.

Jenis-Jenis Memori Pada Smartphone :

Ketika ada orang yang bertanya tentang smartphone, tak sedikit dari mereka yang masih bingung antara RAM dan ROM. Kedua jenis memori ini memang dapat menyimpan data, namun beda jenis datanya. Penasaran dengan jenis-jenis memori yang ada pada smartphone? Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya.

MicroSD

Salah satu keunggulan dari smartphone Android dibandingkan dengan iPhone adalah smartphone Android masih banyak yang dibekali dengan slot memori eksternal. Slot MicroSD dapat menambahkan memori smartphone agar semakin leluasa dalam menyimpan berbagai data.

Inilah Jenis-Jenis Memori Pada Smartphone

Dengan adanya MicroSD kamu dapat menggunakan memori internal sebagai media penginstalan game dan aplikasi, Sedangkan slot MicroSD dapat kamu gunakan untuk menyimpan foto, video, musik, dan kini dengan fitur Adoptable Storage di Android Marshmallow kamu dapat mengubah memori eksternal menjadi memori internal untuk menambah memori smartphone.

USB OTG

USB OTG

USB OTG juga memiliki fungsi seperti MicroSD yakni sebagai penyimpanan tambahan. Syaratnya smartphone kamu sudah harus mendukung USB OTG. Dengan menggunakan USB OTG kamu dapat dengan mudah membaca data yang tersimpan di flashdisk pada smartphone tanpa harus melakukan transfer data melalui laptop atau PC.

RAM (Random Access Memory)

Memiliki fungsi sama seperti pada komputer/laptop, RAM merupakan jenis memori smartphone yang berfungsi sebagai penyimpan data sementara sistem operasi. Karena bersifat sementara menjadikan data yang tersimpan tak akan menumpuk selamanya.

Baca juga:  Smartphone Lokal Ini Disangka Buatan Cina! Mau Tau Apa Saja?

RAM(Random-access Memory)

RAM adalah penyuplai tenaga untuk setiap sistem atau aplikasi yang kamu jalankan. Ketika banyak aplikasi berjalan dan free RAM menipis, maka akan menjadikan smartphone kamu menjadi lemoot. Jadi semakin besar RAM maka akan semakin banyak aplikasi yang dapat kamu jalankan secara bersamaan dan dijamin akan jarang nge-lag. Ketika smartphone lag karena data di RAM menumpuk maka cukup matikan smartphone karena data yang ada di dalam RAM akan hilang seiring dengan aliran listrik yang terputus.

ROM (Read Only Memory)

Pada smartphone juga ada ROM yang dikenal sebagai memori internal. Berbeda dengan RAM, memori internal digunakan untuk menyimpan data secara permanen meliputi aplikasi, game, dokumen, data, foto, music, video, dan lain sebagainya.

ROM (Read Only Memory)

Saat ini rata-rata smartphone dibekali dengan memori internal 16 GB, namun ada juga yang dibekali hingga 256 GB. Semakin besar memori internal maka akan semakin banyak juga aplikasi dan data-data yang bisa kamu simpan di smartphone, data di memori internal tak akan hilang meskipun aliran listrik terputus.

Demikianlah ulasan mengenai jenis-jenis memori pada smartphone, semoga ulasan di atas dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari tahu mengenai jenis-jenis memori pada smartphone, sekian dan semoga bermanfaat !

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس